Skip to main content
Menu

Apakah Harga Membuat Blog atau Website Mahal? Perbandingan dan Persiapan yang Dibutuhkan

Apakah Harga Membuat Blog atau Website Mahal? Perbandingan dan Persiapan yang Dibutuhkan

Tahun 2000 silam harga membuat blog atau website itu sangatlah mahal, waktu itu ada teman saya yang sama-sama bekerja di kesehatan memiliki website

Tahun 2000 silam harga membuat blog atau website itu sangatlah mahal, waktu itu ada teman saya yang sama-sama bekerja di kesehatan memiliki website dengan kategori landingpage harganya sekitar Rp 10 juta! Saya kaget, kok bisa semahal itu, apalagi ketika saya lihat websitenya (landingpage) tersebut, tidak ada yang istimewa.

Apakah Harga Membuat Blog atau Website Mahal?

Tampilannya biasa saja, desainnya juga biasa saja. Begitu juga dari segi SEO, ketika saya tes di Google dengan menggunakan kata kunci utama dari websitenya tersebut, juga tidak bagus. Kecuali menggunakan nama domainnya karena nama domainnya menggunakan nama teman saya yang disertai dengan gelasnya. Berada di halaman pertama Google.

Tapi bukan itu yang menjadi target keyword utama dari website teman saya ini, bukan namanya, tapi produk yang dia jual. Nama produk kecantikan yang menjadi target dalam websitenya ternyata hancur lebur untuk website seharga Rp 10 juta!

Mungkin teman saya ini ditipu atau gimana saya tidak tahu, karena teman saya ini memang benar-benar tidak tahu apa-apa mengenai per-website-an. Dan sebelumnya juga tidak pernah menanyakan kalau akan membuat website untuk produk kecantikannya.

Apakah memang semahal itu membuat blog atau website? TIDAK! Meskipun menggunakan jasa SEO, tentunya juga tidak semahal itu. Membuat blog atau website itu tidak mahal dan jangan pernah tertarik menggunakan jasa pembuatan website atau blog dengan harga yang mahal.

Apapun jenis website yang ingin Anda buat, harap memperhatikan beberapa hal penting yang harus Anda ketahui. Mulai dari harga domain, hosting atau paket lengkap yang diberikan jasa pembuat website tersebut.

Nah dalam artikel ini saya akan memberikan gambaran lengkap apa saja yang harus Anda ketahui sebelum membuat website menggunakan jasa orang lain.

Perbedaan antara Blog dan Website

Sebelum membuat website atau blog, sebaiknya ketahui dulu perbedaan kedua platform ini. Klik tombol dibawah ini untuk mengetahui perbedaan blog dan website

Persiapan untuk Membuat Blog atau Website

Sebelum membuat blog atau website, ada beberapa persipan yang perlu Anda ketahui sebelum dan sesudah membuat blog, yaitu:

Apakah Membuat Blog atau Website Mahal?

Biaya pembuatan blog atau website dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, seperti pilihan platform, fitur yang dibutuhkan, dan atau apakah Anda menggunakan jasa pembuatan website atau bikin website sendiri?

Jika Anda membuat sendiri, maka membuat blog atau website itu sangat murah. Tapi jika menggunakan jasa pembuatan website maka agak mahal dikit, tidak terlalu mahal juga, tergantung layanannya.

Agar tidak terjebak dengan biaya mahal pembuatan website, berikut beberapa poin penting yang bisa jadi pertimbangan Anda dalam menghitung berapa biaya untuk membuat website atau blog.

  1. Platform

    Disini untuk platformnya saya menggunakan Blogger dan Wordpress.org. Untuk Blogger atau Blogspot, bisa membuat blog secara gratis dan berbayar. Sedangkan di Wordpress.org, dari awal harus bayar dengan banyak fitur yang bisa digunakan secara gratis untuk meningkatkan performa website.

  2. Domain dan Hosting

    Domain

    Domain digunakan untuk menempatkan nama website yang Anda buat. Misalkan nama website Anda adalah menggunakan nama sendiri, misalkan Prabowo Subianto maka domainya adalah prabowosubianto.com

    Atau menggunakan nama brand bisnis Anda, misalkan Oniex Chy, maka domainnya adalah oniexchy.com atau website Anda membahas topik tertentu misalkan tentang game, maka nama domainnya adalah playgame.id

    Dengan contoh nama domain diatas yaitu prabowosubianto.com, oniexchy.com, dan playgame.id, Anda harus tahu berapa harga domain-domain tersebut? Harga domain dengan ekstensi .com, .id, .net, .org dan sebagainya memiliki harga yang berbeda sesuai layanan yang menjual domain-domain tersebut.

    Sedangkan untuk masa berlakunya, setiap domain dengan ekstensinya memiliki masa berlaku minimal 1 tahun dari awal pembelian doman tersebut.

    Untuk mengetahui harga-harga domain dengan berbagai ekstensi, berikut tabel harga domain rata-rata dari berbagai penyedia domain yang ada di Indonesia.

    Dari penyedia domain diatas, manakah yang terbaik? Untuk saat ini selama beberapa tahun memilih dan menggunakan beberapa penyedia domain yang ada di Indonesia, layanan domain terbaik adalah IDWebhost.

