Skip to main content

Mengenal Tampilan Tata Letak atau Layout Struktur Blog

Mengenal Tampilan Tata Letak atau Layout Struktur Blog
Mengenal Tampilan Tata Letak atau Layout Struktur Blog - Tata Letak atau layout merupakan struktur yang membentuk tampilan dari sebuah blog yang menggunakan Blogspot atau Blogger. Tata letak ini sendiri dibangun dengan adanya kode-kode yang ada didalam template blog. Kode-kode tersebut meliputi kode CSS, HTML dan Script. Setiap layout atau tata letak yang dimiliki oleh sebuah blog terkadang tidak sama tata letak yang ditampilkan namun untuk struktur yang ada didalamnya adalah sama. Sehingga setiap kode yang membangun layout tersebut juga memiliki kode yang berbeda.

Dengan adanya tampilan Tata Letak atau Layout yang ada didalam menu dashboard blog memudahkan setiap blogger untuk merubah atau menampilkan berbagai gadget (widget) yang telah disediakan oleh Blogger. Bahkan dengan menggunakan menu Tata Letak ini, untuk melakukan pengeditan dasar dari tampilan sebuah blog bisa dilakukan tanpa perlu melakukan pengeditan kode-kode template yang terkadang membingungkan. Jadi jika selama ini ada yang beranggapan kalau untuk mengganti tampilan sebuah blog harus menguasai kode pemograman web atau blog, 100% itu tidak benar, dengan menggunakan tampilan dari Tata Letak di blog ini, Anda bisa merubah tampilan blog Anda dengan mudah.

Baca Mengenal Tampilan dan Isi Menu Dashboard Blog

Mengenal Tampilan Tata Letak atau Layout Struktur Blog
Namun ada syarat tertentu yang harus digunakan jika ingin mengubah tampilan blog dari dalam menu Tata Letak yaitu kode template blog harus terintegrasi dengan kode custom variable atau variable khusus yang bisa digunakan untuk mengubah atau mengedit tampilan blog secara langsung tanpa perlu mengedit kode secara manual. Apa itu custom variable? Variabel khusus yang digunakan untuk mengubah warna latar belakang, perbatasan, navigasi, font, mengubah lebar kolom dan sebagainya melalui Desainer Tema yang ada didalam menu Tata Letak. Bagaimana cara menggunakan fitur desainer tema ini? Nantikan pada artikel berikutnya akan kita bahas :)

Mengenal Tampilan Tata Letak atau Layout Struktur Blog
Sekarang kita bahas mengenai tampilan Tata Letak atau Layout Blogger yang harus diketahui oleh semua blogger, khususnya yang masih baru dalam membuat blog. Dengan mengetahui struktur yang ada di menu Layout ini akan memudahkan Anda dalam mengubah atau mengedit tampilan blog Anda. Apa saja struktur-struktur yang ada di halaman Tata Letak ini? Perhatikan dan klik gambar berikut:

Mengenal Tampilan Tata Letak atau Layout Struktur Blog

Dari gambar diatas dapat terlihat tampilan dari menu Layout atau Tata Letak yang ada di dashboard blog Anda. Seperti yang telah kami sebutkan diatas, setiap tampilan Tata Letak mengikuti struktur dari setiap kode yang terdapat dalam kode template blog. Oleh karena itu setiap tampilan blog juga berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Selain itu, tampilan dari menu Layout atau Tata Letak ini merupakan tampilan dasar atau struktur dari tampilan blog yang sebenarnya, kerangka dari sebuah tampilan blog. Jika di layout memiliki kolom-kolom seperti yang terlihat pada gambar diatas, maka tampilan blog juga seperti itu.

Struktur yang ada didalam menu Tata Letak tersebut memiliki bagian-bagian tertentu yang menjadi satu-kesatuan sehingga membentuk sebuah struktur yang lengkap dan komplit yang terbentuk menjadi sebuah tampilan dasar dari sebuah website atau blog. Apa saja struktur yang menjadi bagian dari menu Tata Letak atau Layout tersebut? Berikut tampilan layout struktur sebuah blog seperti yang terlihat pada gambar diatas:

1. Header
Header merupakan bagian kepala blog yang merupakan bagian dari identitas sebuah blog. Didalam header ini terbagi menjadi beberapa bagian yaitu:
Favicon: Icon blog yang. Untuk menambahkan icon blog, gunakan gambar persegi dengan ukuran tidak lebih dari 100 Kb.
Header Title: Judul blog. Selain melakukan setting di bagian menu Setelan, dibagian Header ini juga bisa dilakukan penyetingan pada Judul Blog, Deskripsi Blog dan Gambar (logo judul blog).
Nav Bar: Menu navigasi blog. Untuk menambahkan menu navigasi bisa dilakukan secara otomatis atau manual. Untuk menambahkan menu navigasi secara otomatis bisa dilakukan dengan cara menambahkan Gadget pada kolom di menu Tata Letak. Sedangkan untuk penambahan menu navigasi secara manual bisa dilakukan dengan menambahkan kode CSS, HTML dan mungkin Script dengan menggunakan menu Tema dan Edit HTML.

Baca Cara Mengganti Kode Template Blog, Menambah, Menghapus dan Mencari

Pada gambar diatas, terdapat kolom Header dan Header2. Kolom Header merupakan untuk judul, deskripsi dan logo. Sedangkan kolom Header2 bisa digunakan untuk menambahkan Gadget yang bisa berupa apa saja seperti menu navigasi, kode iklan, gambar dan sebagainya.

2. Main
Main adalah kolom pengaturan untuk postingan blog. Didalam kolom Main ini terdapat berbagai opsi pengaturan untuk tampilan blog. Misalkan mengatur jumlah postingan di halaman depan blog, pengtauran tampilan tanggal dan waktu, pengaturan lokasi negara, pengaturan label, pengaturan reaksi postingan, dan sebagainya.

3. Sidebar
Sidebar merupakan kolom yang ada dibagian sisi kanan atau kiri kolom Main. Dan biasanya tampilan Layout lebih sering memiliki Sidebar hanya dibagian kolom Kanan saja. Dibagian Sidebar ini bisa di isi apa saja sesuai dengan keinginan. Baik itu di isi dengan menggunakan gadget yang telah disediakan oleh Blogger atau di isi secara manual.

4. Footer
Footer merupakan kolom yang terletak pada bagian bawah blog. Pada beberapa tampilan layout dibagian footer ini biasanya terdiri dari 3 kolom (lihat gambar diatas) atau hanya satu kolom saja. Dan paling banyak terdapat 4 kolom. Pada masing-masing kolom, juga sama dengan kolom yang ada di sidebar yaitu bisa di isi apa saja sesuai dengan keinginan.

Baca Cara Menambahkan Gambar, Teks dan Link Di Sidebar Blog

Jadi seperti yang telah kami jelaskan diatas, tampilan Tata Letak atau Layout dari sebuah struktur blog terdiri dari struktur utama yaitu header, main, sidebar dan footer. Setiap blog memiliki struktur yang berbeda namun untuk pengeditan atau pengaturan dari masing-masing struktur tersebut adalah sama cara penggunaannya. Dengan mengetahui dan mengenal tampilan tata letak atau layout struktur blog diatas, akan memudahkan Anda dalam melakukan perubahan pada tampilan blog Anda.

Oiya sebagai tambahan, semua kolom-kolom yang ada didalam halaman Layout tersebut bisa ditambah dengan menggunakan kode-kode CSS dan kode HTML yang bisa ditambahkan didalam menu Tema Edit HTML.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.