Skip to main content

Google+ Ditutup: Cara Mengganti Profil Google+ Ke Profil Blogger

Google+ Ditutup: Cara Mengganti Profil Google+ Ke Profil Blogger
Google+ Ditutup: Cara Mengganti Profil Google+ Ke Profil Blogger - Jika Google+ atau Google Plus dihentikan alias ditutup pada tanggal 2 April 2019 ini maka profil Google+ sudah tidak bisa di akses atau digunakan lagi dan semua layanan yang berhubungan dengan Google Plus akan lenyap seperti Komunitas Google+ dan Follower Google+ juga akan lenyap. Miris, khususnya akun Google+ yang sudah memiliki ribuan follower akan lenyap begitu saja. Lantas apa dampaknya pada blog di Blogspot?

Sebenarnya tidak ada perubahan apa-apa selama didalam kode template blog yang digunakan tidak terpasang link vcard author yang otomatis menampilkan penulis blog. Vcard author ini biasanya terpasang di bagian judul artikel dan di akhir artikel blog. Namun berbeda jika didalam kode template blog sudah terpasang tag vcard auhtor, maka akan membuat struktur kode HTML blog akan terpengaruh yaitu akan memunculkan link tidak valid pada link vcard author tersebut. Link vcard author ini terhubung ke profil Google+ atau profil Blogger, jika link profil ini tidak bisa di akses maka akan ada error karena halaman tersebut tidak bisa di akses.

Google+ Ditutup: Cara Mengganti Profil Google+ Ke Profil Blogger
Jika link error tersebut tetap ada didalam kode template maka akan mempengaruhi strktur HTML dari blog tersebut dan menyebabkan adanya nilai tidak valid pada struktur HTML. Lantas bagaimana link vcard author tersebut tidak error dan struktru HTML blog tetap valid?

Cara Mengganti Profil Google+ Ke Profil Blogger

Google+ Ditutup: Cara Mengganti Profil Google+ Ke Profil Blogger

Link vcard author adalah link otomatis yang merupakan link profil author yang menjadi bagian struktur HTML pada sebuah blog. Jika link profil ini tidak bisa di akses maka yang perlu dilakukan adalah mengalihkan pengaturan profil blog yang digunakan. Jika profil author blog menggunakan profil Google+ maka WAJIB diganti menggunakan profil Blogger. Tidak perlu mengganti kode vcard author untuk mengganti profil yang digunakan tapi cukup mengikuti langkah-langkah berikut dalam mengganti profil Google+ ke profil Blogger:

Baca Juga Cara Mengatur Setelan (Setting) Blog di Blogspot

Cara Mengedit Profil Blogger
  1. Masuk ke halaman dasboard, pilih menu Setelan dan klik Setelan pengguna.
    Cara Mengganti Profil Google+ Ke Profil Blogger
    Selanjutnya pada bagian Umum (General), klik Edit yang ada dibawah menu Blogger yang ada dibagian Profil Pengguna.
  2. Selanjutnya Anda akan dialihkan ke profil Blogger. Klik Alihkan ke profil Blogger
    Cara Mengganti Profil Google+ Ke Profil Blogger
  3. Pada halaman Selamat datang di Blogger, tulis Nama Tampilan yang Anda inginkan. Nama ini adalah profil yang digunakan dan tampil di blog.
    Cara Mengganti Profil Google+ Ke Profil Blogger
  4. Selesai. Sampai disini profil Google+ sudah dialihkan ke profil Blogger. Dan hasilnya bisa dilihat didalam blog.
  5. Langkah selanjutnya adalah mengedit pengaturan profil Blogger.
    Masih di halaman dashboard blog, menu Setelan >> Setelan Pengguna >> Klik link Edit yang ada didbawah profil pengguna Blogger.
    Cara Mengganti Profil Google+ Ke Profil Blogger
  6. Setelah itu akan tampil halaman Edit Profil Pengguna.
    Cara Mengganti Profil Google+ Ke Profil Blogger
    Edit sesuai dengan keinginan bagian-bagian yang perlu di edit. Untuk pengaturan profil Blogger kami hanya melakukan beberapa edit dan perubahan:
    • Tidak mencentang Tampilkan alamat email saya.
    • Tidak mencentang Perlihatkan situs yang kuikuti.
    • Memasukkan Nama tampilan yaitu Digital Poin.
    • Memasang Foto Profil.
    • Mencentang Jenis Kelamin Pria.
    • Memasukkan URL Beranda yaitu https://www.digitalpoin.com
    • Memasukkan lokasi Kota, Provinsi, Negara dan Pekerjaan.
    • Informasi tambahan seperti minat, perkenalkan diri Anda, film favorit. musik favorit, dan buku favorit silahkan di isi sesuai keinginan Anda.
  7. Jangan lupa setiap melakukan perubahan untuk mengklik Simpan Profil agar perubahan yang telah dilakukan langsung tersimpan.
Untuk melihat hasilnya, silahkan klik tautan yang ada bagian bawah artikel ini, author atau hasilnya seperti gambar dibawah ini.