    Ada 6 domain yang saya order di IDWebhost dan beberapa domain milik customer yang saya kelola dan dikelola oleh customer sendiri. Selain harga domain yang relatif murah, Alasan utama saya tetap memilih IDWebhost adalah karena supportnya yang sangat sangat baik.

    Support dan responnya serta kemudahan menghubungi layanan customer servisnya sangat mudah dan cepat ditanggapi. Baik itu melalui email, chat, dan terutama melalui pesan Whatsapp.

    Konfirmasi pembelian domain dan hosting juga bisa melalui pesan Whatsapp. Dengan cara mengirimkan screenshot tanda pembayaran atau bukti transfer, proses aktivasi domain langsung diproses.

    Hosting

    Hosting itu apa ya? Pengertian mudahnya adalah penyimpanan. Tempat untuk menyimpan seluruh konten yang digunakan di website atau blog. Misalkan artikel, gambar, video, template atau tema, plugin, dan sebagainya.

    Platform yang biasa menggunakan dan mudah digunakan adalah Wordpress.otg, bukan Wordpress.com. Jika Anda membuat website menggunakan WordPress.org maka semua yang mengendalikan website tersebut adalah Anda sendiri atau orang yang dipercaya mengurusnya.

    Apakah Hosting ini Berbayar?

    iyes! Jika Anda membuat blog dengan domain sendiri dan menyimpan semua konten blog itu sendiri, maka Anda membutuhkan yang namanya Hosting. Dan untuk menggunakan hosting ini Anda harus bayar sesuai besar kapasitas hosting yang digunakan.

    Untuk menentukan besar kapasitas hosting ini, jika masih baru membuat blog, saya sarankan jangan terlalu besar, yang penting cukup untuk menampung semua file selama 1 tahun dan juga cukup untuk menampung lonjakan pengunjung website Anda.

    Sebagai bahan pertimbangan, berikut harga hosting dengan kapasitas yang didapat yang bisa Anda gunakan sesuai dengan penyedia hosting yang ada di Indonesia

    Hosting IDWebhost

    Disini saya contohkan 1 saja penyedia domain dan hosting yang ada di Indonesi yaitu IDWebhost, untuk harga domain sudah saya sebutkan diatas, sedangkan harga hosting ada beberapa pilihan paket hosting yang bisa Anda gunakan yaitu:

    FiturPaket MEGAPaket GIGAPaket TERAPaket PETA
    Harga per BulanRp 34.900Rp 44.900Rp 74.900Rp 154.900
    Harga Promo per BulanRp 14.900Rp 24.900Rp 39.900Rp 69.9000
    Storage SSD1 GBUnlimitedUnlimitedUnlimited
    Bandwidth TrafficUnlimitedUnlimitedUnlimitedUnlimited
    Email AccountUnlimitedUnlimitedUnlimitedUnlimited
    Subdomain33UnlimitedUnlimited
    Addon Domain--10Unlimited
    SSLFreeFreeFreeFree
    LitespeedYesYesYesYes
    Backup
    Free Domain--12
    Masa Berlaku1 tahun1 tahun1 tahun1 tahun
    Total per TahunRp 178.800Rp 298.800Rp 478.800Rp 838.800

    Dari informasi diatas, Anda bisa memperkirakan kebutuhan yang akan digunakan untuk domain dan hosting website baru Anda. Jika Anda membuat webiste tau blog sendiri, biaya pembuatan relatih murah dengan rincian sebagai berikut:

    PaketMasa BerlakuHarga
    Domain .com1 tahunRp 124.900
    Hosting Paket MEGA1 tahunRp 298.800
    TOTAL BIAYA1 tahunRp 423.700

    Kesimpulannya:

    Ternyata harga domain dan hosting untuk membuat blog atau domain tidak semahal yang diperkirakan. Dari total harga domain dan hosting diatas, modal yang Anda butuhkan kurang lebi Rp 423.700!

    Tapiii... Harga diatas hanyalah harga beli domain danhosting, belum termasuk pajak pembelian. Karena setiap penyedia domain hosting memberlakukan pajak pembelian kurang lebih Rp 50.000.

    Jika harga total domain dan hosting sebesar Rp 423.700 dan ditambah pajak pembelian sebesar Rp 50.000, maka total keseluruhan adalah Rp 473.700!

    Jika dari pihak penyedia menawarkan Google Index, Jasa Share ke Sosial Media, atau yang lainnya, maka akan ada penambahan biaya yang harus Anda berikan untuk ditransfer secara total dengan biaya domain dan hosting.

    Biaya pembuatan website dengan menggunakan Domain dan Hosting akan lebih mahal jika:

    Dari ketiga poin diatas, itulah yang sebagian faktor harga website mahal. Tapi jika Anda sambil belajar terlebih dulu atau menanyakan ke beberapa pemilik blog yang membahas tentan blog, tentang pembuatan blog atau website, maka Anda akan mudah menentukan sendiri, apakah butuh jasa pembuatan website atau tidak.

    Dari pembahasan pada artikel ini, kini Anda sudah memahami dan tidak akan ragu lagi untuk membuat website atau blog yang sesuai dengan keinginan Anda.

    Sekali lagi, membuat blog atau website itu tidak mahal jika Anda sudah mengetahui informasinya secara lengkap dan detail. Atau jika belum menemukan jawaban dari rencana Anda untuk membuat website ini, silahkan hubungi kami melalui halaman Contact.

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]

Artikel Terbaru

Baca Juga Artikel Lainya: