Skip to main content
Menu

Mengenal Antena TV Digital, Keunggulan Hingga Tips Memilihnya

Mengenal Antena TV Digital, Keunggulan Hingga Tips Memilihnya

Ulasan mengenai antena TV digital. Antena sendiri akan membantu TV analog Anda beralih dari siaran analog ke siaran digital

Saat ini, pemerintah Indonesia mulai menjalankan program mereka yaitu mengalihkan siaran TV analog ke siaran TV digital. Oleh karena itu, beberapa di antara Anda pasti akan membutuhkan yang namanya antena TV digital.

Program tersebut sebetulnya bukan program baru karena telah dirancang dari beberapa tahun lalu. Namun, pelaksanaannya baru mulai dan akan merata tahun ini. Program tersebut akan menghapus sinyal analog sehingga Anda yang belum memakai TV digital tidak dapat menikmati tayangan TV.

Mengenal Antena TV Digital, Keunggulan Hingga Tips Memilihnya

Seputar Antena TV Digital

Hingga hari ini, masih banyak masyarakat yang menggunakan TV serta antena jenis analog. Sayangnya, program pemerintah akan membuat mereka kehilangan kesempatan untuk menyaksikan siaran-siaran TV.

Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat mengubah siaran TV analog Anda menjadi digital dengan menggunakan antena digital. Sesuai dengan namanya, antena TV jenis digital ini hanya akan menangkap sinyal-sinyal digital.

Sebenarnya, apa perbedaan sinyal analog dan sinyal digital? Kedua sinyal tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu untuk membawa informasi. Beda dari kedua sinyal tersebut yaitu hanya dalam bentuknya.

Sinyal analog merupakan sinyal yang memiliki bentuk gelombang sinus dengan karakteristik utamanya yaitu amplitudo dan frekuensi. Sedangkan, sinyal digital yaitu kombinasi bilangan-bilangan biner yang berbentuk persegi.

Karena sinyal analog menggunakan frekuensi, maka sinyal tersebut sama dengan sinyal alat komunikasi lainnya. Hal tersebut juga yang melatarbelakangi program pemerintah satu ini.

Bahkan, sinyal frekuensi yang digunakan oleh TV analog memiliki besaran yang cukup luas yaitu sekitar 700 MHz.

Pemindahan siaran TV analog ke TV digital menjadi upaya pemerintah untuk mengosongkan beberapa frekuensi yang nantinya berguna untuk internet serta alat komunikasi.

Dengan frekuensi tersebut, pemerintah berharap dapat membuat internet lebih cepat serta alat komunikasi yang dapat tetap digunakan saat terjadi sebuah bencana di Indonesia.

Keunggulan Menggunakan Antena Digital

Selain untuk membantu mewujudkan program pemerintah, Anda yang menggunakan antena digital juga pastinya akan mendapatkan berbagai keuntungan. Hal tersebut karena ternyata sinyal digital memiliki beberapa kelebihan jika Anda bandingkan dengan sinyal analog.

Saat Anda memasang antena digital untuk TV Anda maka otomatis tayangan yang Anda lihat pada layar TV akan lebih jernih dari segi gambar serta lengkap dengan suara yang jauh lebih bersih dan jelas.

Keunggulan lain yang sinyal digital miliki yaitu dari segi jangkauan. Sinyal digital memiliki jangkauan yang lebih luas daripada sinyal analog. Karena itu, saat Anda memasang antena digital, maka Anda akan dapat menyaksikan tayangan yang lebih lengkap karena salurannya lebih banyak.

Sinyal digital pada TV juga pastinya akan membuat Anda lebih tenang saat menonton. Sinyal digital ternyata lebih minim terkena gangguan daripada sinyal analog. Karena itu, Anda bisa menonton dengan nyaman.

Keunggulan lainnya yaitu meski memiliki nama sebagai antena digital, tapi antena jenis ini ternyata dapat menangkap sinyal frekuensi UHF serta VHF sekaligus. Berkat hal tersebut, Anda akan dapat menyaksikan siaran TV digital serta analog sekaligus.

Jenis-jenis Antena Digital

Meski memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menangkap sinyal digital, namun antena TV ini ternyata memiliki dua jenis yang berbeda. Perbedaan kedua jenis antena digital ini hanya terletak pada penempatannya saja.

