Skip to main content
Menu

Tips Memilih Antena TV Digital yang Cocok Untuk TV Anda

Tips Memilih Antena TV Digital yang Cocok Untuk TV Anda

Tips memilih antena tv digital ini sebenarnya tidak lah terlalu rumit untuk dilakukan. Semua bisa meskipun masih baru dalam menggunakan tv digital

Antena TV digital sudah menjadi bagian terpenting dalam menonton siaran televisi. Keberadaan antena ini bukan lagi hanya sekedar pelengkap, tapi memang harus digunakan untuk menangkapchannel atau saluran siaran televisi. Namun untuk menggunakan antena ini, tidak semua televisi bisa menggunakan antena digital. Ada beberapa tips memilih antena tv digital agar cocok dengan TV Anda.

Apalagi dalam beberapa bulan terakhir ini, pemerintah dalam teknologi penyiaran di Indonesia sangat gencar melakukan promosi agar masyarakat beralih menggunakan tv digital dari tv analog. Beralihnya tv analogke digital ini bukan tanpa alasan, salah satu alasan penggunaan tv jenis ini adalah memberikan kemudahan dalam menayangkan siaran televisi lokal.

Tips Memilih Antena TV Digital yang Cocok Untuk TV Anda

Selain itu, ada beberapa keunggulan yang didapatkan jika Anda beralih menggunakan tv ini. Tentunya yang paling dirasakan perbedaannya adalah dari kualitas gambar dan suara, tentu lebih baik daripada tv analog. Berikut beberapa keunggulan yang Anda dapatkan:

  1. Kualitas gambar dan suara lebih jernih.
  2. Teknologi lebih canggih sehingga bisa mengetahui acara yang sudah tayang dan akan ditayangkan.
  3. Memiliki layanan interaktif yang bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas program siaran.
  4. Memiliki teknologi parental lock yang dapat membantu orang tua dalam mengatur channel khusus anak.
  5. Memiliki banyak channel yang bisa ditonton.
  6. Program siaran berkualitas.
  7. Gratis karena tidak membutuhkan biaya langganan.

Namun yang menjadi kendala saat ini ketika masyarakat beralih ke tv digital, mereka beranggapan kalau semua tv sudah memiliki teknologi digital. Padahal tidak, tidak semua tv analog yang dimiliki maysrakat sudah berbasis teknologi digital. Oleh karena itu, inilah yang menjadi salah satu hambatan atau menjadi alasan masyarakat belum beralih ke siaran digital.

Selain kendala televisi, untuk menggunakan tv jenis ini juga harus disesuaikan dengan antena yang digunakan. Tidak semua antena tv cocok digunakan, oleh karena Anda harus memilih antena yang sesuai. Nah dibawah ini ada beberapa tips memilih antena TV digital yang cocok untuk TV Anda:

1. Pilih Antena Berdasarkan Lokasi

Maksudnya seperti ini, antena yang digunakan dipasang dimana? Didalam ruang atau diluar ruangan? Penggunaan antena diluar dan didalam sangat berbeda. Oleh karean itu pilih yang sesuai dengan lokasi yang digunakan.

Seperti yang banyak diketahui oleh semua orang, pemasangan antena diluar lebih bagus hasilnya jika dibandingkan dengan antena didalam. Biasanya jika berada diluar, saluran atau program televisi bisa ditangkap semua dan kualitasnya juga lebih bagus.

2. Pilih Antena Sesuai Jenis TV

Salah satu komponen yang dibutuhkan sebuah televisi agar dapat menangkap sinyal siaran adalah antena. Setiap televisi membutuhkan antena yang sesuai dengan jenis televisi tersebut. Mulai dari ukurannya yang besar atau yang kecil yang menyesuaikan dengan jenis tv juga, tv tabung atau tv dengan layar datar atau LCD.

Begitu juga dengan tv digital, saat Anda memilih menggunakan tv jenis ini, yang kebanyakan menggunakan layar datar atau LED atau LCD maka antena yang digunakan adalah antena dengan ukuran sedang hingga besar. Ukuran ini dipilih karena akan memudahkan dalam menangkap sinyal siaran televisi, khususnya tv lokal.

