Belajar SEO: Apa itu SEO dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Belajar SEO: Apa itu SEO dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Belajar SEO: Apa itu SEO dan Bagaimana Cara Kerjanya? Setiap blog atau web yang membahas SEO jangan dikatakan mereka adalah ahli SEO, bukan, mereka memberikan informasi tentang SEO karena mereka selalu belajar SEO dengan mengikuti perkembangan SEO itu sendiri. Begitu juga dengan kami, bagi kami SEO adalah hal penting yang harus dipelajari setiap saat. Bahkan dari pihak Google sendiri teknik dasar SEO sering dibagikan, baik melalui video atau pun artikel. Bagaimana dengan tehnik SEO yang diperjualbelikan? No comment buat mereka, yang pastinya kami akan membagaikan tehnik dasar SEO yang kami ketahui dan selanjutnya tergantung bagaimana teman-teman atau pembaca artikel blog ini mengembangkannya.

Setiap sesuatu yang kita dapatkan belum tentu bisa kita kuasai sama persis dengan panduan atau tutorial yang telah dibaca, baik itu yang diperoleh dari berbayar atau yang gratisan. Semuanya tergantung dari pribadi masing-masing dalam menerapkan. Begitu juga dengan belajar SEO, sekalipun Anda mendapatkan ilmu SEO dengan cara membeli, belum tentu bisa menerapkan semua teknik dari SEO yang Anda dapatkan tersebut. Ilmu SEO itu mahal, bahkan lebih mahal dari belajar membaca Al Quran atau belajar ilmu pasti. Al Quran itu pasti, ilmu pasti itu pasti karena 1 + 1 = 2, tidak dengan SEO, didalam SEO 1 + 1 = bukan 2, karena hasilnya bisa saja berubah menjadi 1, 3, dan seterusnya yang berubah setiap waktu.

Belajar SEO: Apa itu SEO dan Bagaimana Cara Kerjanya
Meskipun didalam ilmu SEO dan ilmu pasti miliki kata-kata Algoritma, proses keduanya sangat berbeda, meskipun terkadang hasilnya sama. Misalkan proses dalam membuat mie (masakan), mie bisa di masak dengan cara yang berbeda, namun hasilnya akan tetap sama yaitu sama-sama menghasilkan masakan mie namun belum tentu cita rasa yang dihasilkan sama. Ada yang asin, sedap atau hambar. Begitu juga dengan ilmu SEO, ketika Anda mendapatkan ilmu SEO dan mempelajarinya secara fokus dan sama dengan ilmu yang telah Anda dapatkan, belum tentu hasilnya sama. Bisa jadi hasil yang Anda dapatkan lebih baik atau bisa jadi menjadi lebih buruk alias gagal.

Dan pastinya, menguasai SEO dengan baik akan membuat Anda bisa mendapatkan apa saja di dunia online dan di dunia internet marketing atau pemasaran online. Dengan SEO, Anda bisa menghasilkan profit yang melimpah karena SEO itu mahal. Anda bisa dibayar mahal jika mampu menguasai SEO dengan baik. Bagaimana cara belajar SEO?

Apa Itu SEO?

Meskipun pada artikel sebelumnya sudah pernah kami bahas Apa itu SEO, seperti yang telah kami sebutkan diatas, namun belajar SEO tidak hanya pada satu materi bahkan ketika Anda mendapatkan ilmu SEO dengan cara membeli, setiap materi yang disajikan pasti akan mengambil berbagai sumber referensi yang perlu Anda pelajari juga. Namun mereka memiliki tehnik yang berbeda yang bisa mengoptimalkan blog Anda.

SEO adalah optimasi mesin pencari atau yang biasa disebut Search Engine Optimization yaitu merupakan bagian terpenting dalam mengembangkan blog atau website yang digunakan untuk pemasaran atau pembuatan konten. Semua web atau blog apapun jenisnya yang membutuhkan optimasi yang lebih baik agar bisa berada di halaman pencarian. Apa yang di optimasi? Blog dan kontennya, artikelnya, gambarnya, produknya, dan videonya. Semua yang ada di blog atau web tersebut di optimasi agar bisa berada di halaman pencarian. Bagaimana caranya?

Ilmu SEO memang mahal karena ketika Anda sudah mampu menguasai SEO, baik itu dasarnya saja atau secara keseluruhan maka Anda tidak perlu melakukan promosi berbayar untuk meningkatkan perkembangan blog atau website Anda. SEO bisa dikatakan adalah cara gratis dalam periklanan, dengan SEO tidak perlu menggunakan jasa iklan atau jasa optimasi yang harganya muahal banget, bahkan melalui Sosial Media pun yang saat ini dikatakan sebagai salah satu yang menjadi bagian terpenting dalam SEO juga bisa dengan mudah dilakukan.

Jadi SEO adalah optimasi yang dilakukan pada blog atau website dari setiap konten yang ada didalamnya agar terindeks di halaman pencarian seperti Google, Yahoo, dan Bing. Pernahkah Anda mencari sesuatu di Google dengan mengetikan kata yang Anda anggap dengan kata tersebut bisa menemukan apa yang Anda cari. Misalkan anda mencari "tips anak mengaji" di Google maka akan tampil semua blog atau website yang membahas tentang "tips anak mengaji" di halaman depan pencarian Google, seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini:

Apa itu SEO

Bagaimana agar konten blog bisa tampil atau terindeks di halaman pencarian Google seperti gambar diatas?

Cara Kerja SEO (Serach Engine)

SEO ada optimasi mesin pencari, maksudnya adalah bagaimana cara agar blog dan konten blog bisa terindeks oleh mesin pencari atau ditemukan di halaman depan mesin pencari dengan menggunakan kata frase yang relevan dalam pencarian yang dilakukan. Contohnya adalah seperti yang disebutkan diatas, pencarian kata kunci (kata frase) "tips anak mengaji". Lalu bagaimana caranya agar bisa terindeks oleh Google atau mesin pencari lainnya seperti Yahoo dan Bing?