Kedua jenis antena digital ini memiliki kelebihan serta kekurangannya tersendiri, Berikut ulasan mengenai jenis-jenis antena digital yang wajib Anda ketahui:

tv digital

1. Antena Indoor

Antena digital jenis pertama yaitu antena indoor. Sesuai dengan namanya, antena jenis ini bisa Anda letakkan di dalam rumah Anda. Jenis ini juga memiliki ukuran yang cukup kecil sehingga mudah untuk Anda sesuaikan dengan kondisi rumah Anda.

Selain mudah untuk Anda sesuaikan, jenis yang satu ini juga ringan sehingga bisa Anda pindahkan dengan mudah. Dengan harga yang terbilang cukup murah, antena jenis ini juga lebih aman terutama dari sambaran petir karena berada di dalam ruangan.

Sayangnya, antena indoor ini tidak dapat menangkap seluruh tayangan. Jika Anda menempatkan antena ini di satu posisi, maka beberapa tayangan akan jernih sedangkan beberapa lainnya akan tampak lebih buram.

Karena itu, banyak di antara Anda yang akan merasa bahwa pengaturan posisi antena jenis ini lebih sulit dan dilematis.

Kekurangan lainnya dari antena digital indoor yaitu ukuran kabelnya yang terbilang cukup pendek sehingga sulit untuk Anda sesuaikan.

2. Antena Outdoor

Berbeda dengan antena sebelumnya, antena jenis ini bisa Anda letakkan di luar ruangan. Hal tersebut karena antena outdoor ini memiliki ukuran yang lebih besar sehingga tidak mungkin untuk Anda simpan di dalam ruangan.

Memiliki fungsi serupa, antena jenis ini menawarkan keunggulan yaitu dapat menangkap sinyal digital lebih banyak sehingga tayangan TV Anda akan semakin beragam.

Karena hal tersebut juga, Anda tidak perlu bingung saat hendak meletakkan antena ini karena letaknya tidak akan mempengaruhi sinyal yang ia tangkap. Anda tidak perlu memindahkan antena ini untuk menangkap sinyal.

Namun karena hal tersebut juga, Anda tidak dapat mengubah posisi antena saat terjadi kerusakan. Hal tersebut tentunya akan merepotkan. Selain itu, yang harus menjadi bahan pertimbangan Anda juga yaitu harga antena jenis ini lebih mahal.

Dua jenis antena ini bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan serta tempat yang Anda miliki. Karena, dua jenis antena tersebut menawarkan kelebihan serta kekurangannya masing-masing.

Cara Memilih Antena Digital

Setelah mengetahui keunggulan serta jenis-jenis antena digital, maka Anda tidak perlu ragu untuk membeli barang tersebut. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih antena, yaitu sebagai berikut:

1. Ukuran Antena

Saat hendak membeli antena digital, Anda pastinya harus menyesuaikan ukuran antena dengan ukuran TV Anda. Jika Anda memiliki TV LED atau LCD, maka Anda bisa menggunakan antena besar. Namun jika Anda memiliki TV tabung, maka antena kecil akan bekerja lebih baik.

2. Kabel Coaxial

Kabel akan menentukan bagus atau tidaknya antena bekerja. Anda bisa memilih antena dengan kabel coaxial yang memiliki impendans 75 ohm dengan serabut lebat serta kawat konduktor yang kuat. Kabel tersebut akan membuat tayangan TV Anda menjadi lebih jernih.

3. Booster

Agar sinyal dari antena lebih kuat, Anda bisa membeli booster sehingga sinyal dari antena akan jauh dari penghalang. Benda yang satu ini akan membuat siaran TV Anda menjadi lebih jernih. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan booster saat hendak memasang lebih dari satu TV untuk satu antena.

Tiga hal tersebut perlu Anda perhatikan agar Anda dapat menikmati tayangan TV digital Anda dengan lebih baik dan jernih. Karena hanya dengan tiga tips tersebut, Anda akan mendapat kepuasan saat menonton TV.

Itu dia sedikit ulasan mengenai antena TV digital. Antena sendiri akan membantu TV analog Anda beralih dari siaran analog ke siaran digital. Jangan sampai Anda dan keluarga Anda tidak dapat menikmati tayangan TV karena belum beralih ke sinyal TV digital.

Baca Juga Artikel Lainya:

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]