Skip to main content
Yuk Belajar Wesbite!

Cara Mengetahui Artikel Blog Terindeks di Halaman Google

Cara Mengetahui Artikel Blog Terindeks di Halaman Google
Cara Mengetahui Artikel Blog Terindeks di Halaman Google - Kami bukan pakar SEO, kami masih belajar bahkan blog Digital Poin yang kami kelola ini belum kami optimalkan, hanya melakukan update dan menulis artikel. Begitu juga dengan artikel yang kami bahas ini, cara mengetahui artikel blog terindeks di halaman Google merupakan cara lama yang sudah banyak di bahas oleh blogger-blogger senior.

Meskipun sudah dibahas di beberapa blog, bukan berarti kami menyalin artikel mereka, kami mengemasnya dan mengumpulkan semua data yang kami dapatkan, kami pelajari dan kami pilah untuk dijadikan artikel yang lebih mudah dimengerti dan membagi setiap cara dalam mengetahui artikel blog yang terindeks oleh Google tersebut.

Salah satu tujuan pemilik blog adalah menginginkan blog mereka cepat terindeks oleh mesin pencarian Google dan berada di halaman pertama Google. Sehingga banyak cara yang mereka lakukan agar blog atau artikel yang mereka buat cepat terindeks oleh Google. Namun sayangnya, terkadang mereka merasa kesulitan dalam melakukan optimasi blog mereka dengan alasan belajar SEO itu sulit.

Cara Mengetahui Artikel Blog Terindeks di Halaman Google
Begitu juga dengan kami, meskipun didalam blog ini membahas tentang SEO, itu hanyalah sebatas ilmu yang kami miliki yang kami bagikan di blog ini. Jangan untuk belajar SEO, menulis artikel tentang SEO itu sendiri juga membutuhkan waktu yang tidak sedikit, kami sering mengalami kesulitan dalam merangkai kalimat yang bisa mudah dimengerti oleh teman-teman blogger atau pembaca blog ini.

Bulet memang kalau belajar SEO jika dilakukan setengah-tengah, apapun itu jika dilakukan setengah-setengah apalagi sampai terengah-engah akan menjadi beban tersendiri, berhasil atau tidak. Untuk itu jika ingin belajar SEO, pelajari dulu dasarnya. Jika dasarnya sudah mantab, tingkatkan dan kembangkang. Sekalipun Anda belajar melalui kursus SEO, semuanya ada dasar-dasarnya yang harus dipahami terlebih dulu. Melakukan optimasi blog dengan SEO itu dilakukan secara bertahap. Seperti halnya dalam membuat artikel blog, artikel yang baik ada 2 yaitu artikel yang mudah dimengerti oleh pembaca dan mudah di crawler oleh search engine.

Bagaimana cara membuat artikel yang mudah dibaca oleh manusia dan seperti apa artikel yang bisa di crawler sehingga menghasilkan indeks di halaman pencarian? Semoga kami bisa membahasnya pada artikel berikutnya ya...

Cara Mengetahui Artikel Blog Terindeks di Halaman Google

Sesuatu yang sangat dan paling menyenangkan dari seorang blogger adalah ketika blog atau artikel yang dibuat langsung terindeks di halaman pertama Google dan juga yang paling menjengkelkan adalah ketika blog atau artikel blog tidak terindeks sama sekali. Kenapa semua blogger sangat bahagia sekali ketika artikel blog terindeks di halaman pertaman Google? Jawabannya adalah blog mereka bisa memiliki banyak trafik atau pengunjung blog dan blog bisa tumbuh dan berkembang dengan sangat baik. Dan tujuan akhirnya adalah bisa menghasilkan uang dengan blog mereka!

Lalu bagaimana cara mengetahui artikel blog terindeks di halaman Google? Ada beberapa cara sederhana yang bisa digunakan untuk mengetahui apakah blog atau artikel blog yang baru dibuat terindeks atau tidak dan biasanya kami selalu menggunakan cara ini. Namun bisa juga dengan menggunakan tools yang disediakan oleh web-web layanan optimasi atau tool-tool berbayar lainnya. Berikut 5 cara mengetahui artikel blog terindeks di halaman Google

1. Judul Blog
Jika ingin blog cepat terindeks oleh Google, buatlah dan gunakan judul blog yang unik yang belum pernah digunakan oleh blog orang lain, pasti akan mudah terindeks, namun jika Anda ingin tantangan tersendiri dengan blog Anda, gunakan judul blog yang sudah banyak digunakan oleh blog-blog orang lain. Misalnya judul blog ini Digital Poin, judulnya unik dan sudah banyak digunakan oleh orang lain dan ketika di cari di halaman Google, ternyata blog ini sudah terindeks meskipun waktu itu belum ada artikelnya.

