Skip to main content
Menu

Cara Cek TV Digital, Ciri, dan Cara Memilihnya

Cara Cek TV Digital, Ciri, dan Cara Memilihnya

Utamanya dari siaran analog menuju siaran digital. Karena itu, para pemilik televisi perlu tahu cara untuk cek TV digital

Sejak awal tahun ini, pemerintah Indonesia khususnya KOMINFO sudah memberitahukan akan ada transmigrasi saluran televisi secara bertahap, utamanya dari siaran analog menuju siaran digital. Karena itu, para pemilik televisi perlu tahu cara untuk cek TV digital.

Cara Cek TV Digital, Ciri, dan Cara Memilihnya

Karena, jika perangkat televisi yang Anda miliki tidak support atau mendukung sinyal siaran digital, maka televisi tersebut tidak bisa Anda gunakan untuk menonton tayangan digital karena memang tidak bisa menerima sinyalnya.

Cara Cek TV Digital atau Belum

Sebagian masyarakat mungkin merasa kebingungan sebenarnya perangkat televisi yang ada di rumah sudah berbasis digital atau belum.

Baca Juga Mengenal Antena TV Digital, Keunggulan Hingga Tips Memilihnya

Sebenarnya, cara untuk mengeceknya sangatlah mudah. Bahkan, KOMINFO sudah menyiapkan website dan akses untuk masyarakat mengecek sendiri perangkat televisinya. Berikut adalah cara untuk cek televisi digital atau belum dengan layanan resmi dari KOMINFO.

  1. Pertama, akses situs siarandigital.kominfo.go.id.
  2. Pilih opsi 'Perangkat TV Digital" pada pilihan yang tersedia.
  3. Pilih opsi 'Pilih Kategori' pada pilihan yang tersedia selanjutnya.
  4. Ketikan dengan lengkap merk dan tipe TV yang dimiliki.
  5. Kemudian, tekan tombol 'Submit' untuk memproses.

Tidak perlu waktu lama, para pemilik televisi akan mendapatkan hasilnya. Anda akan dapat mengetahui apakah perangkat TV yang Anda miliki mendukung siaran digital atau tidak mendukung.

Ciri dari TV yang Mendukung Siaran Digital

Setelah mengetahui cara mengecek TV digital, ada baiknya Anda juga mengenali ciri dari TV yang sudah mendukung siaran digital. Mungkin saja, beberapa dari Anda ingin membeli perangkat TV yang baru.

Dengan membeli perangkat TV yang memang sudah mendukung siaran digital, Anda tidak akan perlu membeli perangkat tambahan lagi untuk menyambungkan TV dengan sinyal digital. Berikut adalah ciri dari TV yang sudah mendukung siaran digital.

Sudah Tidak Berdesain Tabung

Ciri yang paling mudah untuk Anda kenali dari sebuah perangkat TV yang sudah bisa menerima siaran digital adalah dari desainnya. Hal yang pasti dari desain TV siaran digital adalah desainnya yang sudah lepas dari model tabung.

Desain tabung memang identik dengan penerima siaran analog. Hal ini karena, perangkat penerima analog harus langsung diteruskan pada layar televisi. Sedangkan penerima sinyal digital, tidak memerlukan proses yang seperti itu.

Selain itu, karena penerima sinyal digital menggunakan teknologi yang lebih ringkas. Jadi, lebih memungkinkan untuk bentuk TV yang lebih ringkas dan lebih datar tanpa harus mengadopsi model TV tabung lagi.

Baca Juga Tips Memilih Antena TV Digital yang Cocok Untuk TV Anda

Tidak Selalu Punya Desain Flat

Walaupun desain TV digital selalu identik dengan flat, namun tidak semua TV flat merupakan TV berbasis digital. Ciri utama dari TV digital sebenarnya adanya receiver DBS yang merupakan penerima sinyal siaran digital.

Sebagian TV flat, terutama yang merupakan rilisan lama sebenarnya masih tidak memiliki teknologi receiver ini sehingga masih bisa digolongkan sebagai TV analog. Karena itu, bagi para pengguna yang ingin membeli TV digital jangan terjebak pada model yang dimiliki TV.

Harus tetap diingat bahwa tidak semua TV yang memiliki desain flat merupakan TV digital. Karena itu pastikan lagi pada spesifikasi TV.

