Skip to main content
Menu

Apakah Ada Manfaat dan Fungsi Kartu Kredit Untuk Anda?

Apakah Ada Manfaat dan Fungsi Kartu Kredit Untuk Anda?

Untuk memiliki, membuat dan menggunakan Kartu Kredit, alangkah baik untuk dipikir terlebih dulu Apakah ada manfaat kartu kredit yang akan kamu miliki

Baca Juga

Untuk memiliki, membuat dan menggunakan Kartu Kredit, alangkah baik untuk dipikir terlebih dulu Apakah ada manfaat kartu kredit yang akan kamu miliki tersebut. Terlepas dari kemudahan untuk membuat dan memilikinya saat ini, begitu juga dengan fungsi yang akan kamu dapatkan.

Apakah Ada Manfaat dan Fungsi Kartu Kredit Untuk Anda?

Saat ini, mungkin kartu kredit sudah menjadi bagian yang dibutuhkan dari kehidupan sehari-hari. Memiliki kartu yang satu ini, tidak hanya memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi jual beli, tetapi juga memberikan manfaat dan fungsi bagi para penggunanya.

Tips Menggunakan Kartu Kredit

Manfaat yang paling diarasakan dan didapatkan oleh pengguna kartu ini adalah kemudahan dalam bertransaksi. Penggunaan kartu ini bisa digunakan secara online dan offline hampir untuk semua transaksi pembelian. Sehingga dengan adanya kemudahan ini, kamu tidak perlu membawa uang cash.

Dan untuk saat ini ada satu manfaat yang benar-benar dijadikan kesemapatan untuk memiliki kartu kredit hanya untuk membayar cicilan. Padahal kartu ini sendiri sebenarnya adalah cicilan yang harus dibayar setiap bulan atau sesuai dengan jatuh tempo.

Namun semuanya kembali ke pribadi masing-masing serta kebiasaan dalam belanja atau bertraksaksi, apakah benar-benar untuk kebutuhan yang lebih penting atau hanya sekedar untuk haya hidup mewah atau foya-foya.

Manfaat lain yang bisa didapatkan oleh pengguna kartu adalah adanya tawaran dalam suatu event atau program, misalkan reward atau loyalty yang bisa memberikan keuntungan tambahan. Jadi sebenarnya jika kamu pengguna kartu kredit, tentu akan mendapatkan keuntungan ini namun ada syarat dan ketentuan yang harus dipahami.

Baca Juga: Cara Aman Pinjam Uang Onlien di Aplikasi Pinjaman

Selain itu kemanan dalam bertransaksi dengan menggunakan kartu kredit lebih terjaga. Jika mengalami masalah dengan pembelian barang atau jasa, kamu bisa mengajukan klaim atas kerugian tersebut. Masalah ini biasanya dibantu oleh pihak bank yang bersangkutan.

Namun perlu diperhatikan, meskipun memiliki banyak manfaat, penggunaan kartu kredita wajib diperhatikan, harus bijaksana dan tidak boros. Karena jika penggunaannya tidak digunakan dengan hati-hati, kartu kredit bisa menjadi sumber utang yang sangat besar, bunga pinjaman pada kartu kredit dan biaya lainnya yang membuat kamu terjebak dalam utang yang besar.

Meskipun penggunaanya bisa digunalan untuk membayar cicilan produk yang lain, pastikan kamu tetap membayar tagihan kartu kredit tepat waktu setiap bulan dan hindfi penggunaan kartu kredit untuk pembelian yang tidak perlu. Selain itu, perhatikan batas kredit Anda dan jangan memaksakan diri untuk berbelanja melebihi kemampuan Anda.

Manfaat Kartu Kredit

Dalam penggunaanya yang fleksibilitas dalam melakukan transaksi khususnya untuk pembelian produk atau jasa baik secara online dan offline, kartu kredit juga memunculkan berbagai pertanyaan dan kekhawatiran. Oleh karena itu tetap hati-hati dan bijaksana meskipun banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan yaitu:

  1. Kenyamanan dan Fleksibilitas

    Kamu dapat menggunakan kartu kredit untuk membeli barang dan jasa di berbagai tempat, baik secara fisik offline maupun online. Jadi pembayaran tidak perlu menggunakan uang tunai atau cash.

