Skip to main content

6 Cara Mencari dan Menentukan Ide Membuat Artikel Blog

6 Cara Mencari dan Menentukan Ide Membuat Artikel Blog
6 Cara Mencari dan Menentukan Ide Membuat Artikel Blog - Salah satu yang menjadi kendala utama bagi seorang blogger adalah artikel. Bahkan bagi seorang pemula yang baru membuat blog, artikel adalah salah satu masalah besar yang dihadapi mereka. Bahkan blogger senior pun tidak luput dari masalah artikel ini. Apalagi jika blog yang dimiliki adalah blog dengan menggunakan satu topik khusus, maka untuk membuat artikel tentang topik tersebut akan banyak mengalami kendala khususnya dalam mencari dan menemukan ide dalam membuat artikel-artikel baru yang fressh yang sesuai dengan topik blog yang dibahas.

6 Cara Mencari dan Menentukan Ide Membuat Artikel Blog
Berbeda dengan blog-blog yang membahas berbagai topik didalamnya alias blog gado-gado, meskipun juga sama-sama sulit dalam mencari dan membuat artikel untuk blog jenis ini masih relatif mudah karena segala jenis artikel bisa ditulis didalamnya. Namun dari kedua jenis blog tersebut yaitu blog dengan satu topik dan blog gado-gado adalah bukan masalah mencari dan menentukan atau menemukan ide dalam membuat artikel tapi bagaimana cara menulis artikel yang baik yang enak dibaca dan bukan hasil copypaste!

Menulis artikel adalah hal yang paling utama yang menjadi kendala setiap blogger. Kalau untuk menemukan dan mencari artikel blog bisa dengan mencari berbagai sumber atau referensi yang akan dibuatkan artikel ubahannya, namun untuk membuat dan menulis artikel itulah yang menjadi kendalanya. Inilah masalah utamanya dan itu butuh proses. Proses terbaik dalam menulis artikel adalah dengan banyak dan sering menulis, menulis dan menulis dengan mengetik artikel untuk blog.

Baca Juga Cara Membuat Artikel Blog Unik Untuk Update Blog Terbaru

6 Cara Mencari dan Menentukan Ide Membuat Artikel Blog

Agar mudah dalam membuat artikel dan menulisnya kedalam blog, langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan mencari dan menentukan idenya terlebih dulu. Setelah ide artikel ditemukan maka buatlah artikel sesuai dengan menggunakan kalimat sendiri, bukan kalimat dari sumber artikel yang telah ditemukan tersebut. Dan berikut cara mencari ide dalam membuat artikel blog:

1. Tenang dan Keep Calm
Dalam mencari ide sebuah artikel itu harus dengan pikiran tenang dan tidak perlu grusa-grusu dan tidak perlu panik apalagi jika blog sudah tidak pernah update artikel terbaru. Jika dalam mencari ide membuat artikel dengan pikiran tidak tenang maka hasilnya tidak akan didapat dan malah akan menghabiskan banyak waktu hanya mencari dan mencari tapa menemukan ide yang pas.

2. Kumpulkan Semua Sumber Referensi
Jika menemukan referensi yang cocok dengan topik blog Anda, segera salin dan kumpulkan semua sumber referensi tersebut. Dengan mengumpulkan berbagai banyak sumber referensi akan memudahkan dalam menentukan ide untuk membuat artikel. Cara mengumpulkan sumber referensi di internet, gunakan fungsi bookmark di browser dan folder khusus untuk itu. Sedangkan untuk referensi yang ditemukan di offline, bisa dikumpulkan dan dijadikan bahan bacaan.

3. Gunakan Trending Topic
Tidak hanya diuntungkan dalam membuat artikel yang sedang viral atau ngeTren, dengan menggunakan topik dari berita viral sebagai bahan artikel akan membantu perkembangan blog itu sendiri, salah satunya meningkatkan jumlah visitor.

4. Gabung Forum Blogger
Dengan gabung di beberapa forum blogger akan banyak sekali ide-ide yang bisa didapatkan dalam membuat artikel, bahkan tidak hanya itu dengan bergabung di forum juga bisa mempelajari berbagai bentuk gaya tulisan artikel yang di miliki oleh masing-masing blogger. Namun dengan catatan, jangan pernah melakukan copypaste!

5. Blogwalking
Sudah tahu manfaat blogwalking? Baca 10 Tujuan dan Manfaat Melakukan Blogwalking Untuk Blog

6. Browsing
Salah satu tehnik yang selama ini kami lakukan dalam mencari ide dalam membuat artikel adalah selalu membuka berita dan informasi apa saja yang ada di internet. Bahkan tidak hanya ide artikel yang didapatkan, ide-ide dalam blog juga bisa didapatkan, misalnya ingin membuat blog baru dengan topik tertentu atau mengetahui berita-berita yang lagi viral atau tren.

Itulah 6 cara mencari dan menentukan ide dalam membuat artikel blog yang bisa dilakukan dalam mengupdate artikel blog secara berkala. Meskipun masih banyak cara yang lain bisa dilakukan namun keenam cara diatas sudah lebih dari cukup dalam menemukan dan menulis artikel terbaru. Semoga bermanfaat.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.