Memiliki Decoder Penangkap Sinyal Digital

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ciri utama TV digital adalah memiliki receiver atau decoder penangkap sinyal digital. Untuk mengetahuinya, para pengguna biasanya bisa membacanya pada spesifikasi televisi.

Sebagian besar televisi sudah menandainya dengan stiker hologram yang ditempelkan pada bagian belakang TV. Namun, beberapa merek televisi belum melakukan hal ini, karena itu para pengguna bisa membaca spesifikasi televisi untuk memastikannya.

Menerima Gambar dengan Kualitas yang Lebih Baik

Cara mengecek TV digital atau tidak adalah dengan mencoba menyalakannya dan melihat kualitas gambar yang dihasilkan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, TV digital akan menerima sinyal digital sehingga dapat menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik.

Apalagi, dengan perubahan ke siaran TV digital yang semakin luas sekarang ini. Jika televisi masih memakai siaran TV analog. Maka, tidak akan ada gambar tayangan yang keluar atau kualitasnya sangatlah buruk.

Cara Memilih TV Digital

Setelah membahas bagaimana cara untuk mengecek tv digital serta mengetahui ciri dari TV ini, selanjutnya artikel ini akan membahas bagaimana cara memilih TV digital saat hendak membelinya.

Para pembeli nampaknya harus lebih berhati-hati. Karena, walaupun perubahan ke siaran digital sudah dilaksanakan oleh pemerintah. Namun, beberapa merek elektronik masih menjual TV analog. Sebenarnya tidak masalah, para pembeli tinggal menambah receiver lagi saja.

Namun, itu akan menambah biaya, karena itu lebih baik bisa memastikan bahwa TV yang dibeli adalah TV digital. Begini cara untuk memilih TV digital yang akan dibeli.

Periksa TV dan Baca Spesifikasi Televisi

Seperti yang disebutkan pada pembahasan sebelumnya, TV digital biasanya sudah ditandai oleh stiker hologram pada bagian belakang televisi. Para pembeli juga bisa membaca spesifikasi televisi secara langsung pada buku panduan untuk memastikan jenis televisi.

Hal ini adalah cara termudah untuk mengetahui apa benar TV yang akan dibeli merupakan TV digital. Jika pada bagian spesifikasi tidak dikatakan adanya decoder sinyal digital, maka jenis TV yang akan ada beli masihlah analog.

Sesuaikan dengan Budget yang Dimiliki

Perlu diakui, harga TV digital lebih mahal daripada TV siaran analog. Namun, bukan berarti tidak ada TV digital yang memiliki harga yang terjangkau. Variasi produk TV digital ini sangatlah beragam model dan harganya.

Para pembeli bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki saja. Jika budget terbatas, para pembeli bisa menyesuaikannya dengan membeli ukuran TV yang lebih kecil atau model yang lebih lama.

Coba Untuk Hidupkan TV Sebelum Dibeli

Sebelum membeli TV, minta pada pihak penjual untuk menghidupkan televisi terlebih dahulu dan menyambungkannya dengan sinyal digital. Perhatikan bagaimana kualitas tayangan yang muncul pada televisi.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, perbedaan TV digital dan TV analog ada pada kualitas gambar yang ditampilkannya. Tidak ada salahnya ada memastikannya terlebih dahulu sebelum membawa produk televisi pulang dan membelinya.

Pihak penjual juga seharusnya tidak keberatan jika Anda ingin mengetes televisi langsung di toko sebelum memutuskan untuk membelinya. Karena itu, bisa menambah kepercayaan pembeli pada produk yang dijual.

Baca Juga Daftar TV Digital di Indonesia dan Alasan Perpindahannya

Pastikan TV Sudah Berstandar SNI

Hal ini seringkali dilewatkan oleh seseorang yang akan membeli televisi. Periksalah apakah TV sudah berstandar SNI atau belum. Caranya tinggal mengecek apakah ada logo SNI pada produk televisi yang akan dibeli.

Televisi digital yang asli dan berstandar pastinya akan melalui proses pengujian standar pada badan SNI. Dengan adanya logo SNI, memastikan Anda mendapatkan produk yang asli dan berkualitas.

Ternyata ada berbagai cara cek TV digital, ciri yang harus diketahui, begitu juga dengan cara memilihnya. Dengan mengetahui informasi di atas, Anda sebagai pemilik televisi sudah siap berpindah dari siaran TV analog menuju siaran TV digital.

Baca Juga Artikel Lainya:

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]