Fungsi Fitur Fetch as Google Untuk Blog & Artikel Terbaru

Fungsi Fitur Fetch as Google Untuk Blog & Artikel Terbaru

Fungsi Fitur Fetch as Google Untuk Blog & Artikel Terbaru - Agar blog dan artikel terbaru bisa di index oleh mesin pencari Google, maka Google menyediakan layanan yang bisa digunakan untuk mempercepat proses index tersebut. Layanan tersebut adalah Google Webmaster Tools atau disingkat GWT, meski layanan tersebut masih tersedia sampai saat ini namun keberadaannya akan digantikan dengan layanan yang sama namun memiliki tampilan dan nama yang berbeda yaitu Google Search Console atau GSC. Kedua produk Google ini sangat bermanfaat bagi semua blogger di muka bumi ini, karena dengan adanya kedua produk ini membuat blog mudah di index oleh Google

Fungsi Fitur Fetch as Google Untuk Blog & Artikel Terbaru
Salah satu yang menjadi andalan semua blogger agar blog dan artikel terbaru mudah di index dari fitur yang ada di Google Webmaster Tools adalah fitur Fetch as Google. Dengan menggunakan fitur ini, blog yang baru dibuat atau artikel baru yang selesai di publish akan lebih mudah di rayap oleh googlebot (spider), jika sudah dirayap (crawler) maka blog dan artikel baru tersebut akan mudah di index atau paling tidak sudah masuk di halaman pencarian Google meski tidak berada di halaman pertama search engine.

Penggunaan fitur fetch as Google ini termasuk salah satu SEO dasar yang memang harus dilakukan oleh semua blogger, baik pemula ataupun yang sudah master sekalipun tetap membutuhkan layanan yang satu ini. Namun beberapa blogger masih ada yang tidak mau menggunakan layanan yang satu ini alasannya cukup dengan membuat artikel seo friendly sudah lebih dari cukup. Padahal itu salah, seberapa seo artikel yang dibuat jika tidak di beri tahu ke Google maka hasilnya juga kurang maksimal.

Baca Juga Bagaimana Cara Membuat Artikel Blog yang SEO Friendly?

Fitur yang satu ini dibuat agar googlebot bisa mengindeks dengan mudah bahwasannya ada update terbaru dari blog yang Anda buat. Istilahnya, Anda memberi tahu kepada Google kalau ada artikel baru yang telah selesai dibuat yang harus di index, di nilai, dan di rangking. Jika sesuai dengan ketentuan algoritma Google maka hasilnya bisa saja artikel tersebut nongol di halaman pertama Google alias mampu bersaing dengan artikel-artikel dari blog yang lain.

Fungsi Fitur Fetch as Google Untuk Blog & Artikel Terbaru

Meskipun fitur ini gratis tapi untuk memanfaatkan fungsi dari fetch as google ini, Anda tidak serta merta bisa langsung menggunakannya karena ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dulu yaitu harus memiliki blog, apapun paltform blognya Blogspot atau Wordpress bisa menggunakan layanan ini. Bagaimana jika tidak ada blog? Yaa tidak bisa lah menggunakan layanan ini. Selain harus memiliki blog, tentunya blog tersebut juga sudah didaftarkan ke Google Webmaster Tools.

Baca Juga Cara Mendaftarkan Blog Baru Ke Google Search Console

Namun untuk menggunakan layanan fetch as ini sendiri juga ada dua pilihan yang bisa dilakukan yaitu Fetch itu sendiri dan Fetch and Render. Kedua fitur ini memiliki fungsi yang berbeda, yaitu:
  • Fetch : Digunakan untuk artikel atau halaman artikel yang baru dibuat. Termasuk blog baru yang selesai dibuat.
  • Fetch and Render : Digunakan untuk perubahan pada struktur template, termasuk pergantian template, penambahan kode baru, penambahan widget baru dan sebagainya kecuali artikel baru.
Bagaimana cara menggunakan fitur fetch as Google ini? Silahkan baca di Cara Menggunakan Fitur Fetch as Google di Webmaster Tools Terbaru

Itulah fungsi fitur fetch as Google yang banyak digunakan oleh semua blogger, dengan menggunakan fitur yang ada di Google Webmaster Tools ini banyak yang berharap agar artikel baru yang selesai dibuat bisa dengan mudah di index oleh mesin pencari, khususnya Google Search Engine. Gunakan layanan ini dengan bijak karena jika berlebihan juga tidak baik karena Google juga memiliki penilaian tersendiri terhadap blog-blog yang sering melakukan update.
Artikel Sebelumnya:
Artikel Selanjutnya:
Buka Komentar
Bisnis Fun
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan, hinaan dan SARA tidak akan ditampilkan atau menjadi tanggungjawab penulis komentar.

Tidak ada komentar