Skip to main content

Meningkatkan Trafik Blog Dengan Cara Gratis Yaitu Blogwalking

Meningkatkan Trafik Blog Dengan Cara Gratis Yaitu Blogwalking - Sederhana namun sangat enggan dilakukan oleh seorang Blogger karena membutuhkan waktu, pikiran dan tenaga yaitu blogwalking. Blogwalking adalah salah satu cara untuk meningkatkan trafik atau visitor blog. Namun ada yang mengatakan bahwa trafik blog yang berasal dari blogwalking kurang baik dalam meningkatkan rangking atau peringkat di Google. Betulkah seperti itu?

Meningkatkan Trafik Blog Dengan Cara Gratis Yaitu Blogwalking
Tidak, kami memiliki pandangan dan penilaian berbeda terkait trafik blog yang berasal dari blogwalking. Tidak ada yang salah selama blog yang digunakan untuk saling mengunjungi memiliki konten yang baik dan tidak melanggar aturan Google. Memang Google sendiri menyarankan agar trafik blog berasal dari halaman pencarian yang disebut sebagai trafik organik atau natural. Namun Google tidak menyalahkan dan memberikan pinalti terhadap blog yang memiliki trafik yang tidak berasal dari halaman pencarian.

Trafik blog sendiri seperti yang pernah kami jelaskan sebelumnya, ada 2 jenis yaitu trafik organik dan trafik non organik. Apa perbedaan kedua sumber trafik ini? Secara sederhana, trafik organik ini berasal dari halaman search engine. Sedangkan yang non organik berasal dari mana saja termasuk yang dari blogwalking. Namun untuk yang organik ini memang harus hati-hati dalam penggunaannya, jangan sampai trafik blog berasal dari blog atau web-web yang tidak jelas bahkan mungkin dari orang iseng yang mengganggu trafik blog Anda seperti yang telah dialami oleh blog ini.

Baca Juga Auto Visitor Blog

Untuk trafik blog yang dari blogwalking sebenarnya masih bisa dikatakan aman bahkan sangat aman karena semua blogger yang melakukan blogwalking adalah blogger-blogger yang menggunakan platform Blogspot dan setiap blogger yang berkomentar akan meninggalkan jejak link dari profil link blog mereka sehingga ketika mereka akan mengunjungi blog atau berkunjung balik yang mereka kunjungi terlebih dulu adalah link profil blog mereka dan didalam link profil ada link blog.

Bagaimana jika didalam komentar meninggalkan jejak link blog langsung? Misalnya untuk blog-blog yang menggunakan platform Wordpress. Selama konten didalam blog tersebut masih aman, maka aman-aman saja memasang link blog didalam kolom komentar tersebut. Jika konten dianggap tidak aman, lebih baik pasang saja link profil blog Anda.

Maka berhati-hatilah ketika akan menggunakan link blog langsung didalam komentar, lebih baik tetap gunakan link profil dan atau perhatikan konten blog sebelum memasang link blog didalam kolom komnetar konten blog tersebut.

Sedangkan untuk sumber trafik lainnya yang dari non organik bisa seperti menggunakan jasa trafik seperti pasang iklan, sosial media, dan sebagainya. Dan sumber trafik organik langsung dari halaman serach engine yaitu blog yang terindeks di halaman search engine dan mendatangkan trafik atau visitor blog dari sana.

Manakah yang menjamin banyaknya trafik untuk blog? Apakah yang dari organik atau non organik? Meskipun bukan seorang pakar SEO dan jika ada banyak waktu akan kami bahas lebih lanjut pada artikel berikutnya. Untuk pembahasan pada artikel ini kami fokuskan pada trafik dari blogwalking saja dulu.

Meningkatkan Trafik Blog Dengan Cara Gratis Yaitu Blogwalking
Bagaimana cara meningkatkan trafik blog dengan cara gratis yaitu blogwalking? Mudah saja, kunjungi saja blog-blog yang gemar melakukan blogwalking, kunjungi banyak-banyak, baca artikelnya dan tinggalkan komentar pada artikel tersebut. Maka blog Anda akan juga dikunjungi oleh mereka. Semakin banyak blog yang Anda kunjungi, semakin banyak visitor atau trafik blog Anda. Contohnya blog ini, blog ini berkembang karena teman-teman blogger yang saling bekunjung ke blog ini dan kami berkunjung ke blog mereka.

Baca Juga Blogwalking : Cara Sederhana Membesarkan & Membuat Blog Terkenal

Meski blogwalking bisa dilakukan dengan sangat mudah, namun ada aturan-aturan yang juga harus diperhatikan, mulai dari etika dan sopan santun dalam berkomentar, membaca artikelnya terlebih dulu, dan sebagainya. Selain itu ketahui juga blog-blog yang terbiasa saling mengunjungi blog orang lain. Sah-sah saja berkunjung ke blog siapapun karena itu hak Anda namun karena tujuannya adalah blogwalking, maka harus mengetahui terlebih dulu blog-blog tersebut agar blog Anda juga dikunjungi oleh teman-teman blogger yang lainnya.

Dan dibawah ini adalah blognya teman-teman blogger yang sudah memfollow blog ini. Dengan saling memfollow maka kami selalu mengunjungi blog mereka dan mereka juga berkunjung balik ke blog ini. Dengan saling memfollow maka akan memudahkan kita untuk saling berkunjung ke blog yang lain. Silahkan follow blog ini dengan mengklik link tautan dibawah ini:

Link Follow Blog

PS:
Mungkin sebagian besar ada yang mengatakan terlalu lucu jika mengharap trafik blog dengan cara blogwalking dan akan meningkatkan trafik blog. Iya memang benar karena jika berhenti melakukan blogwalking maka trafik blog dari blogwalking tersebut akan hilang atau berkurang. Namun blogwalking tidak hanya sekedar saling mengunjungi tapi banyak sekali keuntungan yang didapat dari blogwalking ini selain trafik blog, yaitu salah satunya sebagai media promosi, sumber inspirasi dan bahkan relasi. Gak percaya? Blog ini tumbuh karena adanya blogwalking :)

Baca Juga 10 Tujuan dan Manfaat Melakukan Blogwalking Untuk Blog

PPS:
Dan kami melakukan blogwalking bukan untuk mencari backlink, jika tujuan Anda dalam melakukan blogwalking adalah untuk mencari atau menanam link blog Anda itu adalah hak Anda. Namun saran kami jika ingin mencari backlink lebih baik carilah blog-blog dengan platform Wp dan sebagainya yang memiliki kategori sama. Jika tidak menemukan blog dengan kategori yang sama, buatlah blog gratisan dengan platform tersebut.