Skip to main content
Kelas Online: Belajar Website!

Fungsi & Manfaat Follower Blog (Mengikuti Blog Orang Lain)

Fungsi & Manfaat Follower Blog (Mengikuti Blog Orang Lain)
Fungsi & Manfaat Follower Blog (Mengikuti Blog Orang Lain) - Bukan hanya akun sosial media seperti Facebook, Instagram atau Twitter saja yang memiliki fitur follow dan unfollow, mengikuti atau tidak. Ternyata di Blogger (Blogspot) juga ada fitur seperti itu yaitu widget Pengikut (Follower). Fungsi dan manfaat dari Follower ini hampir sama, baik yang ada di sosial media atau pun yang ada di Blogspot. Namun untuk follower di Blospot atau Blogger ada kekurangannya yaitu tidak ada notifitkasi atau pemberitahuan.

Fungsi & Manfaat Follower Blog (Mengikuti Blog Orang Lain)
Fungsi utama mengikuti blog orang lain adalah agar pengikut atau follower blog tersebut secara langsung bisa melihat update terbaru dari blog yang diikuti tanpa harus mengunjungi blog tersebut, karena cukup dengan melihat dari dalam dashboard Blogger. Sedangkan keuntungan atau manfaat bagi pemilik blog yang di follow atau yang diikuti adalah mendapatkan pengunjung tetap setiap saat ketika ada update atau artikel terbaru mereka.

Dimana mengetahui ada update terbaru dari blog yang telah diikuti?
Seperti yang telah kami sebutkan diatas, untuk mengetahui blog yang telah diikuti dan adanya update terbaru dari blog tersebut, bisa dilihat di menu Daftar Bacaan seperti gambar dibawah ini:

follower blog

Fitur follower blog ini sudah tersedia didalam widget Blogger dan untuk mengaktifkannya cukup dengan cara menambahkan widget tersebut. Jika tidak diaktifkan, maka widget atau fungsi dari widget follow ini tidak akan aktif dan tidak bisa digunakan. Jadi jika Anda ingin mendapatkan follower untuk blog Anda dari blogger orang lain, maka aktifkan dan pasang widget follow tersebut di blog Anda.

Baca Juga Mengenal Tampilan dan Isi Menu Dashboard Blog

Bagaimana Cara Menambahkan Widget Follower Blog?
Panduan atau tutorial menambahkan widget blog ini sudah banyak dijelaskan di beberapa blog, tidak hanya widget follower saja yang bisa ditambahkan tapi ada banyak widget yang bisa tambahkan kedalam blog. Untuk menambahkan widget follower ini, silahkan ikuti panduan sederhananya berikut ini:
  1. Masuk ke Dashboard Blogger >> Tata Letak.
  2. Tambahkan Gadget pada kolom sidebar dan pilih Pengikut.
  3. Selesai dan untuk melihat hasilnya, buka halaman blog Anda dan lihat dibagian Sidebar blog.
Cukup mudah untuk menambahkan widget ini dan untuk menambahkan followernya adalah dengan mengajak orang lain atau blogger lain untuk mengikuti blog Anda dengan cara kunjungi blog mereka dan ajak untuk saling follow. Intinya hampir sama dengan ketika Anda mengajak orang lain untuk mengikuti akun sosial Anda, mereka follow dan Anda follow back juga.

Ternyata setiap fitur yang diberikan oleh Blogger kepada penggunanya memiliki fungsi dan manfaat juga, salah satunya adalah fitur Follower Blog ini. Namun seperti yang kami sebutkan diatas, fitur ini belum dilengkapi dengan notifikasi seperti yang terdapat pada menu Komentar. Setiap ada ada yang berkomentar di blog, maka akan ada balon notifikasi di menu tersebut, khusus untuk blog yang masih menggunakan kolom komentar bawaan blogger.

Jika ada notofikasi, maka dengan mudah akan langsung melihat dan mengunjungi blog tersebut yang ada didalam menu Daftar Bacaan. Semoga kedepannya fitur ini diperbarui lagi atau kalau bisa mungkin sertakan dengan kode embed agar bisa dipasang didalam blog.

Dan... Jika teman-teman tertarik untuk untuk mengiktui blog kami ini, silahkan follow blog ini yang sudah ada dibagian sidebar blog dan kami akan follow juga, atau silahkan tinggalkan komentar di artikel ini kalau teman-teman sudah memfollow blog ini. Terimakasih banyak sebelumnya.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.