--> Skip to main content
Menu

Cara Mengetahui Jumlah Trafik Blog dan Website

Cara Mengetahui Jumlah Trafik Blog dan Website

Blog tanpa adanya trafik sama seperti kuburan yang hanya dikunjungi setiap hari Kamis sore. Dan ketika mengetahui jumlah trafik blog yang datang

Cara Mengetahui Jumlah Trafik Blog dan Website

Trafik blog adalah salah satu tujuan utama pemilik blog. Blog tanpa adanya trafik sama seperti kuburan yang hanya dikunjungi setiap hari Kamis sore. Dan ketika mengetahui jumlah trafik blog yang datang ternyata tidak sesuai dengan keinginan pemilik blog tersebut, mungkin disaat itulah untuk melanjutkan mengurus blog itu menjadi sebuah dilema. 

Dilanjutkan hanya sekedar mengisi blog dengan artikel namun tidak ada yang membaca. Tidak dilanjutkan, blog yang dibuat sudah bertahun-tahun lamanya.

Miris memang, hal ini selalu saya rasakan ketika membuat blog, mengurusnya dan mengisinya dengan berbagai artikel namun trafik yang datang hanya 1 - 5 saja. Tentu hal ini membuat saya sedih. Apalagi sebagai seorang pemula yang tidak mengerti bagaimana cara mendatangkan pengunjung ke blog secara rutin dengan jumlah yang banyak.

Tentu bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan bagi seorang pemula seperti saya ini. Namun ambisi besar untuk membuat blog menjadi lebih baik lagi dan mengisinya dengan artikel-artikel yang bermanfaat terus saya coba untuk belajar. Belajar mendatangkan pembaca ke blog yang saya buat.

Terpenting selain belajar memperbaiki konten blog, tampilan, dan loading blog juga belajar pelan-pelan tentang SEO. Meskipun hanya sekedar mengerti tentang 3 huruf ini, S.E.O setidaknya paham sedikit-sedikit. Dengan belajar SEO inilah, bisa mulai mendatang pengunjung ke blog meskipun kunjungan yang datang masih naik turun.

Kok saya bisa tahu jumlah pengunjung blog saya?

Tentu saja saya tahu, apalagi blog yang saya gunakan adalah Blogspot yang di dasbor sudah disediakan tampilan statistik trafik yang menunjukkan jumlah kunjungan dan jumlah tampilan halaman blog secara keseluruhan. Anda pun juga bisa melihat kondisi trafik blog anda sendiri melalui statistik blog tersebut.

Memiliki blog yang harus dilakukan selain mengisi dengan artikel, pemilik harus mengetahui semua keadaan blognya itu sendiri, bahkan mengetahui keadaan blog orang lain yang memiliki topik artikel yang sama. Kenapa harus tahu? Agar apa yang menjadi tujuan dari memiliki blog itu tercapai dengan baik dan memuaskan.

Namun jika tujuan ngblog hanya sekedar mencurahkan hobby menulis saja tanpa adanya tujuan lain, maka itu bagian lain yang tidak perlu ada pembahasan lanjutan. Biarkan seperti apa adanya...

Bagaimana Cara Mengetahui Jumlah Trafik Blog?

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mengetahui jumlah pengunjung blog yang datang ke blog anda. Jika anda pengguna blogpsot, maka bisa langsung melihat statistik kunjungan secara langsung. Selain itu anda juga bisa mengetahuinya dengan menggunakan beberapa layan berikut ini:

1. Google Analytics

Trafik Blog Google Analytics

Google analytics adalah salah satu layanan google yang berfungsi untuk menampilkan statistik kunjungan sebuah blog atau website. Data statistik yang dihasilkan adalah data real atau sesuai dengan yang ada pada blog.

Selain digunakan untuk mengetahui jumlah trafik blog, google analytics juga digunakan untuk mengetahui keadaan sebuah blog atau website secara keseluruhan. Untuk menggunakan layanan ini, anda harus mendaftarkan blog atau website anda.

Baca Juga: Cara Mendaftarkan Blog ke Google Analytics

2. Alexa

Jumlah Trafik Blog Alexa

Banyak yang mengatakan kalau nilai rank blog atau website yang ditampilkan oleh Alexa bisa dimanipulasi dengan cara-cara tertentu. Namun saya tidak pernah saya tahu bagaimana cara melakukannya. Bahkan sampai blog ini berusia hampir 3 tahun, nilai rank alexa blog naik turun.

Jika ada yang bisa menggunakan cara manipulasi untuk meningkatkan rank tersebut, silahkan saja, itu hak masing-masing orang untuk melakukannya.

Namun yang pastinya, jika blog diurus dengan baik, maka peringkat blog di alexa juga akan semakin baik. Dengan kata lain jika nilai alexa semakin rendah maka semakin populer blog atau website tersebut. Kenapa? Karena meningkatnya nilai alexa mengindikasikan kalau blog tersebut memiliki trafik blog yang banyak setiap harinya.

Untuk mengetahui nilai ranking blog di alexa cukup menggunakan tautan ini https://www.alexa.com/siteinfo/digitalpoin.com Ganti digitalpoin.com dengan alamat website anda.

3. Histats

Trafik Blog Histats

Histats adalah salah satu layanan gratis yang bisa menampilkan statistik blog anda. Layanan ini bisa menampilkan secara real mengenai trafik blog. Dan belum 1 bulan ini, saya coba menggunakan layanan ini untuk mengetahui statistik blog saya.

Untuk menggunakan layanan ini, anda harus mendaftar dulu ke https://www.histats.com dan memasukkan blog anda.

4. Blogger Statistik

Jumlah Trafik  Blog

Mengalami penurunan dalam jumlah trafik setiap harinya itu memang wajar tapi jika terus terusan jumlah tarfik blog mengalami penurunan maka hal itu harus segera di cegah. Jika anda menggunakan platform Blogger atau Blogspot, anda bisa secara langsung melihat jumlah trafik ini.

Namun data statistik yang ditampilkan terkadang tidak real karena jika tidak diatur, kunjungan pemili blog itu sendiri juga di hitung oleh Blogger.

Baca Juga: Auto Visitor Blog: Meningkatkan Trafik Blog Dengan Cara Brutal

5. Visitors Detective

Cara Mengetahui Jumlah Trafik Blog

Layanan yang satu ini bisa digunakan secara gratis dan bisa menampilkan jumlah kunjungan blog setiap harinya. Statistik yang ditampilkan seperti gambar diatas, bukan statistik harian tapi total dari jumlah pengunjung blog yang datang. Tampilan realnya juga bisa dilihat pada menu Date range.

Untuk menggunakan layanan ini kunjung www.visitorsdetective.com

Dari kelima layanan tersebut, sebenarnya masih ada layanan yang lebih baik untuk cek trafik blog seperti Ahrefs dan SimilarWeb atau beberapa layanan lainnya yang bisa anda temukan di google. Saya memilih kelima daftar diatas karena layanan itu yang lebih mudah digunakan.

Jadi, selalu cek trafik blog anda setiap hari agar selalu bisa mengetahui perubahan yang terjadi. Jika semakin naik maka anda tidak perlu khawatir namun jika trafik semakin menurun maka harus segera melakukan tindakan yang perlu dilakukan. Jangan merasa down ketika pengunjung blog menurun atau tidak ada sama sekali, tetap lakukan yang terbaik untuk blog anda yaitu dengan cara belajar, belajar dan belajar.

Seperti yang saya sebutkan diatas, memiliki blog itu tidak hanya 3 - 6 bulan saja, bahkan untuk tahun pertama terkadang performa blog masih belum ada perubahan apa-apa. Barulah pada tahun kedua, perubahan dan perkembangan blog akan terasa.

Apalagi untuk saat ini, meningkatkan atau melakukan optimasi secara brutal pada blog atau website yang masih baru tidak bisa dilakukan seperti dulu lagi. Butuh cara-cara yang natural, pelan-pelan dan mengikuti algoritma google yang setiap waktu selalu berubah.

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]