--> Skip to main content
Menu

Cara Mengetahui Artikel Sudah Terindex Google

Cara Mengetahui Artikel Sudah Terindex Google

Pertanyaan yang muncul setelah membuat dan menerbitkan artikel blog adalah bagaimana cara mengetahui artikel sudah terindex google?

Cara Mengetahui Artikel Sudah Terindex Google

Pertanyaan yang muncul setelah membuat dan menerbitkan artikel blog adalah bagaimana cara mengetahui artikel sudah terindex google? Mungkin pertanyaan ini terbilang sederhana namun juga berakibat fatal untuk perkembangan blog. Karena berkembangnya sebuah blog adalah dari terindexnya setiap artikel yang ada.

Jika semua artikel sudah terindex, maka blog akan mudah berkembang. Namun begitu sebaliknya, jika tidak ada artikel yang terindek oleh google, jangan harap blog tersebut berkembang dengan baik. Oleh karena itu, setiap menulis artikel, pastikan untuk melakukan pengecekan apakah artikel sudah di index oleh google atau tidak.

Di indeks atau terindeks disini maksudnya adalah artikel blog sudah masuk di halaman pencarian google. Dengan menggunakan beberapa cara seperti menuliskan judul artikel, menggunakan kata kunci atau menggunakan link dari postingan, artikel sudah muncul di halaman pencarian google.

Baca Juga: Cara Membuat Judul Artikel Blog yang SEO Friendly

Menulis dan membuat artikel blog memang mudah, namun ketika tulisan itu sudah selesai, tentunya anda akan bertanya-tanya, apakah tulisan saya ini ada yang membacanya atau tidak. Bagaimana jika tulisan yang saya buat tidak ada yang membaca?

Pertanyaan sederhana ini terkadang membuat anda menjadi bingung. Percuma dong artikel yang saya tulis beberapa jam lamanya ternyata tidak ada yang membaca. Atau jangan-jangan blog saya ini tidak yang mengunjungi? Jangan-jangan hanya saya saja yang selama ini melihat-lihat blog saya sendiri.

Tenang tidak perlu risau, untuk membuat artikel blog dibaca oleh banyak orang saat ini caranya sangat gampang sekali. Selama masih ada facebook dan whatsapp, artikel blog anda pasti akan dibaca oleh orang lain. Share saja link artikel blog anda di facebook dan buat status menggunakan link artikel blog tersebut.

Hasilnya bisa anda lihat sendiri. Namun perlu diperhatikan juga ketika anda meng-share artikel tersebut, gunakan kalimat pembuka yang sekiranya membuat orang lain penasaran ingin membuka link dan membaca artikelnya. Untuk membuat orang lain berkunjung ke blog anda, masih banyak cara yang bisa dilakukan. Namun masalah utamanya adalah, apakah artikel yang dibuat dan sudah dibaca oleh orang lain itu sudah terindex google?

Bagaimana Cara Cek Artikel Sudah Terindex Google?

Untuk mengetahui apakah artikel yang sudah ditulis sudah terindeks di halaman pencarian google atau belum, caranya sangat mudah sekali dan bisa dilakukan secara gratis. Ada 4 langkah yang bisa anda lakukan untuk mengecek terindeksnya atau tidak tulisan yang sudah adan buat yaitu:

1. Menggunakan Kata Kunci (Keyword)

Gunakan kata kunci untuk melakukan pengecekan apakah artikel sudah terindeks atau belum. Dan harap diperhatikan juga penggunaan kata kunci atau keywords untuk mengecek artikel terindeks atau belum tergantung dari tingkat persaingan kata kunci yang digunakan.

Jika kata kunci banyak yang digunakan dan ternyata tidak memunculkan artikel blog anda, jangan pesimis dulu, tetap lakukan cara-cara natural untuk meningkatkan peringkat blog anda di google.

2. Menuliskan Judul Artikel

Cara termudah untuk melakukan pengecekan terindeksnya artikel adalah dengan memasukkan judul artikel kedalam kolom pencarian google. Jika muncul, maka artikel sudah terindeks.

3. Menuliskan URL Artikel

Caranya hampir sama dengan menggunakan judul artikel, masukkan link artikel kedalam kolom pencarian google dan cek. Jika muncul berarti artikel sudah ada di halaman google.

4. Menggunakan Kombinasi Kata Kunci dan Judul Artikel atau Nama Blog

Caranya seperti ini, misalkan kata kunci atau keywords yang digunakan adalah "cara menanam bawang di polybag" (tanpa tanda petik) dan diikuti dengan link blog. Contohnya: cara menanam bawang di polybag alamatbloganda.com dan masukkan kekolom pencarian google lalu cek. Jika muncul berarti artikel blog anda sudah terindeks.

5. Melalui Google Search Console

Untuk menggunakan GSC ini, lakukan pendaftaran blog anda terlebih dulu, jika tidak mendaftaran maka anda tidak bisa menggunakan layanan yang satu ini. Setelah melakukan pendaftaran, barulah anda bisa melakukan cek indeks dan melakukan submit link artikel blog anda.

Tanda jika artikel sudah terindeks adalah ada centang warna hijau pada pemberitahuan di halaman google search console tersebut. Jika belum berwaran hijau atau masih abu-abu, berarti belum terindeks.

Baca Juga: Cara Mendaftarkan Blog Baru Ke Google Search Console

Jika dengan ke 5 cara diatas sudah dilakukan dan ternyata artikel masih belum muncul juga di halaman google, maka ada yang salah dengan blog anda. Kemungkinan meta tag yang digunakan pada blog anda kurang baik, coba lah untuk melakukan pengecekan data struktur blog anda. Atau gunakan meta tag seo friendly yang sudah saya buatkan di blog ini.

Jika dengan ke 5 cara diatas artikel blog sudah terindeks namun berada di halaman kesekian di halama google, bersyukurlah karena paling tidak artikel sudah terindex dengan baik oleh google. Jika artikel ingin berada di halaman pertama google, maka anda harus melakukan ektra lebih pada artikel yang dibuat. Misalkan membuat artikel secara seo friendly untuk memperkuat seo onpagenya terlebih dulu.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Artikel Blog yang SEO Friendly

Untuk membuat artikel langsung berada di halaman pertama google, selain memperkuat seo onpage pada artikel tersebut, anda juga harus mengetahui seberapa banyak persaingan kata kunci atau keywords yang digunakan pada topik yang anda bahas dalam artikel tersebut. Jika persaingan keywords yang digunakan tidak banyak, bisa jadi artikel tersebut langsung berada di halaman pertama google.

Dan artikel ini setelah saya publish sudah berada di halaman google seperti screenshoot yang saya tampilkan dibawah ini. Sekitar kurang dari 7 menit artikel sudah terindeks.

Cara Cek Artikel Terindex Google

Itulah cara mengetahui artikel sudah terindex google atau belum, dengan mengetahui cara seperti itu maka ada perlakukan khusus yang akan dilakukan pada artikel yang sudah ada buat seperti yang sudah saya jelaskan diatas. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]