Skip to main content
Menu

Perbedaan WordPress Hosted dan Self-hosted

Perbedaan WordPress Hosted dan Self-hosted

Dari perbedaan wordpress hosted dan self-hosted diatas, tentunya kini Anda sudah dapat membedakan antara keduanya

Baca Juga

Perbedaan WordPress Hosted dan Self-hosted

Membuat blog menggunakan wordpress (wp) itu sebenarnya ada 2 jenis, namun dari teman-teman blogger masih banyak yang menyebutkan kalau wordpress itu hanya satu jenis yaitu wordpress.com dan hanya jenis yang ini lah yang selama ini bisa digunakan untuk membuat blog. Padahal jenis wordpress dengan akhiran dot com ini adalah layanan blog yang bisa digunakan secara gratis tapi terbatas.

Padahal perlu diketahui, untuk membuat blog menggunakan wordpress sebenarnya ada 2 cara yang bisa dipilih. Jika Anda demen yang gratisan, maka layanan dengan akhir dot com yaitu wordpress.com bisa digunakan namun nantinya url domain yang dihasilkan adalah subdomain dari domain layanan tersebut. Contohnya adalah perpustakaandaerah.wordpress.com

Sedangkan cara yang kedua adalah dengan menggunakan wordpress.org. Jenis wp yang satu ini bisa digunakan secara maksimal dan Anda sendiri lah yang memegang kendalinya tanpa campur tangan pihak lain. Karena untuk menggunakan jenis wp yang satu ini, Anda harus memiliki domain dan hosting. Untuk memiliki domain dan hosting harus membeli terlebih dulu.

Jadi sebelum menggunakan layanan blog di wordpress.org, harus memiliki domain dan hosting terlebih dulu. Setelah memiliki domain dan hosting, maka wordpress.org bisa dipasang dan digunakan untuk blog atau website anda. Contoh website yang menggunakan layanan blog ini adalah digitalpoin.id

Apa perbedaan kedua layanan ini?

Wordpress atau yang biasa disingkat Wp adalah sebuah aplikasi blogging dengan sistem open source yang banyak digunakan untuk kebutuhan website atau blog. Dalam proses pembuatan sebuah blog atau website menggunakan layanan ini adalah dengan menggunakan bahasa pemograman PHP dan database MySQL.

Namun untuk prakteknya sendiri, menggunakan layanan ini sebenarnya sangat mudah dan jika digunakan secara umum, Anda tidak perlu mahir bahasa pemograman atau yang lainnya. Hal ini karena layanan blogging ini berfungsi sebagai CMS atau content management system yang bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan penggunanya.

Anda bisa membuat blog dalam bentuk yang sederhan menggunakan layanan ini, hanya bermodalkan kode CSS dan HTML pun, sebuah website sederhana sudah bisa Anda miliki tanpa perlu belajar bahasa pemograman.

Bahkan 2 layanan yang diberikan oleh wordpress yaitu wordpress.com dan wordpress.org sama-sama memiliki sistem open source yang sama. Namun untuk kedua memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Apa saja perbedaanya?

Perbedaan wordpress.com dan wordpress.org adalah seperti yang sudah saya jelaskan diatas. Meskipun keduanya menggunakan nama yang sama namun untuk penggunaannya sangat lah berbeda.

Wordpress.com

Jika Anda membuat blog menggunakan layanan ini maka semua data base yang dibuat akan disimpan didalam server wordpress, sehingga jenis wp ini disebut juga sebagai wordpress hosted alias sifatnya menumpang pada wordpress. Sehingga domain yang digunakan ketika menggunakan layanan ini adalah subdomain seperti yang sudah sebutkan diatas.

Wordpress.org

Untuk menggunakan layanan ini, Anda wajib memiliki domain dan hosting. Tanpa keduanya anda tidak bisa mengelola layanan ini. Karena sifatnya yang berdiri sendiri dan bisa dikelola oleh penggunanya, maka layanan ini disebut sebagai wordpress selft-hosted. Maksudnya adalah, semua data yang digunakan untuk membangun blog atau website menggunakan layanan ini disimpan di hosting yang Anda beli atau sewa. Dan untuk menjalankan isi hosting, harus memiliki domain sendiri.

Baca Juga: Blog Hosted dan Self Hosted: Pengertian & Jenisnya

FiturWordpress.comWordpress.org
HargaGratisBerbayar
DomainTidakIya
SubdomainIyaIya
HostingTidakIya
Fitur LayananTerbatasFull Akses
Fitur AksesTerbatasFitur Akses
Optimasi SEOTerbatasFull Akses
MonitizeTidakIya

Baca Juga: Cara Install Wordpress di cPanel Menggunakan Softaculous

Dari perbedaan wordpress hosted dan self-hosted diatas, tentunya kini Anda sudah dapat membedakan antara keduanya. Dan jika ingin membuat website menggunakan wordpress selft-hosted bisa mempelajarinya di blog ini atau bisa menanyakan ke saya langsung melalui halaman contact blog ini. Gratis!

Untuk menemukan artikel lainnya, gunakan kolom pencarian :

Artikel Terbaru

Baca Juga Artikel Lainya: