Skip to main content
➜ Cooming Soon.. Hosting Murah Berkualitas!

Cara Membuat Judul Artikel Blog yang SEO Friendly

Cara Membuat Judul Artikel Blog yang SEO Friendly
Cara Membuat Judul Artikel Blog yang SEO Friendly - Didalam artikel ini, kami akan membahas 2 topik sekaligus yaitu Judul dan Artikel Blog dalam satu kategori yaitu SEO. Meski dari judul artikel seperti memiliki satu topik bahasan yaitu Judul Artikel Blog, namun ada 2 yang harus dibahas karena pada judul artikel ini jika dipecah akan menjadi 2 judul yaitu: Membuat Judul Blog yang SEO Friendly dan Membuat Artikel Blog yang SEO Friendly. Daripada harus memisahkan menjadi 2 artikel, lebih baik kami jadikan satu saja.

Baca Juga Cara Optimasi Gambar Artikel Agar SEO Friendly

Dalam membuat artikel, ada 2 cara yang dilakukan oleh seorang blogger dalam menulis artikel blognya yaitu yang pertama dengan cara yang biasa saja tanpa memperhatikan apapun, tanpa memperhatikan faktor SEO pada artikel yang ditulis tersebut. Dan yang kedua adalah menulis artikel dengan memperhatikan faktor SEO, mulai dari judul artikel sampai seluruh konten pada artikel menggunakan tehnik SEO yang baik.

Cara Membuat Judul Artikel Blog yang SEO Friendly
Sebelum membuat artikel yang benar-benar baik, bukan hanya baik untuk bot SEO search engine tapi sangat baik untuk para pembaca, ada beberapa pertanyaan yang harus kita pahami terlebih dulu tentang artikel blog ini yaitu:
  1. Bagaimana cara membuat judul artikel yang SEO Friendly?
  2. Apa itu artikel blog yang SEO Friendly?
  3. Bagaimana cara membuat artikel blog yang SEO Friendly?
  4. Apakah semua artikel harus menggunakan tehnik SEO?
  5. Perhatikan juga deskripsi blog!
  6. Haruskah memasang gambar kedalam artikel?
  7. Apakah konten video juga harus menjadi konten penting dalam artikel?
  8. Haruskah memasang link artikel sendiri didalam konten?
  9. Berapa Label atau tags yang harus digunakan?
Membuat atau menulis artikel memang susah-susah gampang, bahkan sampai saat ini kami sendiri masih banyak mengalami kesalahan atau kekeliruan, apalagi jika harus membuat artikel blog yang berisi nilai-nilai SEO, jujur kami masih terlalu pemula untuk urusan ini meskipun dalam artikel ini kami membahasnya bukan berarti kami sudah sangat expert atau jago SEO. Tidak, kami masih belajar dan setiap apa yang kami pelajari kami terapkan, kami praktekan dan kami sharing.

Cara Membuat Judul Artikel Blog yang SEO Friendly

Pada pembahasan ini kami tidak akan menjelaskan secara detail tapi hanya membahas dan langsung memberikan jawaban dari 8 poin pertanyaan yang telah kami sebutkan diatas:

Bagaimana cara membuat judul artikel yang SEO Friendly?
Untuk membuat judul yang baik atau seo friendly, buat judul yang mentargetkan kata kunci atau keyword utama dari topik yang akan dibahas dalam artikel blog. Misalkan target kata kuncinya adalah kanopi galvalum, maka bisa dibuat judul: Kanopi Galvalum Kualitas Terbaik Dengan Harga Terjangkau

Sedangkan untuk penulisan ada 3 cara yaitu:
  1. Keyword utama didepan judul: Kanopi Galvalum Kualitas Terbaik Dengan Harga Terjangkau
  2. Keyword utama ditengah judul: Harga Kanopi Galvalum Kualitas Terbaik Dengan Berbagai Tipe
  3. Keyword utama dibelakang judul: Harga Murah Dan Kualitas Terbaik Kanopi Galvalum
Dari ketiga judul diatas, mana yang lebih baik? Kami tidak merekomendasikan mana yang baik atau yang tidak, semuanya baik. Karena masing-masing orang, masing-masing blogger memiliki selera yang berbeda dalam membuat sesuatu, termasuk judul artikel. Membuat judul artikel yang baku dan sesuai SEO itu banyak yang mengatakan target keyword utama harus ada didepan judul, namun tidak bisa dipungkiri jika keyword utama yang ada ditengah artikel lebih baik karena skor seo pada artikel lebih baik.

Apakah cukup menuliskan kata kunci didepan, ditengah, atau dibelakang judul? Ada opsi lagi yang harus dilakukan yaitu duplikat judul. Apakah judul yang dibuat sudah benar-benar unik dan tidak ada yang menggunakan judul tersebut di blog atau web orang lain? Jika judul yang dibuat sudah digunakan oleh orang lain, maka dari segi judul saja sudah ada persaingan di search engine. Jadi buatlah judul yang benar-benar unik dan beda dengan blog yang lainnya.

Untuk itu, jika ada konten viral dengan judul yang sama. Jangan gunakan yang sama dengan blog atau web yang sudah menggunakan judul tersebut. Buatlah seunik mungkin.

Bagaimana cara mengetahui judul artikel unik dan berbeda dengan yang lainnya? Sebelum artikel diterbitkan, Cek langsung judul artikel yang telah dibuat di kolom search engine. Jika ada yang sama, ganti. Jika tidak ada yang sama, gunakan.

