Skip to main content
Kelas Online: Belajar Website!

Artikel Spinner: Kapan Harus Digunakan & Benarkah Bisa Membuat Artikel Unik?

Artikel Spinner: Kapan Harus Digunakan & Benarkah Bisa Membuat Artikel Unik?
Artikel Spinner: Kapan Harus Digunakan & Benarkah Bisa Membuat Artikel Unik? Baca cara dalam membuat artikel yang baik dan tidak perlu menggunakan cara-cara yang salah, salah satu cara yang salah adalah tentunya mengambil artikel orang lain dengan cara copy paste dan cara yang kedua adalah menggunakan aplikasi pengacak artikel yaitu artikel spinner. Apakah menggunakan artikel spinner salah?

Artikel Spinner Kapan Harus Digunakan & Benarkah Bisa Membuat Artikel Unik
Sebelum menyalahkan sesuatu, lebih baik cari tahu proses dari hasil yang telah dibuat atau yang telah didapatkan. Atau paling tidak mengetahui dulu pengertian dan fungsinya terlebih dulu. Begitu juga dengan artikel spinner, apa itu artikel spinner? Apa fungsinya? Benarkah bisa berfungsi sesuai dengan fungsinya yaitu membuat artikel unik?

Apa itu Artikel Spinner?
Artikel spinner itu adalah alat yang digunakan untuk mengacak atau merubah teks (kata) tertentu. Sedangkan untuk tindakan dalam melakukan rubahan atau merubah artikel yang sudah ada disebut artikel spinning. Sedangkan hasil dari rubahan artikel secara keseluruhan tersebut adalah spun article.

Dari sedikit penjelasan diatas, orang-orang lebih mengenal artikel spinner daripada istilah lainnya karena yang digunakan adalah alatnya, toolnya, aplikasinya yaitu spinner yang bisa merubah kata per kata (spintax) dalam artikel yang sudah ada. Perubahan spintax ini adalah mencari dan menggunakan persamaan kata yang sudah di program dalam aplikasi spinner tersebut.

Jadi, artikel spinner adalah aplikasi yang digunakan untuk merubah kata per kata dalam sebuah kalimat, dalam artikel, atau dalam paragrap yang sudah ada menjadi kalimat yang baru dengan menyesuaikan persamaan dari frase kata yang sudah ditentukan didalam aplikasi spinner.

Cara Kerja Artikel Spinner
Seperti yang telah dijelaskan diatas, aplikasi ini bisa merubah banyak artikel yang sudah ada menjadi artikel baru, yang bisa menjadi artikel unik atau tidak tergantung dari penggunaan frase kata dalam spintax. Namun sayangnya semakin banyak artikel baru yang dihasilkan, semakin kacau hasil artikel yang didapat, bahkan sampai menggunakan kata-kata atau kalimat yang tidak baku dan bahkan mencampurkan kata asing atau bahasa lain didalamnya.

Contoh Cara Kerja Artikel Spinner
Artikel Asli:
Suatu hari Si Kancil, binatang yang katanya cerdik itu, sedang berjalan-jalan di pinggir hutan. Dia hanya ingin mencari udara segar dan melihat matahari yang cerah bersinar. Di dalam hutan terlalu gelap karena pohon-pohon sangat lebat

Artikel Dengan Spintax:
Suatu hari Si Kancil, {binatang|hewan} yang katanya {cerdik|jenius|brilian} itu, sedang berjalan-jalan di pinggir hutan. {Dia|Ia} {cuma|hanya} {berharap|ingin|mau|berkeinginan} mencari udara segar dan {melihat|memperhatikan|mengamati|memandang} {matahari|sang surya} yang {cemerlang|cerah} {bercahaya|bersinar}. Di dalam hutan terlalu gelap {sebab|karena} pohon-pohon {sangat|amat|benar-benar|sungguh-sungguh|betul-betul} lebat

