Skip to main content
Keuntungan Blog Sebagai Toko Online Produk Usaha & Jasa

Keuntungan Blog Sebagai Toko Online Produk Usaha & Jasa

Keuntungan Blog Sebagai Toko Online Produk Usaha & Jasa - Bagaimana cara membuat blog? Sudah kami share caranya di artikel sebelumnya dan sekarang setelah membuat blog, bagaimana menjadikan blog sebagai toko online untuk produk usaha atau jasa? Di awal pembuatan blog kami selalu menyampaikan kalau membuat blog itu sangat mudah, mudah sekali namun yang menjadi kesulitannya adalah bagaimana cara mengisi blog tersebut dengan artikel atau konten lainnya. Begitu juga dengan membuat blog untuk toko online, Anda punya produk yang layak dijual dan dibutuhkan banyak orang? Atau Anda punya usaha atau jasa yang dibutuhkan orang lain? Onlinekan produk, usaha atau jasa Anda tersebut!

Keuntungan Blog Sebagai Toko Online Produk Usaha & Jasa
Salah satu cara yang digunakan untuk mengonlinekan usaha atau produk yang dimiliki adalah dengan membuat blog, meskipun saat ini sudah banyak yang menggunakan sosial media seperti Instagram atau Whatsapp untuk jualan. Namun memilih blog adalah memiliki kelebihan tersendiri, salah satunya adalah bisa menampilkan banyak produk dan deskripsi atau ulasan dari produk tersebut. Selain itu, juga lebih mudah terindeks di halaman Google yang lebih menguntungkan karena akan banyak yang mengetahui produk atau usaha Anda melalui Google.

Baca Juga 17 Cara Membuat Blog Dengan Panduan Terlengkap & Terbaru

Keuntungan Blog Sebagai Toko Online Produk Usaha & Jasa

Sekarang ini sudah zamannya serba online, semua orang sudah bisa membuka internet mulai dari anak-anak sampai orang tua sudah bisa mengakses internet. Apalagi akses internet saat ini juga sangat dimudahkan dengan adanya smartphone. Banyak alasan kenapa mereka membuka internet, selain tujuan utama untuk mencari informasi, mengakses internet juga digunakan untuk mencari hiburan dengan cara menonton video atau bermain game online. Untuk anak-anak sendiri kebanyakan digunakan untuk bermain game online. Sedangkan untuk orang dewasa, internet digunakan untuk mencari informasi dan berbagi informasi.

Untuk yang menggunakan internet sebagai media mencari informasi, mereka cukup membuka google dan mencari informasi apapun yang mereka inginkan. Sedangkan untuk yang menggunakan internet sebagai media informasi adalah dengan memanfaatkan sosial media seperti Facebook, Whatsapp, Twitter, Instagram, Pinterest, dan sebagainya serta menggunakan website atau blog untuk membagikan informasi tersebut. Sedangkan untuk penggunaannya, berbagi informasi dengan menggunakan sosial media lebih mudah jika dibandingkan dengan menggunakan website atau blog.

Begitu juga dengan membagikan informasi berupa produk atau jasa yang ditawarkan, menggunakan blog atau sosial media sama-sama menguntungkan namun menjadikan blog sebagai media usaha atau toko online untuk produk atau jasa yang ditawarkan lebih memiliki nilai untung dan nilai jual, selain itu ada rasa percaya pada konsumen bahwa produk yang dijual menggunakan blog lebih jelas dan detail serta memiliki data contact yang bisa langsung dihubungi.

Selain itu, kelebihan lain menggunakan blog sebagai toko online, produk-produk yang ditawarkan atau dijual lebih lengkap, lebih detail penjelasannya, bisa menampilkan berbagai jenis produk sejenis, dan sebagainya. Dan berikut beberapa keuntungan blog sebagai toko online:
  1. Memiliki otoritas dan kredibilitas untuk toko online, untuk blog yang telah menggunakan domain, bukan blog gratisan.
  2. Memiliki merk dan reputasi (brand) terhadap produk atau jasa yang ditawarkan atau yang dijual.
  3. Dapat menampilkan berbagai produk secara lengkap, bervariasi atau sejenis dengan produk yang berbeda sehingga membuat konsumen bisa mendapatkan produk yang diinginkan.
  4. Bisa menampilkan produk dengan harga dan diskon tertentu untuk penawaran yang berbeda.
  5. Meningkatkan peringkat blog di halaman search engine.
  6. Bisa membuka atau membangun jaringan dalam pemasaran produk atau jasa Anda.
  7. Menampilkan data profil secara lengkap termasuk profil sosial media. Banyak orang jualan di sosial media namun mereka kebanyakan tidak memiliki blog atau website sebagai tempat jualan online.
  8. Jika produk yang ditawarkan menarik dan tampilan blog juga bagus, calon konsumen akan betah berada di halaman blog Anda.
Baca Juga Cara Menjual Produk Menggunakan Blog Gratisan Secara Online

Memang lebih mudah menggunakan sosial media untuk jualan, selain mendapatkan keuntungan yang relatif lebih banyak karena tidak perlu repot-repot membuat postingan dan cukup dengan membuat status yang menarik dengan beberapa kalimat, produk yang dijual atau yang ditawarkan akan banyak yang bertanya dan itulah proses awal penjualan akan terjadi.

Namun keuntungan blog sebagai toko online jauh lebih banyak karena seperti yang telah kami sebutkan diatas, dengan menggunakan blog bisa menampilkan produk-produk terkait dengan harga yang bervariasi sehingga membuat calon konsumen memiliki banyak waktu dalam menentukan produk yang diinginkan. Dan adanya perbandingan berbagai produk dengan berbagai jenis dengan ulasan yang lebih lengkap. Bagaimana dengan sosial media?

Untuk sosial media memang bisa menampilkan berbagai gambar produk yang ditawarkan namun untuk keterangan atau harga terkadang kebanyakan tidak ditampilkan dan calon konsumen akan selalu bertanya dan bertanya. Inilah yang akan mengakibatkan sebuah produk yang dijual di sosial media terkadang tidak laku karena keterangan dan harga yang tidak tercantum. Seharusnya, apapun produk yang akan dijual atau ditawarkan di sosial media lebih baik langsung sertakan juga keterangan dan harga dari produk tersebut, serta nomor ponsel (Whatsapp) yang bisa dihubungi.

Jangan biarkan calon konsumen bertanya-tanya tentang rincian dan harga produk yang Anda jual. Perhatikan lapak-lapak besar seperti Lazada, JD, atau Shopee, ketika mereka melakukan promosi di sosial media seperti facebook, mereka selalu menampilkan keterangan dan harga dari produk yang mereka jual atau jika tidak langsung mengarahkan calon konsumen ke website mereka atau aplikasi (apk) mereka.

Begitu juga dengan Anda, ketika Anda menggunakan blog sebagai toko online, promosikan saja produk yang ada di blog Anda tersebut dengan memasang link dari produk tersebut. Maka secara langsung calon konsumen akan diarahkan ke konten dari produk tersebut. Okey, itulah keuntungan dari blog sebagai toko online, semoga bermanfaat.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.