Cara Mendaftarkan Blog Baru Ke Google Search Console

Cara Mendaftarkan Blog Baru Ke Google Search Console

Cara Mendaftarkan Blog Baru Ke Google Search Console - Pada artikel sebelumnya, kami sudah menjelaskan tentang cara mendaftarkan blog ke Google Search Console melalui Google Webmaster Tools, karena adanya perubahan yang akan dilakukan oleh Google, maka kami akan menjelaskan ulang cara mendaftar ke Google Search Console ini mulai dari awal. Sedangkan untuk artikel sebelumnya kami hanya menjelaskan secara ringkas saja, sehingga kemungkinan banyak yang agak bingung dengan penjelasan tersebut.

Cara Mendaftarkan Blog Baru Ke Google Search Console
Google Search Console (GSC) merupakan pengganti dari Google Webmaster Tools (GWT) yang saat ini sudah bisa digunakan, termasuk memverifikasi pendaftaran blog baru. Namun masih ada beberapa fitur yang ada di GWT yang belum ada di GSC. Meksipun begitu, kehadiran GSC ini sebagai penyempurnaan dari GWT yang sudah bertahun-tahun digunakan oleh semua blogger.

Beberapa fitur yang belaum ada di Google Search Console yaitu Data Statistik Crawling, Penguji robots.txt, Mengelola parameter URL di Google Penelusuran, Penargetan internasional, Fitur data highlighter, Penyempurnaan HTML, Membaca dan mengelola pesan, Fitur ganti alamat, Menyetel domain pilihan, Mengatribusikan properti Search Console dengan properti Analytics, Menolak link, Menghapus konten usang dari indeks, Kumpulan properti, Laporan resource yang diblokir, dan Laporan data terstruktur.

Meskipun fitur-fitur tersebut belum ada di Search Console namun fitur-fitur tersebut masih bisa digunakan di Google Webmaster Tools. Dengan adanya Google Search Console ini tidak serta merta penggunaan fitur bebas digunakan secara berulang-ulang. Misalkan melakukan submit URL atau Inspeksi URL atau Fetch as Google. Jika Anda sudah menggunakan fitur di Google Webmaster Tools maka fitur yang sama yang ada di Google Search Console tidak perlu digunakan lagi, jadi cukup satu layanan dengan fitur yang sama saja yang digunakan.

Cara Mendaftarkan Blog Baru Ke Google Search Console
Jika blog Anda masih baru, segeralah untuk mendaftarkan blog tersebut ke Google Search Console dan tidak perlu menunggu artikel-artikel yang akan di update. Dengan mendaftarkan blog ke GSC ini akan memudahkan dan mempercepat search engine meng-index keberadaan blog yang masih baru. Semakin cepat blog terindeks, semakin bagus untuk blog itu sendiri. Bagaimana cara mendaftarkan blog ke google search console? Berikut caranya:
  1. Buka link https://search.google.com/search-console/welcome
  2. Pilih kolom yang Awalan URL dan masukkan alamat blog dan klik tombol Terus
    Cara Daftar Google Search Console
    Cara Daftar Google Search Console
  3. Karena blog yang baru saja ditambahkan belum di verifikasi, silahkan Buka Properti
    Cara Daftar Google Search Console
  4. Selanjutnya akan tampil halaman seperti gambar dibawah ini yaitu halaman menuju ke Properti Domain baru yang akan Anda buat. Klik tombol Mulai
    Cara Daftar Google Search Console
  5. Anda akan diarahkan ke halaman utama Google Search Console untuk domain blog baru Anda. Halaman ini masih kosong dan di halaman ini semua data statistik blog Anda akan ditampilkan. Agar statistik blog bisa tampil, maka Anda harus melakukan verifikasi. Verifikasi otomatis sebenarnya sudah dilakukan oleh Blogger, namun Anda harus menambahkan verifikasi manual yaitu dengan menambahkan Tag HTML kedalam kode template blog Anda.
  6. Untuk melakukan verifikasi, pilih menu Setelan >> Klik Verifikasi Kepemilikan
    Cara Daftar Google Search Console
  7. Setelah mengklik Verifikasi Kepemilikan akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, pilih dan klik kolom Tag HTML. Selanjutnya salin kode HTML tersebut kedalam kode Template Blog
    <meta name="google-site-verification" content="vRTV2ZX7wnTYacpb6wIzRY69YoxYh3kRaW_le6n9ukU" />
    Cara Daftar Google Search Console
  8. Sekarang masuk ke dashboard blog Anda yang didaftarkan ke Google Search Console tersebut dan pilih menu Tema (Template) >> Edit HTML

    Dan masukkan kode tag HTML dibawah kode <head> atau diantara kode tag HTML kode template seperti gambar dibawah ini:
    Cara Daftar Google Search Console
    Setelah itu Simpan
  9. Sekarang kembali ke halaman verifikasi di Google Search Console dan klik tombol Verifikasi
    Cara Daftar Google Search Console
  10. Jika Verifikasi berhasil dilakukan, maka tampilannya seperti gambar dibawah ini:
    Cara Daftar Google Search Console
Cara ini sebenarnya sudah kami share namun pada artikel sebelumnya tersebut kami memulainya dari Google Webmaster Tools, sehingga ada beberapa tahapan yang tidak sesuai, khususnya tahap pertama. Dengan melakukan pendaftaran ke Google Search Console, selain bertujuan untuk index blog juga untuk verifikasi kepemilikan blog itu sendiri. Didalam search console ini kedepannya ada beberapa fitur yang bisa dilakukan setiap waktu yaitu fitur fetch as google atau Inspeksi URL.
Artikel Sebelumnya:
Artikel Selanjutnya:
Buka Komentar
Bisnis Fun
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan, hinaan dan SARA tidak akan ditampilkan atau menjadi tanggungjawab penulis komentar.

Tidak ada komentar