Cara Mengganti Profil Google+ Ke Profil Blogger

Cara mengganti profil Google+ ke profil Blogger di blog ini tidak berlaku jika didalam kode template tidak ada tag Vcard Author dan juga tidak berlaku jika blog sudah menggunakan profil Blogger.

Review Sedikit Kenapa Google+ Dihentikan
Dalam beberapa hari kedepan semua pemilik akun Gmail akan menerima email pemberitahuan dari Google+ team yang berisi tentang informasi Google+ yang akan dihentikan. Didalam email tersebut dijelaskan alasan Google+ menghentikan penggunaan Google+ versi konsumen yang akan dihentikan pada tanggal 2 April 2019. Alasan layanan Google+ dihentikan karena rendahnya penggunaan layanan dari Google+ ini, dalam artian layanan Google+ kurang diminati.

Dampak dari Google+ dihentikan adalah seluruh konten pengguna yang berhubungan dengan Google+ akan dihapus semuanya, termasuk foto atau video yang diunggah di halaman Google+. Untuk itu, pihak dari Google Plus sendiri melalui email yang dikirim, sangat menganjurkan untuk membackup semua konten yang pernah di upload disana. Begitu juga dengan Google+ Komunitas, berapapun jumlah member yang ada disana dan seberapa banyak konten yang ada didalamnya untuk tetap membackup seluruh kontennya, khususnya bagi pemilik atau moderator.

Berikut Semua Fitur Google+ yang Akan Dihapus
Sebagai tindak lanjut dari pengumuman penghentian Google+ API yang dijadwalkan akan dilakukan pada Maret 2019, sejumlah perubahan akan dilakukan pada integrasi Google+ di Blogger pada 4 Februari 2019.

Widget Google+: Dukungan untuk widget “Tombol +1”, “Pengikut Google+”, dan “Badge Google+” pada Tata Letak tidak akan tersedia lagi. Semua instance widget ini akan dihapus dari blog Anda.

Tombol +1: Tombol +1/G+ dan link berbagi Google+ di bawah entri blog dan pada menu navigasi akan dihapus.

Perlu diketahui bahwa jika menggunakan template kustom yang menyertakan fitur Google+, Anda mungkin perlu memperbarui template Anda. Harap hubungi supplier template Anda untuk mendapatkan saran.

Komentar Google+: Dukungan untuk komentar Google+ akan dinonaktifkan, dan semua blog yang menggunakan komentar Google+ akan dikembalikan ke menggunakan komentar Blogger. Sayangnya, komentar yang diposting sebagai komentar Google+ tidak dapat dimigrasikan ke Blogger dan tidak akan muncul lagi di blog Anda.

Silahkan untuk membackup seluruh konten yang ada di akun Google+ Anda. Dan semoga ada layanan baru pengganti Google+ yang lebih baik atau sebuah layanan yang bisa mengalihkan pengguna Whatsapp atau Instagram ke layanan terbaru dari Google tersebut.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.