Skip to main content

Wow Blog Ini Mendapatkan Auto Visitor Dari Blogger Iseng!

Wow Blog Ini Mendapatkan Auto Visitor Dari Blogger Iseng! Visitor blog adalah salah satu yang sangat diharapkan oleh seorang blogger, dengan adanya visitor blog atau pengunjung blog akan membuat blog tersebut memiliki manfaat bagi orang lain meskipun jumlah visitor setiap hari tidak terlalu lama. Meskipun sedikit pengunjung blog yang datang, setidaknya visitor tersebut lebih banyak berasal dari search engine bukan dari link blog orang lain (link referral). Namun perlu dan sangat diperhatikan, pengunjung (visitor) blog boleh banyak tapi kualitas dari pengunjung itu yang lebih penting.

Blog Ini Mendapatkan Auto Visitor Dari Blogger Iseng
Dalam penerapannya, ada 2 jenis visitor yang bisa didapatkan oleh sebuah blog yaitu visitor dari search engine (Organic Visitor) dan visitor dari blog orang lain (referral). Kedua jenis visitor ini memiliki perbedaan yang perlu kita ketahui dengan sebaik-baiknya. Jangan biarkan blog yang buat ternyata visitornya hanya berasal dari blog orang lain. Perhatikan juga pengunjung yang datang dari search engine, apakah blog Anda sudah memiliki pengunjung dari search engine atau Google?

Perbedaan Visitor Organik & Referral

Visitor yang berasal dari search engine atau organic visitor seperti Google, Yahoo, Yandex dan sebagainya adalah bisa memberikan nilai lebih terhadap perkembangan blog dan Google sendiri akan memberikan penilaian kalau blog tersebut adalah blog yang benar-benar di optimasi dengan baik. Datangnya visitor blog yang berasal dari search engine juga merupakan bantuan dari Google itu sendiri yang memberikan penilaian dari segi content dan pengindeksan. Jika kontennya baik dan sesuai dengan kriteria Google, maka besar kemungkinan konten blog tersebut bisa muncul di halaman pertama dan atau halaman pencarian.

Untuk itu, agar dibantu oleh Google buatlah artikel sebaik mungkin, update secara rutin, dan lakukan optimasi sewajarnya. Selanjutnya biarkan Google yang memberikan penilaian terhadap konten blog tersebut, apakah layak di index atau tidak. Yang pastinya jika pengunjung blog berasal dari search engine itu artinya blog sudah baik dari segi optimasi dan konten.

Visitor Referral Link
Link referral merupakan link rujukan yang memiliki tautan ke blog yang dibahas oleh blog orang lain tentang link tersebut. Misalkan blog A ingin dibahas didalam blog B, maka blog B akan membahas dan mengulas tentang blog A dan didalam ulasan tersebut link blog A dicantumkan oleh blog B. Sehingga jika ulasan tentang blog A itu menarik maka pengunjung blog yang membaca tentang ulasan blog A akan mengklik tautan atau link blog A tersebut. Dari sinilah blog A mendapatkan visitor dari salah satu konten yang ada di blog B. Inilah yang kami sebut sebagai visitor link referral.

Apakah visitor seperti ini berbahaya? Tentu saja tidak selama blog B yang membahas blog A adalah blog yang memiliki konten yang baik dan tidak melanggar kebijakan Google atau mengandung konten terlarang. Namun berbeda hasilnya jika visitor blog dari referral link ini berasal dari blog yang sengaja melakukan inject visitor atau auto visitor dengan menggunakan script atau bot tertentu yang tujuanya hanya ingin membuat blog target menjadi buruk dan mendapatkan pinalti dari Google, ini yang berbahaya.

Dan inilah yang dinamakan dengan jingling!

Dan karena inilah alasannya kami membuat artikel ini karena kemarin tanggal 15 April 2019, kami mendapatkan di bagian statistik blogger terdapat trafik dari blog yang namanya saja sudah tidak baik yaitu jinganjing,blogspot,com seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini:

auto visitor blog

Dari statistik yang ada pada gambar statistik Digital Poin diatas, terlalu banyak trafik yang berasal dari blog tersebut. Setelah dilihat blognya ternyata dia menggunakan script auto visitor (jingling) seperti tampilan gambar dibawah ini:

auto visitor blogger

Kami membuat kesimpulan dengan perilaku seorang blogger seperti itu, dia sudah berniat jahat dan tidak baik karena mengganggu blog orang lain. Dan Alhamdulillah pada saat itu juga kami melakukan settingan pada Google Search Console agar link dari blog tersebut tidak datang lagi ke blog ini. Dan ternyata juga setelah kami telusuri, pemilik blog tersebut termasuk seorang blogger yang sudah lama yaitu sekitar 2014! Sudah sangat lama tapi...