Untuk mengetahui cara kerja agar konten blog bisa terindeks oleh mesin pencari, berikut cara kerja dari mesin pencari yang bisa mengindeks setiap konten yang ada didalam blog. Mesin pencari secara garis besar memiliki 2 fungsi utama yaitu :

1. Mengumpulkan laman web atau blog dalam indeks didalam database mereka
Mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan Bing memiliki tool yang disebut robot dan disingkat bot, bot ini menyusun berbagai indeks dari berbagai web atau blog dengan menggunakan program komputer yang bernama crawler. Tiap crawler memiliki tugas yang sangat unik yaitu mengunjungi laman web atau blog satu per satu mulai dari menganalisa judul konten, jumlah artikel, mendeteksi URL, gambar, video dan tag atau kata kunci yang digunakan didalam konten blog tersebut.

Setelah crawler itu mengamati dan menelusuri konten yang pertama, ia akan akan mengunjungi konten yang kedua melalui tautan yang ada didalam konten pertama dan melakukan pendataan yang sama dengan konten yang pertama. Jika pendataan dan analisa pada konten kedua relevan dengan konten pertama, maka besar kemungkinan salah satu konten tersebut akan terindeks oleh mesin pencari dan akan muncul di halaman pertama sesuai tingkat dan nilai yang diberikan oleh mesin pencari. Apakah layak berada di halaman pertama, kedua, ketiga dan seterusnya.

2. Menyajikan atau menampilkan daftar laman web atau blog yang relevan dengan kata frase yang digunakan oleh pencari
Apakah crawler-crawler yang ditugaskan tersebut akan berhenti hanya pada 1 - 2 artikel saja dan hanya waktu itu saja? Tidak, para crawler itu akan selalu bertugas melakukan pengindeksan, mengumupulkan data, dan mendeteksi adanya perubahan atau tidak dari konten yang sudah terindeks, konten yang belum terindeks dan konten-konten baru. Crawler ini akan selalu berpindah dalam mengumpulkan data yang ada didalam sebuah blog atau website.

Inilah alasan kami yang selalu kami sampaikan ke teman-teman yang gabung bersama kami, khususnya teman-teman blogger yang masih baru agar selalu membuat blog dengan menggunakan satu topik bahasan atau satu niche. Dengan menggunakan satu topik didalam blog, maka akan banyak sekali artikel-artikel yang relevan yang bisa membantu efektivitas tingkat SEO didalam blog tersebut. Relevansi didalam blog akan mudah terindeks karena konten-konten tersebut saling melengkapi dan menguatkan satu sama yang lain. Sehingg data base dari blog tersebut seperti judul artikel, artikel, gambar, URL dan sebagainya akan mudah terindeks. Sehingga, semua data yang telah terindeks tersebut akan disimpan di database search engine. Bagaimana yang tidak terindeks? Mungkin belum memenuhi syarat pengindeksan :)

Dari data-data yang tersimpan ini lah ketika Anda melakukan pencarian dengan kata kunci "tips anak mengaji" atau kata kunci yang lainnya yang digunakan bisa muncul di halaman pencarian Google. Belajar SEO sebenarnya tidak hanya melulu dari kursus SEO atau menggunakan jasa SEO yang harganya muahal banget. Untuk belajar SEO secara dasar bisa Anda lakukan dengan cara mengamati setiap blog yang ada di halaman pencarian Google dengan menggunakan kata kuncu atau frase kata yang Anda gunakan.

Misalkan Anda mencari "tips anak mengaji". Silahkan Anda pelajari, kenapa blog atau web dengan kata kunci atau frase kata yang Anda ketikan tersebut bisa muncul di halaman pertama Google? Bagaimana bentuk judulnya, berapa jumlah artikelnya, berapa link yang terpasang didalam artikel tersebut, bagaimana pemasangan gambar artikel, berapa jumlah kata kunci yang digunakan, dan sebagainya.

Jadi dari ulasan diatas dapat disimpulkan bahwasannya salah satu syarat agar blog mudah terindeks yaitu RELEVANSI atau kesesuaian isi dari konten blog dalam pencarian berdasarkan informasi yang digunakan dalam konten blog tersebut yaitu judul, kata kunci, konten teks, dan gambar yang telah terkumpul di indeks. Dan satu lagi syarat yang menjadi mudahnya sebuah blog terindeks adalah POPULARITAS. Popularitas disini maksudnya bukan hanya terkenal atau tidaknya sebuah web atau blog. Tapi juga di nilai dari aktivitas yang terjadi didalam blog tersebut seperti seberapa sering blog melakukan update. Inilah alasan penting kenapa sebuah blog harus rutin melakukan update setiap hari.

Dari pembahasan diatas tentang SEO dasar bisa dijadikan poin utama sebelum dan sesudah membuat blog dan mengisinya sesuai dengan konten yang dibahas. Pembahasan diatas memang masih sangat dasar karena masih banyak yang perlu dibahas dalam SEO. Insyaallah kedepannya sedikit demi sedikit akan kami bahas lebih lanjut. Semoga artikel tentang belajar SEO: Apa itu SEO dan bagaimana cara kerjanya yang telah kami sampaikan bisa bermanfaat. Terimakasih
Artikel Sebelumnya:
Artikel Selanjutnya:
Buka Komentar
Bisnis Fun
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan, hinaan dan SARA tidak akan ditampilkan atau menjadi tanggungjawab penulis komentar.
Blogger
Disqus
Diskusi yuks...

Tidak ada komentar