Skip to main content
Menu

Cara Memasang Embed Audio di Blogger atau WordPress Terbaru

Cara Memasang Embed Audio di Blogger atau WordPress Terbaru

Ternyata beberapa artikel yang saya temukan tentang cara memasang embed audio di Blogger hampir semuanya adalah artikel lama yang sudah tidak bisa.

Ternyata beberapa artikel yang saya temukan tentang cara memasang embed audio di Blogger hampir semuanya adalah artikel lama yang sudah tidak bisa. Didalam artikel yang saya baca tersebut, ada yang menggunakan script dan layanan pihak ketiga.

Padahal jika menggunakan kedua cara tersebut akan menambah beban loading blog, khususnya loading halaman artikel yang memuat file audio tersebut. Bayangin saja jika dalam satu halaman artikel membuat beberapa file audio, maka loading blog akan terganggu.

Cara Memasang Embed Audio di Blogger atau WordPress Terbaru

Dengan cara yang saya gunakan ini, setidaknya akan mengurangi beban hidup kalian yang selalu memikirkan masalah loading blog. Padahal kalau ditelusuri lagi mengenai masalah loading blog ini tidak hanya serta merta karena pengaruh script.

Tapi beberapa penyebab yang membuat loading blog adalah penggunaan media didalam blog itu sendiri. Misalnya penggunaan gambar, penggunaan widget blog yang berlebihan, dan yang jarang disadari adalah masalah sinyal internet.

Sinyal internet yang tidak stabil terkadang lebih berperan menjadi penyebab loading blog tidak cepat. Oleh karena itu alangkah baiknya jika mengecek semua komponen yang ada didalam blog anda seperti gambar yang digunakan, widget blog yang terpasang dan sinyal internet.

Memasang Embed Audio Tanpa Script

Untuk memasang audio kedalam halaman artikel atau dimana saja yang ada di blog, sebenarnya tidak perlu menggunakan script tertentu. Blogger sendiri sudah merespon dengan marka HTML untuk audio yang terpasang.

Sama halnya ketika memasang klip video Youtube kedalam artikel, langsung menggunakan kode embed yang sudah disediakan. Namun untuk pemasangan kode audio tidak perlu menggunakan kode embed namun kode HTML sederhana yang sudah support digunakan untuk Blogger.

Namun sebelum memasang audio ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan yang tidak tidak wajib dilakukan. Hehehee. Tau ah, hanya menambah-nambah panjang arikel saja kalau yang ini hihihii.

Untuk memasang audio di blog, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Cari dan simpan file musiknya dulu. Terserah musiknya apa, bukan urusan saya.
  2. Buka layanan Google Drive di https://drive.google.com/drive/my-drive. Terserah pake laptop atau ponsel.
  3. Kalau mau dibuatkan foldernya, buatin saja, dan beri nama foldernya dengan nama Musik.
  4. Upload file musik yang sudah tersedia kedalam folder Musik yang sudah dibuat.
  5. Selesai upload di Google Drive, pastikan link filenya bisa diakses oleh siapa saja.
  6. Lalu salin link file musiknya tersebut. Dan ganti dengan link seperti dibawah ini:
  7. Agar link file musik bisa digunakan didalam blog, gunakan kode berikut ini:
    <audio controls><source src="https://drive.google.com/uc?export=download&amp;id=1x1vYQlVcZUmN4Tqp_yYKwhPqrIkhu0nY" type="audio/mp3"></audio>
  8. Ganti kode: 1x1vYQlVcZUmN4Tqp_yYKwhPqrIkhu0nY dengan kode yang ada di link Google Drive anda.

Untuk memasang kode audio ini, pastikan menggunakan Tampilan HTML. Sehingga hasilnya seperti yang terlihat di halaman artikel lirik lagu 'Cinta Sampai Mati'

Mudah bukan untuk memasang audio atau musik MP3 kedalam blog di Blogger. Jadi anda tidak perlu lagi repot-repot menggunakan layanan pihak ketiga. Cukup menggunakan kode audio diatas dan menyimpan file MP3 secara gratis di Google Drive.

Kelebihan Menggunakan Kode Audio

Selain langsung bisa memasang kode play dari file audio MP3, dengan menggunakan kode ini juga bisa langsung digunakan untuk mendownload file audio MP3 yang menjadi satu dengan tombol play audionya.

00:00 / 03:50

Tombol download ada dibagian dalam tombol play yaitu dengan cara mengklik tanda 3 titik. Maka tombol download file MP3 akan muncul. Jika tidak diganti, pengguna seharusnya bisa langsung bisa mendowload dan tidak perlu diarahkan kemana-mana yang bikin ribet pengguna.

Itulah cara memasang embed play audio musik MP3 di blog yang bisa kalian gunakan. Untuk file musik, mugkin selain file MP3 juga bisa digunakan. Silahkan dicoba...

Baca Juga Artikel Lainya:

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]