Tapi kelakuan dia tidak memberikan manfaat bagi orang lain malah mengganggu. Kami mengetahui karena kami bisa mengetahui link profil Bloggernya dan ada 2 link profil blogger dia yang kami dapatkan yaitu:
  • https://www.blogger.com/profile/01362874493557084555
  • https://www.blogger.com/profile/07024540982355960764
Dimasing-masing link profil tersebut ada daftar blognya yang setelah kami lihat satu persatu ternyata semua blognya tersebut memang tidak berfaedah sama sekali. Hanya blog-blog yang dibuat saja yang sudah tidak di update lagi. Kasihan sebenarnya melihat blogger seperti ini, sudah bertahun-tahun mengenal blog tapi tidak tahu fungsi dan manfaat sebenarnya dari blog itu sendiri. Mungkin dia ini termasuk salah satu blogger gagal atau kecewa sehingga beralih menjadi blogger pengganggu.

Jadi buat Anda yang masih aktif dan mengganggu blog kami, kami yakin Anda masih punya hati nurani untuk berbuat baik. Kami juga yakin Anda punya keluarga atau mungkin sudah punya keluarga, istri dan anak. Ingatlah kawan, semua yang Anda lakukan akan kembali kepada Anda atau mungkin keluarga Anda sendiri. Cepat atau lambat meskipun perbuatan yang Anda lakukan sangat kecil tapi jika sudah mengganggu kenyamanan orang lain, semuanya akan kembali kepada Anda anak keluarga Anda.

Kami juga yakin, blog ini mungkin menjadi salah satu target keisengan Anda dengan script auto visitor itu. Berhentilah berbuat seperti itu.

Kami tidak dendam dengan perlakukan Anda kepada blog kami, malah kami sangat berterimakasih karena Anda telah mengingatkan kami dengan perbuatan Anda tersebut untuk selalu menjaga keamanan blog kami ini. Anda sudah lama mengenal blog dan mungkin Anda termasuk senior kami, berbuat baik lah dengan sesama tidak perlu yang aneh-aneh. Kalaupun ingin berbuat lebih, blog ini tidak bisa memberikan Anda keuntungan apapun malah mungkin memuaskan ambisi buruk Anda. Lebih baik cari blog atau website yang bisa memberikan Anda penghasilan dengan cara tidak benar itu.

Jika dilihat dari daftar blognya Anda, kami tahu Anda mungkin pandai dalam pemograman atau mungkin hacking, gunakan ilmu Anda tersebut untuk menghack Google atau mencari celah keamanan Google, kami yakin Anda akan mendapatkan sesuatu yang Anda harapkan. Jangan iseng, kami takut Allah mengisengkan Anda lebih dari yang Anda lakukan.

Atau jika Anda memang menguasai pemograman yang bermanfaat untuk orang lain, kenapa tidak membuat sebuah program menjadi aplikasi yang bermanfaat? Misalkan mengembangkan script auto visitor Anda tersebut menjadi script yang benar-benar mendatangkan visitor real human, benar-benar orang dan bukan robot, kami yakin aplikasi auto visitor real human tersebut banyak yang membutuhkan tapi kalau script visitor auto bot seperti itu, banyak yang akan menghujat Anda. Untuk saja Anda tidak menggunakan foto dan nama asli didalam link profil Blogger Anda.

Jadi buat teman-teman blogger lainnya, selalu cek aktivitas trafik blog Anda baik yang ada statistik dashboard blogger atau di Google Analytic. Jika ada aktivitas trafik yang tidak wajar, segera cek dan lakukan pencekalan. Untuk cara mencegah link dari blog orang lain agar tidak bisa mengakses blog, akan kami bahas pada artikel berikutnya.

Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi kita semua dan selalu menjaga blog kita.

2 Komentar

  1. Saya udah pernah coba yg refferal link, memang sangat berfaedah bagi kedua belah pihak, hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang seperti itu, memang bisa menguntungkan, namun perlu ditinjau terus juga

      Hapus