Skip to main content
➜ Bikin Websitemu.. GRATIS Domain & Unlimited Hosting

Mengganti Tampilan Blog Tidak Harus Mengganti Template Blog

Mengganti Tampilan Blog Tidak Harus Mengganti Template Blog
Mengganti Tampilan Blog Tidak Harus Mengganti Template Blog - Template atau tema adalah salah satu faktor yang bisa merubah tampilan blog menjadi tampilan seperti apa saja sesuai dengan keinginan pemilik blog atau website tersebut. Diluaran sana banyak sekali template atau tema dengan berbagai jenis dan bentuk, mulai dari bentuk yang sangat sederhana dan simpel sampai dengan themes yang bentuknya rumit seperti tampilan majalah atau magazine. Dan biasanya penggunaan berbagai jenis template tersebut juga disesuaikan dengan topik atau pokok bahasan yang ada didalam komten blog atau website.

Mengganti Tampilan Blog Tidak Harus Mengganti Template Blog
Baca Juga: Cara Mengganti Template (Tema) Blog di Blogspot

Namun untuk bentuknya sendiri, template atau tema memiliki dua jenis tampilan yaitu tampilan grid dan list. Kedua tampilan ini biasanya hanya terlihat di halaman depan (Beranda/Home) blog atau website saja, sedangkan di halaman artikel tampilannya rata-rata sudah sama untuk semua blog. Untuk tampilan grid (Gridview) yaitu tampilan di halaman depan blog adalah kotak-kotak yang biasanya dengan tampilan 2 dan 4 kolom sejajar horizontal. Untuk tampilan grid ini hampir sama dengan tempilan flexbox, namun jarang digunakan bahkan tidak pernah. Berikut contoh tampilan grid halaman depan (Home) sebuah blog:

Tampilan Grid

Berbeda dengan tampilan list (Listview), tampilan ini lebih standar dan sering digunakan hampir semua tampilan blog website. Tampilan list ini lebih sederhana yaitu dalam bentuk sejajar secara vertical. Salah satu contoh tampilan list adalah seperti yang ada di halaman depan blog ini, coba cek. Nah seperti itu tanpilannya atau seperti pada gambar dibawah ini:

Tampilan List

Namun ada juga blog atau website yang menggunakan dari kedua tampilan diatas yaitu yaitu dengan tampilan grid dan list, sehingga untuk jenis blog ini biasanya mengusung blog dengan berbagai topik atau blog-blog berita. Sehingga disebutlah tampilan template dengan mengusung 2 tampilan tersebut sebagai template atau tema jenis magazine. Berikut contoh tampilan tema jenis magazine:

Tampilan Magazine

Mengganti Tampilan Blog Tidak Harus Mengganti Template Blog

Namun bukan sebuah patokan dalam menentukan tampilan blog yang Anda buat, apapun jenis blog yang dibuat terserah admin atau pemilik blog tersebut dalam membuat tampilan blog yang diinginkan. Dan jika template atau tema adalah satu-satunya yang bisa membuat tampilan blog atau website berubah, memang benar adanya namun tidak semua tampilan blog dengan template atau tema yang sama memiliki tampilan yang sama juga. Template adalah bentuk dasar dari sebuah tampilan blog namun untuk tampilan sebenarnya bisa diubah-sesuaikan dengan keinginan pemilik blog tersebut.

Banyak blog atau website yang memiliki tema atau template yang sama digunakan, namun dengan berbagai alasan semua blog-blog tersebut ternyata memiliki tampilan yang berbeda dengan blog yang lainnya yang sama-sama-sama menggunakan satu template. Salah satu contohnya adalah blog Digital Poin ini, template blog ini adalah template dari kang Adhy Suryadi Kompi Ajaib yaitu Template Kompi Flexible. Jadi penggunaan template pada blog ini sudah kami ganti total. Kenapa harus diganti ini? Agar tidak sama dengan blog-blog yang lain meski secara penampilan memiliki tampilan yang sama dan sangat umum digunakan oleh banyak blog atau website.

Lantas apanya yang beda dari blog ini? Tentunya dari segi loading tetap memiliki rasa dari kang Adhy, cepat dan tentunya struktur kodenya masih sesuai dengan aslinya meskipun ada sedikit perubahan yang kami lakukan.

Lantas Bagaimana Cara Mengganti Tampilan Blog Dengan Dengan Menggunakan Template yang Sama?

Untuk merubah tampilan blog dengan menggunakan template yang sama, cara terbaiknya adalah mengenal pengeditan kode CSS, HTML dan Script. Karena struktur dari sebuah template atau tema terbentuk oleh kode CSS, HTML, PHP dan Script. Untuk Php hanya digunakan pada tema diluar Blogspot. Jadi blog-blog yang menggunakan platform selain Blogger memiliki kode Php dan lebih komplit. Sedangkan Blogspot sendiri hanya menggunakan kode CSS, HTML dan Script yang lebih mudah untuk di edit atau diganti.

Bagian terpenting dari kode tersebut ada pada kode CSS karena didalam kode CSS ini terdapat berbagai atribut yang menentukan dan membuat sebuah blog memiliki tampilan yang berbeda sesuai dengan keinginan. Untuk mengetahui atribut-atribut kode CSS tersebut tentunya harus dipahami dengan cara belajar, baik itu belajar secara private atau belajar sendiri dengan mencari tutorial atau panduan belajar kode CSS, HTML dan Script.

Memang untuk belajar kode CSS dan HTML butuh keseriusan dan fokus namun untuk mengganti kode dasar untuk merubah tampilan blog sebenarnya gampang banget dan tidak perlu belajar terlalu ribut. Apalagi blog yang digunakan adalah Blogspot dan menggunakan template bawaan blogspot, caranya sangat mudah tinggal main klik-klik saja. Namun berbeda dengan blog yang menggunakan template custom atau template yang berasal dari pengembang atau dari luar blogspot, caranya agak berbeda sedikit, dan pastinya harus masuk ke halaman pengeditan kode template.

Untuk mengetahui semua kode template dari sebuah blog atau website bisa Anda baca di: Cara Mengetahui Kode Template Blog Secara Dasar

Dengan mengetahui kode-kode dari sebuah template, baik itu template pada blog sendiri atau orang lain akan memudahkan dalam melakukan pengeditan untuk mengganti tampilan blog secara dasar. Dan tidak menutup kemungkinan dengan belajar secara baik, maka akan membuat Anda bisa membuat sebuah template meskipun prosesnya sangat panjang. Bahkan dengan menguasai kode CSS, HTML, dan Script selain bisa membuat template atau bahkan mungkin theme blog juga akan membuat Anda menjadi seorang web developer, web designer, dan sebagainya.

Baca Juga: Cara Mengganti Kode Template Blog, Menambah, Menghapus dan Mencari

Didalam artikel ini memang tidak kami sebutkan cara mengganti tampilan blog tanpa harus mengganti template blog karena untuk mengganti kode-kode yang digunakan pada sebuah template sudah kami jelaskan pada artikel lainnya yang ada di blog ini. Silahkan di eksplor saja isi blog ini, baik menggunakan kolom pencarian atau di halaman Sitemap blog ini.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.