Hasil Artikel Spinner:
Suatu hari Si Kancil, hewan yang katanya jenius itu, sedang berjalan-jalan di pinggir hutan. Ia hanya berharap mencari udara segar dan memperhatikan sang surya yang cerah bersinar. Di dalam hutan terlalu gelap sebab pohon-pohon sangat lebat

Dari contoh diatas, kita semua pasti memiliki pemikiran yang hampir sama yaitu ternyata menggunakan artikel spinner memudahkan kita dalam membuat artikel baru. Benar begitu? Awalnya kami memiliki pemikiran seperti itu namun kami rubah, ternyata artikel spinner bisa merubah artikel baru. Bukan membuat, kalau mmebuat proses dari awal dengan cara mengetik atau menulis sendiri dan dari hasil pemikiran sendiri. Sedangkan artikel spinner merubah artikel yang sudah ada menjadi artikel baru.

Dari proses yang dihasilkan oleh aplikasi artikel spinner ini, apakah penggunaan aplikasi ini salah?

Kami tidak mau membuat kesimpulan salah atau benar karena dibeberapa blog yang kami gunakan untuk optimasi backlink, kami menggunakan spinner, baik itu yang dalam bentuk plugin ataupun dalam bentuk aplikasi. Namun karena proses awalnya adalah mengambil artikel yang sudah ada, jadi penggunaan artikel spinner ini termasuk salah.

Kecuali kalau aplikasi ini memang benar-benar membuat artikel utama sendiri dari awal dan merubah artikel utama tersebut menjadi artikel baru. Apakah bisa? Sampai saat ini belum ada aplikasi yang bisa membuat artikel sendiri.

Kapan Artikel Spinner Digunakan?
Jika memiliki 1 blog utama dan lebih dari 3 blog pendukung. Karena sebenarnya spinner hanya bisa digunakan untuk 1 blog utama dengan topik utama. Ingat, spinner bukan membuat kalimat (artikel) tapi merubah setiap kata dalam setiap kalimat. Meski hasilnya terlihat unik, namun makna isi yang terkandung dalam artikel yang telah dirubah tersebut memiliki arti yang sama dengan artikel utama.

Apakah iya kita membuat 10 blog dengan 1 topik? yang isi artikelnya sama semua? Tidak kan? Lebih baik buat 1 blog utama dengan artikel asli buatan sendiri dan dari hasil pemikiran sendiri sedangkan 9 blog pendukung bisa diisi dengan artikel spinner yang artikel aslinya diambil dari blog orang lain.

Begitu juga jika memiliki blog utama lebih dari 5, apakah semua blog tersebut harus diisi dengan artikel hasil spinner? Bosan dong... 5 blog utama semua topiknya tentang gadget dan artikelnya dari spinner :(

Apalagi hasil dari sebuah aplikasi atau plugin spinner tidak benar-benar enak dibaca, masih ada kejanggalan dari setiap kata yang telah di spin tersebut. Memang terlihat real namun jika dibaca lebih teliti lagi, hasilnya masih kurang. Yaa namanya merubah bukan membuat, berbeda jika membuat artikel dari awal.

Artikel spinner hanya digunakan untuk mempercepat proses pembuatan artikel yang digunakan untuk banyak blog.

Apakah Artikel Spinner Bisa Membuat Artikel Unik?
Bisa dan sangat bisa. Apalagi saat ini sudah banyak yang menyediakan layanan artikel spinner yang bisa didapat secara gratis atau pun berbayar.

Baca Juga Cara Membuat Artikel Blog Unik Untuk Update Blog Terbaru

Dimana Mendapatkan Artikel Spinner?
Silahkan gunakan bantuan Google dan ketikkan "artikel spinner" atau "artikel spinner indonesia" atau menggunakan bahasa artikel yang akan di spin. Banyak sekali yang sudah menyediakan, gratis dan berbayar. Dalam bentuk plugin atau pun software atau aplikasi.

Itulah sekilas tentang artikel spinner yang kami ketahui, silahkan gunakan aplikasi atau plugin ini sebijak mungkin atau jangan gunakan jika prosesnya ternyata merugikan pihak lain karena mengambil konten yang telah mereka buat. Heheee
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.