Skip to main content
➜ Cooming Soon.. Hosting Murah Berkualitas!

Perbedaan Visitor, Unique Visitor, Pageview, Bounce Rate, dan Average Time on Site Blog

Perbedaan Visitor, Unique Visitor, Pageview, Bounce Rate, dan Average Time on Site Blog
Perbedaan Visitor, Unique Visitor, Pageview, Bounce Rate, dan Average Time on site Blog? Perbedaannya adalah kalau visitor itu pengunjung blog, unique visitor adalah pengunjung blog yang datang datang berkali-kalai dan tetap dihitung 1x kunjungan karena berasal dari IP yang sama, page view blog adalah jumlah tayangan atau tampilan halaman blog yang cukup bisa dilakukan 1 pengunjung. Bounce rate? pengunjung yang iseng alias gak niat datang ke blog heheee, Average? Untuk selengkapnya, yukkk kita belajar dan bahas bareng-bareng...

Perbedaan Visitor, Unique Visitor, Pageview, Bounce Rate, dan Average Time on Site Blog
Visitor, Unique Visitor, Pageview, Bounce Rate, dan Average Time on site Blog adalah beberapa istilah yang ada di dunia blogging, dan masih banyak lagi istilah-istilah lainnya yang lebih ruwet untuk dipelajari, namun tetap harus diketahui. Dengan mengetahui istilah-istilah tersebut akan membuat ngblog jadi lebih mudah paham dan lebih lancar. Karena membuat blog itu tidak hanya sekedar membuat artikel, tapi pendukungnya juga harus diketahui, seperti istilah-istilah diatas.

Apa Perbedaan Visitor, Unique Visitor, Pageview, Bounce Rate, dan Average Time on site Blog?

4 istilah dalam blogging ini sebenarnya saling berhubungan satu sama lain, sehingga kami membahasnya dalam 1 artikel ini. Dengan mengetahui perbedaan diantara ke 4 istilah ini akan membantu Anda dalam proses optimasi blog kedepannya. Berikut perbedaannya:

Visitor Blog
Visitor adalah pengunjung blog atau banyak yang menyebutnya sebagai trafik blog. Pengunjung blog adalah orang yang berkunjung atau datang ke blog karena adanya informasi yang mereka dapatkan. Pengunjung ini bisa berasal dari Search Engine atau dari sumber refernsi. Setiap orang yang berkunjung ke blog dihitung satu kali kunjungan dengan 1 IP yang sama, atau beberaka kali kunjungan jika IP yang digunakan sama, tetap dihitung 1x kunjungan.

Pageview Blog
Page view adalah banyaknya jumlah halaman yang dilihat oleh visitor. Jadi jika ada 1 visitor dalam blog maka ada 1 pageview. Jumlah pageview bisa lebih banyak daripada jumlah visitor. Misalnya, 1 visitor jika membuka 10 artikel maka ada 10 pageview. Jadi banyaknya jumlah pageview tidak tergantung dari banyaknya jumlah visitor. Namun semakin banyak jumlah visitor, semakin banyak jumlah page view, dan bisa juga sama dengan jumlah visitor jika pengunjung tidak membuka halaman blog yang lainnya.

Unique Visitor
Jumlah visitor yang sama yang datang kembali ke blog, itulah unique visitor. Sama halnya dengan page view, semakin tinggi jumlah unique visitor maka semakin bagus sebuah blog karena akan meningkatkan rangking webiste, baik itu di search engine atau media ranking blog seperti Alexa.

Bounce Rate
Jumlah rata-rata antara jumlah visitor dan jumlah page views. Misalkan jumlah visitor 100 dan pageviewsnya adalah 250, maka bounce ratenya adalah 40 %. Dari mana 40 %? Menggunakan rumus berikut:

rumurs bounce rate

Rumus diatas bukan lah rumus baku untuk menentukan persentase Bounce rate blog karena setiap layanan yang menampilkan bounce rate memiliki aturan yang berbeda. Misalnya seperti Alexa atau Similar Web.

Namun dengan mengetahui nilai bounce rate, maka kita akan mengetahui juga seberapa penting konten blog yang kita buat. Karena semakin tinggi bounce rate, semakin ga baik karena tidak ada informasi yang kurang berguna bagi pengunjung blog. Pengunjung hanya melihat konten blog sepintas saja dan keluar.

Sebenarnya tidak hanya dari konten yang menentukan besar kecilnya nilai bounce rate, tampilan blog, loading blog, dan konten lainnya juga menjadi faktor utama. Misalnya konten yang dicari oleh pengunjung ada di blog Anda tapi karena loading blog sangat lambat, akhirnya pengunjung tersebut langsung menutupnya, apalagi jika halaman belum terbuka pengunjung sudah langsung menutupnya.

Dari mana pengunjung blog mengetahui konten tersebut sesuai dengan yang di cari? Dari Search engine yang menampilkan deskripsi konten tersebut. Pengunjung beranggapan kalau konten ini seperti yang cocok. Setelah dibuka, ternyata loading blog lambat dan akhirnya langsung di tutup.

Average Time On Site
Average Time On Site atau Avg. Time On Site adalah rata-rata waktu yang digunakan atau dihabiskan oleh Visitor untuk berada didalam blog atau website. Semakin tinggi waktu atau durasi pengunjung berada didalam blog maka semakin bagus konten blog tersebut. Avg ini hampir sama dengan pageview tapi memberikan penilaian yang lain pada blog.

Itulah perbedaan Visitor, Unique Visitor, Pageview, Bounce Rate, dan Average Time on Site Blog yang bisa kami sampaikan. Jika adal yang keliru silahkan sampaikan dalam komentar artikel dibawah ini. Semoga bermanfaat.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.