Skip to main content
Menu

Biaya Total Membuat Website dan Blog yang Wajib Anda Ketahui!

Biaya Total Membuat Website dan Blog yang Wajib Anda Ketahui!

Berapa sih biaya membuat wesbite? Pada artikel sebelumnya, saya pernah menyampaikan kalau ada teman saya yang membuat website

Berapa sih biaya membuat wesbite? Pada artikel sebelumnya, saya pernah menyampaikan kalau ada teman saya yang membuat website dengan kategori Landingpage membutuhkan biaya yang sangat mahal yaitu sekitar Rp 10 juta!

Biaya Total Membuat Website dan Blog yang Wajib Anda Ketahui!

Ternyata setelah saya cek, biaya sebesar itu tentulah sangat mahal banget dengan hasil yang tidak maksimal. Dan itu pun masa berlakunya hanya 1 tahun, bayangin saja masa berlaku 1 tahun dengan hasil yang tidak mendapatkan untung sama sekali.

Lantas berapa sih biaya untuk membuat website atau blog itu? Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan dan wajib diketahui sebelum benar-benar membuat website, apalagi jika dalam pembuatannya menggunakan jasa pembuatan website.

Baca Juga: Apakah Harga Membuat Blog atau Website Mahal?

Biaya Total Membuat Website dan Blog

Membuat sebuah website untuk pertama kalinya bukanlah sesuatu hal yang sepele, butuh banyak persiapan yang wajib diketahui, salah satunya adalah berapa biaya membuat website dan blog.

Biaya membuat blog atau website jika hanya mendengarkan dari pembicaraan teman Anda tentunya akan membuat Anda kaget atau mungkin tidak percaya. Biaya pembuatannya bisa terdengar mahal.

Untuk mengetahui secara detail berapa biaya total membuat website, berikut beberapa faktor yang membuat pembuatan website mahal:

1. Harga Domain

Harga domain bisa sangat bervariasi tergantung pada ekstensi dan popularitas kata kunci. Pastikan untuk memilih domain yang memadai dan sejalan dengan tujuan website Anda tanpa mengorbankan anggaran.

Harga domain tergantung dari ekstensi yang Anda gunakan ditambah dengan pajak pembelian karena beberapa penyedia domain memberlakukan pajak pembelian.

Untuk harga domain dengan ekstensi .com perlu disiapkan uang sebesar Rp 200.000.

2. Harga Hosting

Hosting adalah fondasi teknis dari setiap website. Pilihlah penyedia hosting yang dapat menampung kebutuhan website Anda. Meskipun ada berbagai pilihan harga, keandalan dan kinerja yang baik seringkali memerlukan investasi yang lebih besar.

Penggunaan hosting sebagai penyimpanan semua file dan data trafik kunjungan website Anda tergantung berapa besar kapasitas yang dibutuhkan untuk menyimpan semua data tersebut.

Beberapa penyedia hosting memiliki kententuan paket penggunaan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan website Anda. Ada paket termurah sampai dengan paket mahal.

Harga hosting paling murah adalah Rp 350.000, Rp 450.000,Rp 550.000, hingga Rp 950.000! Untuk yang pertama kali membuat website disarankan untuk menggunakan hosting dengan harga Rp 450.000 yang sudah memiliki fitur lengkap.

3. Harga Plugin

Untuk meningkatkan fungsionalitas website Anda, beberapa plugin mungkin diperlukan. Beberapa mungkin gratis, namun, plugin premium dengan fitur khusus biasanya memerlukan biaya tambahan.

Untuk penggunaan plugin ini, kemungkinan besar jika Anda menggunakan jasa pembuat website akan ditawari plugin SEO Premium yang harganya mahal namun bisa ddiapatkan dengan harga lebih murah.

Khususnya platform Wordpress.org, Saran saya lebih baik gunakan plugin SEO gratis terlebih dulu, karena fiturnya juga sudah cukup untuk optimasi website Anda.

4. Harga Tema atau Template

Desain website Anda memainkan peran penting dalam menarik pengunjung. Tema gratis mungkin memadai, tetapi tema premium dapat memberikan tampilan yang lebih profesional.

Khususnya platform Wordpress.org, Sama halnya dengan penggunaan plugin, Anda bisa menggunakan thema gratis dengan berbagai tampilan yang menarik yang pastinya ada yang cocok dengan keinginan Anda.