Apa itu artikel blog yang SEO Friendly?
Artikel yang dibuat dengan ide sendiri atau dari pemikiran sendiri bukan artikel yang berasal dari blog orang lain dengan cara melakukan copy paste. Banyak artikel yang dibuat menurut berbagai sumber yang kami dapatkan yaitu terdiri dari 500 - 1000 kata. 1000 kata sudah lebih dari cukup dan sudah membuat pembaca letih membaca artikel, jadi jangan panjang-panjang. Karena artikel yang dibuat bukan hanya untuk search engine (bot) tapi untuk manusia (human).

Bagaimana cara membuat artikel blog yang SEO Friendly?
Untuk membuat artikel yang seo friendly, perhatikan kata kunci atau keyword yang digunakan. Ingat kata kunci yang digunakan sudah ada pada Judul Artikel, jadi gunakan juga kata kunci ini kedalam artikel.

Cara menggunakan keyword utama kedalam artikel memang gampang-gampang susah karena terlalu berlebihan dalam menggunakan kata kunci yang digunakan akan membuat artikel memiliki skor yang buruk dan ujung-ujungnya malah tidak terindeks atau malah kena pinalti sama Google!

Untuk menggunakan keyword utama kedalam artikel yang kami ketahui adalah menyebar kata kunci di beberapa paragrap yaitu:
  1. Paragrap pertama atau diawal artikel.
  2. Sub judul (Heading) setelah paragrap pertama atau ditengah artikel.
  3. Ditengah artikel.
  4. Diakhir artikel atau peragrap terakhir.
Contohnya:

Judul Artikel: Kanopi Galvalum Kualitas Terbaik Dengan Harga Terjangkau
Isi Artikel:
Kanopi galvalum is lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Morbi ac dictum purus. ... Morbi consectetur nulla eros, a pretium lorem porta a. Curabitur vel enim nunc kanopi galvalum consectetur adipiscing elit

<h2>Kanopi Galvalum Kualitas Terbaik Dengan Harga Terjangkau</h2>
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Morbi ac dictum purus. ... Morbi consectetur nulla eros, a pretium lorem porta a. Curabitur vel enim nunc kanopi galvalum consectetur adipiscing elit

lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Morbi ac dictum purus. ... Morbi consectetur nulla eros, a pretium lorem porta a. Curabitur vel enim nunc morbi consectetur nulla eros consectetur adipiscing elit

Heading <h2> merupakan sub judul yang harus ada didalam artikel, bisa diganti dengan <h3> jika Judul Artikel Blog menggunakan heading <h2>. Tergantung dari komposisi struktur html blog Anda, yang terpenting tidak boleh ada Heading <h1> lebih dari satu atau Heading <h2> jika judul blog sudah menggunakan Heading <h1> di semua halaman blog.

Apakah semua artikel harus menggunakan tehnik SEO?
Tidak, bahkan Anda boleh membuat artikel diluar topik blog yang dibahas. Misalkan blog ini, topik utamanya adalah Tutorial Blog. Namun kami bisa mengisinya dengan artikel lainnya. Bahkan cara ini akan menambah keunikan pada konten blog. Namun jangan berlebihan dan tetap fokus pada konten utama.

Perhatikan juga deskripsi blog!
Faktor penting yang bisa membuat artikel blog cepat terindeks karena deskripsi yang dibuat. Deskripsi dari artikel ini yang akan muncul di halaman search engine sebagai penjelasan dari konten yang tersedia. Bagaimana cara membuat deskripsi yang baik? Tetap menyertakan keyword utama didalamnya.

Deskripsi bisa dibuat sendiri atau mengambil dari paragrap pertama artikel. Kami selalu mengambil dari paragrap pertama dari artikel-artikel yang dibuat untuk dijadikan deskripsi. Apakah bisa ditulis berbeda? Bisa banget. Namun untuk hasil index semuanya tergantung dari bot google, terkadang deskripsi yang tampil di halaman pencarian tidak sesuai dengan yang dibuat.

Haruskah memasang gambar kedalam artikel?
Harus, keunikan dari sebuah artikel juga terletak pada gambar artikel. Buat gambar yang berbeda dengan blog-blog yang lainnya agar terhindar dari hak cipta (copyright). Agar gambar menjadi seo friendly, pasang tag ALT atau Title.

Baca Cara Membuat Artikel Blog, Memasang Gambar dan Video

Apakah konten video juga harus menjadi konten penting dalam artikel?
Boleh iya boleh tidak. Jika konten video sesuai dengan isi artikel, silahkan digunakan dan yang terpenting pemasangan script video didalam artikel tidak mengganggu proses loading blog. Karena faktor loading yang lambat akan berpengaruh pada skor seo.

Haruskah memasang link artikel sendiri didalam konten?
Boleh untuk memperkuat skor seo artikel. Pasang link pada keyword utama sebagai targetnya atau anchor text. Bisa di awal paragrap atau akhir paragrap.

Susah-susah gampang memang cara membuat judul artikel blog yang seo friendly namun dari beberapa cara diatas, sudah cukup memberikan hasil yang baik untuk artikel yang baru dibuat agar bisa cepat terindeks di halaman pencarian dan bisa bertahan di halaman pertama Google. Semoga bermanfaat.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.