Cara mencarinya:
Gunakan laptop yang berbeda untuk mencari judul blog Anda dan buka google.co.id di browser. Setelah itu ketikan judul blog dan cari. Jika dengan mengetikkan judul blog, blog anda tampil itu artinya blog sudah terindeks. Jika tidak ada laptop, bisa menggunakan ponsel asalkan ponsel tersebut tidak digunakan online dengan data yang sama digunakan pada laptop atau komputer.

Kenapa harus menggunakan laptop yang berbeda? Karena semua aktivitas online yang Anda lakukan menggunakan laptop yang sama sudah dicatat oleh browser di laptop tersebut, sehingga hasilnya kurang akurat. Dan ketika Anda mencari blog Anda, hasilnya adalah blog Anda akan diprioritaskan karena menggunakan browser sendiri yang ada di laptop tersebut.

Sama halnya dengan Anda kehilangan kunci mobil didalam rumah Anda sendiri, setelah dicari-cari ya pasti ketemu. Sama dengan browser yang Anda gunakan untuk online di laptop Anda.

Baca juga Belajar SEO: Apa itu SEO dan Bagaimana Cara Kerjanya

2. URL Blog
Jika dengan mencari judul blog di Google masih belum ditemukan, coba gunakan URL blog Anda. Jika dengan menggunakan URL belum juga ditemukan, itu artinya blog belum terindeks. Cara ini adalah cara termudah yang seharusnya blog cepat terindeks dengan baik. Cara mencarinya adalah sama dengan cara yang digunakan untuk mencari Judul Blog.

3. Judul Artikel Blog
Cara ini sama dengan cara mencari Judul Blog. Jika ingin mengetahui artikel blog yang baru dibuat sudah terindeks atau belum, buatlah judul artikel yang unik yang belum digunakan oleh blog orang lain. Dan carilah judul artikel blog tersebut di Google. Jika muncul, itu artinya artikel sudah terindeks oleh Google.

4. URL Artikel Blog
Cara ini sama dengan cara mencari URL blog atau alamat blog. Jika dengan mencari judul artikel blog di Google masih belum ditemukan, coba gunakan URL artikel blog Anda. Jika dengan menggunakan URL artikel belum juga ditemukan, itu artinya artikel blog belum terindeks. Cara ini adalah cara termudah yang seharusnya blog cepat terindeks dengan baik. Cara mencarinya adalah sama dengan cara yang digunakan untuk mencari Judul Arikel Blog, yaitu URL Artikel yang dicari.

Cara Mengetahui Artikel Blog Terindeks di Halaman Google

5. Keyowrds atau Kata Kunci Artikel
Ini cara yang paling sulit. Jika dengan menggunakan keyowrds utama dari blog atau artikel blog yang Anda buat bisa ditemukan dengan cepat, itu artikelnya blog Anda sudah benar-benar bagus, bagus dalam optimasi sehingga mudah terindeks oleh mesin pencari. Bagaimana agar keywords utama artikel blog cepat terindeks? Ada proses yang harus dilalui yaitu belajar.

Cara mencari menggunakan cara ini adalah; carilah keywords utama dari blog atau artikel blog yang Anda buat. Misalnya keywords utamanya adalah "cara membuat blog", jika keyword atau kata kunci utama tersebut memunculkan blog atau artikel blog maka bisa dikatakan sudah terindeks dengan baik.

Dengan menggunakan salah satu dari kelima cara diatas, pastikan blog yang baru Anda buat atau artikel blog yang baru Anda buat sudah terindeks di halaman pertama Google. Jika dengan menggunakan kelima cara diatas blog atau artikel blog yang baru dibuat tidak ditemukan di Google, itu artinya blog atau artikel blog belum terindeks. Namun belum tentu disebut deindex loh ya, karena blog masih baru belum bisa dikatakan deindex.

Bagaimana dengan blog dan seluruh artikel yang ada di blog ini? Blog ini adalah blog sederhana yang masih belum menggunakan apa-apa, kami belum melakukan optimasi apapun dengan blog ini. Bahkan struktur blog ini masih acak-acakkan, hanya tampilannya saja yang mungkin terlihat apik. Selebihnya masih belum ada apa-apanya. Kami masih memprioritaskan untuk berbagai dan berbagi. Masalah terindeks atau tidak, kami serahkan ke Google saja :)

Cara sederhana ini sangat ampuh untuk mengetahui terindeksnya sebuah blog atau artikel. Tidak perlu menggunakan tool apapun jika hanya untuk mengetahui terindeksnya blog, cukup dengan cara diatas. Namun jika cara mengetahui artikel blog terindeks oleh Google diatas masih kurang akurat, Anda bisa menggunakan beberapa layanan gratis atau berbayat yang ada di Google, silahkan gunakan pencarian keywords position checker, maka akan banyak web-web yang menyediakan layanan tersebut. Semoga bermanfaat.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.