3. Gunakan Antena Coaxial

Antena coaxial adalah antena dengan kabel coaxial, kabel ini memiliki fungsi dalam menentukan kualitas antena. Karena kabel ini sebagai penghubung jariangan transmisi perangkat elektronik. Kualitas kabel antena coaxial yang bagus adalah yang memiliki ukuran 75 ohm dengan kawat besar dan memiliki serabut tebal.

Untuk harga, jenis kabel coaxial untuk tipe 75 ohm memang relatih lebih mahal. Namun menghasilkan gambar dan siaran televisi dengan tampilan yang lebih bagus dan berkualitas.

4. Gunakan Antena Dengan Deret Padat dan Panjang

Selain kabel yang digunakan, agar sinyal siaran tv bisa ditangkap dengan bagus dan baik, serta mendapatkan pemancar yang lebih kuat, maka jenis antena yang bisa dipilih dan digunakan adalah antena dengan deret padat dan panjang.

5. Gunakan Booster

Selain memilih antena tv digital yang cocok untuk tv Anda yang sesuai dengan kualitas dan jenis yang yang digunakan, salah satu alat yang juga bisa menentukan hasil dari kualitas siaran televisi adalah booster. Gunakan booster agar bisa menangkap siaran televisi lebih baik.

Saat ini tv digital sudah banyak digunakan oleh masyarakat, pemerintah pun melalui berbagai media selalu mengingatkan agar masyarakat beralih menggunakan tv analog ke digital. Dan untuk mendukung penggunaan tv ini, masyarakat juga harus menggunakan antena khusus tv digital.

Kelebihan dan Kekurang TV Digital

Meskipun teknologi siaran ini menggunakan sistem digital, namun tetap saja sebagai medi elektronik memiliki kelebihan dan kekurangan. Namanya juga media, pasti ada plus-minusnya. Memang secara fungsi sangat membantu masyarakat dalam menonton berbagai banyak channel atau program siaran.

Namun jika dari segi penggunaan, masih banyak masyarakat yang belum bisa menggunakan tv ini dengan baik. Terlebih untuk mengatur program televisi yang mereka inginkan. Selain itu, meskipun dalam berbagai berita diinfokan kalau pemerintah memberikan set top box, namun untuk penggunaannya masih banyak yang belum paham.

Terlepas dari masalah cara menggunakan tv digital dan set top box tersebut, ternyata ada beberapa kelebih dan kekurangan dari tv digital ini. Untuk kelebihannya seperti yang sudah disebutkan pada awal kalimat pada artikel ini yaitu:

  • Kualitas gambar dan suara lebih jernih
  • Tersedia lebih banyak channel
  • Bebas dari gambar buram
  • Sinyal lebih stabil
  • Banyak fitur multimedia
  • Resolusi gambar HD bahkan Full HD
  • TV digital bisa menggunakan antena uhf biasa

Sedangkan untuk kekurangan dari televisi digital ini yaitu:

  • Harga mahal
  • Jangkauan belum merata
  • Banyak yang belum paham mengoperasikannya

Beberapa pertanyaan tentang TV Digital dibawah ini sering ditanyakan oleh masyarakat luas. Mereka cenderung masih agak ragu akan manfaat dan program siaran yang ditanyakan tv dengan sistem digital ini.

Apakah tv digital berbayar? Tidak. Jika Anda menggunakan televisi jenis ini tidak dipungut biaya sepeserpun. Kecuali untuk kebutuhan perangkat televisi. Tv jenis ini hampir sama penggunaannya dengan tv parabola namun untuk tv parabola masih berbayar untuk channel-channel lokal.

Apakah tv digital harus pakai antena? Untuk menangkap siaran televisi, tv ini tetap membutuhkan antena. Antena yang digunakan bisa menggunakan antena tv analog atau antena UHF. Namun jika ingin menangkap siaran televisi dengan kualitas baik, bisa menggunakan antena yang bagus.

Apakah tv digital perlu stb? Jika tv dirumah Anda sudah support dengan sistem digital, maka tidak perlu menggunakan stb atau set top box ini. Stb hanya digunakan untuk jenis tv analog yaitu tv tabung dan tv led model lama.

Tips memilih antena tv digital ini sebenarnya tidak lah terlalu rumit untuk dilakukan. Semua bisa meskipun masih baru dalam menggunakan tv digital. Semakin bagus antena yang digunakan, setidaknya bisa menangkap siaran digital dengan sangat baik dan tanpa gangguan.

Baca Juga Artikel Lainya:

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]