  2. Poin dan Hadiah

    Setiap menggunakan kartu kredit, kamu akan mendapatkan poin atau cashback yang bisa ditukarkan dengan berbagai hadiah atau diskon di berbagai mitra yang sudah bekerja sama dengan pihak bank.

  3. Proteksi Pembelian

    Salah satu itur yang ada kartu kredit adalah menawarkan dan memberikan perlindungan tambahan terhadap barang atau jasa yang sudah beli. Jika barang tersebut rusak atau hilang, bisa diganti atau dikembalikan.

  4. Pengaturan Keuangan Lebih Baik

    Dengan kartu kredit, Anda dapat melacak dengan lebih baik pengeluaran Anda. Setiap transaksi dicatat dalam laporan bulanan yang dapat Anda tinjau langsung. Hal ini memudahkan Anda untuk mengetahui pengeluaran.

Fungsi Kartu Kredit

Selain manfaat yang bisa kamu dapatkan, setidaknya setiap penggunaan yang kamu lakukan sudah mengetahui fungsi kartu kredit itu. Nah dibawah ini ada beberapa fungsi kartu kredit yang perlu kamu ketahui:

  1. Alat Pembayaran

    Fungsi paling mendasar dari kartu kredit adalah sebagai alat pembayaran. Kamu bisa menggunakannya untuk membayar berbagai jenis transaksi seperti belanja harian, makan di restoran, membayar tagihan, atau membeli tiket pesawat.

  2. Pengelolaan Keuangan

    Kartu kredit dapat berfungsi sebagai alat pengelolaan keuangan pribadi. Dengan mengetahui laporan bulanan menyajikan rincian transaksi, membantu pengeluaran yang sudah kamu lakukan.

Pertimbangan Sebelum Mengajukan Kartu Kredit

Dari ulasan diatas, tentunya kamu sudah dapat menyimpulkan sendiri dalam menggunakan kartu kredit, apakah perlu atau tidak, dengan segala resiko yang akan kamu hadapi yaitu utang, tagihan, denda dan bunga pinjaman jika terjadi masalah dengan transaksi kartu kredit.

  • Bunga dan Biaya

    Pastikan kamu memahami tingkat bunga yang diterapkan pada saldo yang tidak dibayar dan biaya-biaya terkait termasuk denda, biaya tahunan atau biaya keterlambatan pembayaran.

  • Kemampuan Membayar

    Sebelum kamu memutuskan untuk mengajukan kartu kredit, pastikan kamu memiliki kemampuan untuk membayar tagihan bulanan Anda. Atau setidaknya kamu memiliki danah lebih sebagai modal untuk memiliki kartu kredit.

    Membiarkan saldo terus menerus berakumulasi dengan bunga tinggi tanpa pembayaran saat jatuh tempo dapat mengakibatkan utang yang sulit untuk diselesaikan.

  • Tujuan Penggunaan

    Tentukan tujuan utama kamu untuk memiliki kartu kredit. Apakah itu untuk kenyamanan bertransaksi, untuk jaga-jaga, atau hanya sekedar untuk gaya hidup mewah alias foya-foya. Dengan memahami tujuan memiliki kartu kredit akan membantu keuangan kamu.

Baca Juga: Pinjaman Tanpa Bunga, Saatnya Beralih ke Bank Syariah

Meskipuna kartu kredit dapat memberikan manfaat yang signifikan jika digunakan dengan bijak. Serta kemudahan dalam bertransaksi sehari-hari, penting juga untuk memahami risiko penggunaan kartu kredit. Hati-hati, jangan terjebak dengan tawaran dan kemudahan dalam penggunaan kartu kredit.

Itulah manfaat kartu kredit dan fungsinya yang perlu kamu ketahui sebelum memiliki atau mengajukan untuk menggunakan kartu sakti untuk pembayaran atau pembelian produk ataujasa secara online maupun offline.