Kecuali Anda menginginkan tampilan yang berbeda maka dibutuhkan biaya tambahan untuk itu. Tampilan yang dibuat dengan kode CSS, HTML, Script dan PHP langsung. Jika Anda menggunakan jasa ini, dibutuhkan biaya sekitar Rp 500.000 termasuk perawatan yang ditentukan oleh penyedia.

5. Harga SEO

Optimasi mesin pencari (SEO) adalah investasi penting untuk meningkatkan visibilitas online. Pilihan biaya SEO bisa termasuk pembelian kata kunci, pemasaran konten, atau konsultasi ahli SEO.

Untuk harga jasa SEO ini dimulai dari Rp 2 juta per bulan hingga Rp 20 juta perbulan. Jika website Anda tentang bisnis, mungkin Anda bisa menggunakan jasa ini, namun jika website atau blog Anda hanya tentang berbagi informasi seperti blog digitalpoin.com ini, Lebih baik, gunakan uang Anda untuk kebutuhan lainnya.

6. Harga Share Sosial Media

Jika memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran, pertimbangkan biaya iklan berbayar, alat otomatisasi sosial, atau layanan manajemen media sosial yang lebih canggih.

Biasanya cara ini untuk memperkenalkan branding dari website Anda melalu sosial media, dibutukan kurang lebih biayaRp 500 ribu. Anda bisa menggunakan sosial mdia ini untuk mengenalkan brand bisnis yang ada di wesbite Anda lebih cepat.

7. Harga Pembuatan Website

Jika Anda tidak memiliki keahlian dalam membuat blog atau website, pertimbangkan biaya jasa pembuatan website untuk membangun website sesuai keinginan Anda.

Biasanya mereka, penyedia jasa pembuatan website ini memberikan harga Rp 100 ribu hingga Rp 500.000, dilakukan mungkin mereka bekerja secara tim atau sudah memiliki nama atau perusahaan.

8. Harga Support

Dukungan teknis dapat menjadi faktor penentu. Beberapa penyedia hosting menawarkan layanan dukungan dengan biaya tambahan. Kurang lebih mereka menambahkan biaya Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu.

Kesimpulan

Jadi ada perbandingan biaya dalam membuat website atau blog dengan menggunakan platform Blogger dan Wordpress.org yaitu:

1. Jika menggunakan jasa pembuatan website atau blog

No.FiturBloggerWordPress.org
1.Domain .comRp 200.000Rp 200.000
2.HostingTidak perluRp 450.000
3.ThemaRp 300.000Rp 500.000
4.PluginTidak perluSesuai kebutuhan
5.Jasa SEORp 250.000Rp 1.000.000 lebih
6.Jasa Sosial MediaRp 150.000Rp 150.000 lebih
7.Jasa PembuatanRp 100.000Rp 500.000
8.Jasa SupportRp 100.000Rp 100.000
9.TOTALRp 1.200.000Rp 3.000.000

2. Jika membuat website atau blog sendiri

No.FiturBloggerWordPress.org
1.Domain .comRp 200.000Rp 200.000
2.HostingTidak perluRp 450.000
3.ThemaGratisGratis
4.PluginTidak perluSesuai kebutuhan
5.Jasa SEOOptimasi sendiriOptimasi sendiri
6.Jasa Sosial MediaOptimasi sendiriOptimasi sendiri
9.TOTALRp 200.000Rp 650.000

Dengan memahami masing-masing komponen biaya diatas, Anda dapat membuat keputusan dalam mengelola anggaran dengan efektif saat membuat website. Semua ini adalah langkah yang esensial untuk mencapai tujuan Anda online dengan mempertimbangkan setiap elemen yang diperlukan.

Estimasi total biaya pembuatan website atau blog diatas bukanlah hitungan final, tergantung dimana Anda menggunakan penyedia domain, hosting, jasa pembuatan, jasa SEO, dan sebagainya.

Dengan adanya rincian biaya di atas, Anda dapat membuat perkiraan biaya total membuat website atau blog yang diperlukan untuk merancang, mengelola, dan memelihara website atau blog Anda kedepannya. Jika ada pertanyaan, silahkan hubungi kami melalui halaman Contact

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]

Artikel Terbaru

Baca Juga Artikel Lainya: