--> Skip to main content
Menu

Blogger Memiliki Resiko Penyakit Akut, Hati-hati!

Blogger Memiliki Resiko Penyakit Akut

Seorang blogger atau yang bekerja secara online seperti internet marketing, youtuber, selebgram, dan sebagainya memiliki resiko penyakit akut yang bisa dideritanya. Resiko penyakit ini terjadi karena berhubungan dengan aktivitas ngblog atau internet yang mereka lakukan.

Meskipun belum ada penelitian yang membuktikan, namun dari beberapa tahun yang saya alami selama ngblog ini, ada perubahan yang berhubungan dengan kesehatan saya. Banyak sekali yang saya rasakan sejak awal-awal ngblog, namun setelah itu saya mencoba untuk merubah semuanya.

Saya merubah kebiasaan ngblog saya, mulai dari setiap hari selama berjam-jam didepan laptop tanpa melakukan apapun, kecuali duduk dan menulis. Saya lebih banyak memilih untuk beraktivitas lainya untuk beberapa menit. Misalkan berdiri dan berjalan, mengamati taman didepan dan samping rumah atau aktivitas lainnya yang sekiranya mengurangi aktivitas duduk dan tanpa berkedip didepan laptop.

Percaya atau tidak ternyata ngblog juga bisa mengganggu kesehatan secara serius jika tidak dicegah. Kenapa aktivitas blog bisa mempengaruhi kesehatan? Memang untuk jangka waktu pendek tidak akan terasa akibatnya, namun jika aktivitas ini dilakukan secara terus-menerus maka masalah besar akan anda alami.

Baca Juga: Penyakit Karena Aktivitas Blog yang Sering Dialami Blogger

ngBlog atau aktivitas yang berhubungan dengan blog untuk saat ini sepertinya mengalami penurunan peminat, sepertinya sudah banyak yang beralih ke konten video dari pada konten artikel. Mungkin jika dilihat dari pembuatannya mungkin konten video lebih cepat dan gampang dilakukan.

Padahal ngblog sendiri sebenarnya lebih memiliki waktu yang sedikit jika dengan bandingkan dengan layanan yang lainnya yang berfokus pada konten video, misalkan youtube.

Untuk membuat sebuah video yang benar-benar apik dan enak di tonton dan ditayangkan di youtube tidak hanya sekedar asal publish saja. Tapi juga memberikan manfaat dan hiburan bagi penontonnya. Ibaratnya sebuah film, tentu ada rasa penasaran, dan juga ada hiburan didalamnya.

Sekalipun video yang dibuat memiliki durasi yang panjang, buatlah seperti film sinetron, ada kalanya penonton merasa jenuh, penasaran dan terhibur. Atau paling tidak memberikan manfaat bagi yang melihatnya.

Dan tentunya untuk membuat video seperti itu tidak lah mudah, butuh skenario apik dengan alur cerita yang pas. Singkatnya, dengan alasan ini kenapa saya sangat bosan dengan channel-channel youtube yang hanya mengejar keuntungan semata tanpa mempedulikan isi videonya.

Berbeda dengan blog yang prioritas utamanya adalah artikel. Sekalipun blog yang saya kunjungi memiliki tampilan biasa saja namun artikelnya berisi sesuatu yang bermanfaat, saya lebih memilih untuk membaca semua artikel tersebut. Bahkan lebih jauh lagi membuka artikel-artikel yang lainnya.

Apakah membuat konten video lebih mudah daripada membuat konten artikel? Tentu saja sama-sama susahnya, khususnya dengan konten yang benar-benar memberikan manfaat.

Namun dibalik semua itu ternyata ada sisi negatif yang harus diterima oleh seorang blogger, khususnya seorang blogger yang benar-benar mengurus blog dengan mengisi artikel-artikel yang mereka tulis sendiri, dikarang sendiri dari hasil pikiran mereka. Bukan yang hanya daricopy paste belaka.

Sisi negatif atau efek samping yang harus didapat oleh seorang blogger adalah terganggunya kesehatan mereka. Dengan terganggunya kesehatan maka tubuh akan lebih mudah terserang penyakit. Dan dibawah ini adalah beberapa resiko penyakit akut yang diderita oleh seorang blogger:

1. Gangguan Mata

Terlalu lama menatap layar monitor akan menyebabkan mata terasa panas dan lelah. Jika kedua efek ini terjadi secara terus menerus maka akan menyebabkan masalah pada mata. Gangguan mata yang biasanya terjadi karena sering didepan komputer adalah rabun.

2. Pusing

Efek ini terjadi karena adanya radiasi yang terus-menerus yang mempengaruhi mata akibat dari radiasi layar monitor. Namun selain itu, pusing yang terjadi juga karena keadaan blog yang tidak berkembang dengan baik sehingga pemiliknya menjadi berpikir dan selalu memikirkan blognya ini.

Misalkan pengunjung blog tidak ada, blog tidak menghasilkan, artikel blog tidak terindeks oleh google, dan sebagainya yang membuat blog mati suri. Antara hidup dan tidak.

3. Nyeri Leher

Terlalu lama memandang layar monitor selain menyebabkan gangguan pada mata juga membuat leher menjadi kaku. Jika keadaan ini terus-menerus akan membuat leher menjadi sakit dan kaku.

4. Nyeri Punggung dan Pinggang

Terlalu lama duduk akan menyebabkan gangguan pada tulang belakang, bahkan bisa mengakibatkan adanya kelainan pada tulang punggung. Namun pertama kali yang dirasakan karena terlalu lama duduk adalah nyeri pada punggung dan pinggang.

6. Penyakit Jantung

Aliran darah yang tidak lancar karena posisi tubuh yang terlalu lama diam seperti duduk terlalu lama akan menyebabkan kinerja jantung jadi terganggu. Jika dibiarkan terlalu lama, anda akan merasakan rasa nyeri disekitar dada sebelah kiri.

Waspadalah, nyeri yang hilang timbul bisa terjadi karena adanya aliran darah ke jantung yang terganggu. Jika aliran darah terganggu suplai oksigen yang dibawa oleh darah menuju ke jantung menjadi tidak lancar. Akibatnya anda mudah terserang penyakit jantung.

7. Gangguan Tidur

Banyak blogger yang selalu begadang hanya untuk mengurus blognya. Mulai dari membuat artikel, melakukan edit kode, dan sebagainya. Jika anda terlalu sering tidur malam bahkan sampai dini hari, maka kualitas tidur anda menjadi tidak sehat.

8. Stress

Stresnya seorang blogger tidak hanya karena 1 faktor saja, tapi banyak faktor yang menjadi pemicu terjadinya stress. Apa saja? Blog tidak ada yang mengunjungi, tidak ada penghasilan dari blog, tampilan blog membosankan, tidak menemukan ide untuk membuat artikel dan sebagainya.

9. Gangguan Nutrisi dan Cairan

Tanpa disadari masih banyak blogger yang tidak menyediakan minuman atau camilan sebagai teman ngblog. Padahal kedua zat ini sangat direkomendasikan jika anda terlalu lama berada didepan laptop dan terlalu lama duduk.

Bahkan sampai selesai ngblog pun terkadang masih lupa untuk makan dan minum, padahal saat didepan laptop rasa haus sudah terasa namun dibiarkan begitu saja. Jika lama kelamaan, maka tubuh akan kekurangan cairan dan nutrisi.

Percaya tidak kalau semua penyakit itu bisa diderita oleh seorang blogger? Tidak semuanya sih, 1 dari daftar penyakit diatas pasti pernah dialami oleh seorang blogger bahkan seorang internet marketing pun merasakan sakit yang sama.

Oleh karena itu agar tidak menderita penyakit akut, alangkah baiknya untuk merubah pola ngeblog mulai sekarang sebelum terlambat. Jika sebelumnya ngeblog secara membabi buta tanpa kenal waktu bahkan melupakan istri dan anak padahal alasan ngblog adalah untuk memenuhi kebutuhan istri dan anak, eh malah mereka dilupakan.

Apalagi ada yang sampai tengah malam, malam dijadikan siang dan siang dijadikan malam. Lembur total hanya untuk mengais receh di internet. Yaps, masa-masa itu pernah saya alami, apalagi kalau sudah libur kerja, benar-benar "melupakan" keluarga. Berdiam diri di kamar, didepan laptop, duduk berjam-jam entah apa yang dilakukan.

iya, terkadang duduk berjam-jam membuka laptop ternyata tidak ada yang dikerjakan. Mau menulis artikel tiba-tiba hilang, akhirnya ngedit-ngedit kode template blog, mau membuat konten video tiba-tiba males akhirnya hanya nonton videonya orang lain.

Dan tak terasa 6 jam berlalu atau waktu sudah dini hari menunjukkan pukul 02:00 dan tidak ada hasil yang didapat. Artikel tidak ada, video tidak dibuat, mau prospek member juga males dan membiarkan mereka menunggu jawaban dari pertanyaan yang mereka ajukan. Hehehe

Kalau sudah seperti itu, 9 daftar penyakit diatas bakalan menghampiri anda jika tidak segera mengatasinya. Bagaimana caranya? Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, ubah pola ngblog menjadi lebih baik dan tetap memberikan untung untuk diri sendiri dan memberikan manfaat bagi orang lain

Berikut beberapa cara menghindari resiko penyakit akut yang bisa menimpa anda:

Gunakan Waktu Sebaik Mungkin

Tidak perlu terlalu lama-lama berada didepan laptop, lebih baik gunakan waktu yang tepat untuk mengurus blog. Misalkan untuk membuat artikel, carilah idenya terlebih dulu lalu segera tulis. Kalau bisa jangan ngblog di malam hari apalagi sampai larut malam.

Istirahat Sejenak

Membuat artikel atau melakukan edit tampilan blog membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jika waktu yang digunakan terlalu, aturlah sebaik mungkin. Gunakan waktu untuk istirahat dan bekerja. Istirahat selama 15 menit sangat berharga daripada harus bekerja selama 3 jam tanpa istirahat.

Lakukan Gerakan Sederhana

Selama duduk lama saat ngblog, sempatkan untuk melakukan gerakan sederhana atau peregangan otot. Hal ini sangat bagus untuk mengembalikan otot yang kaku dan melancarkan peredaran darah.

Sediakan Makanan dan Minuman

Jangan lupa untuk menyediakan minuman atau camilan ringan. Jika tidak ada camilan, pastikan selalu ada air putih menemani anda ngblog. Jika ada susu juga sangat bagus, air putih dan susu.

Olahraga

Jangan lupa untuk olahraga ringan setiap harinya. Misalkan lari-lari kecil atau menyiram tanaman di depan rumah. Hal ini sangat bagus untuk memulihkan otak yang penat dan kembali segar.

Dengan melakukan aktivitas diatas, kesehatan tubuh selalu terjaga dengan baik dan membantu mengurangi resiko penyakit akut. Menjadi seorang blogger itu butuh perjuangan ekstra, selain harus berpikir untuk mencari ide dalam menulis, stamina harus dijaga agar ngblog tetap lancar dan rutin update.

Jika sudah rutin update, maka tujuan ngblog perlahan dan pasti akan terwujud sesuai dengan keinginan. Bahkan mungkin sesuatu yang tidak terduga bisa menjadi keuntungan yang lain yang datang untuk anda.

Roni
Penulis:
Roni
Tebarkan kebaikan walau hanya sedikit setidaknya itu berman…

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]