--> Skip to main content
Lampu Marhaban Ya Ramadhan
Info Ramadhan

Cara Menggunakan Alat Cek Gula Darah

Cara Menggunakan Alat Cek Gula Darah

Cara menggunakan alat cek gula darah sebenarnya tidak lah terlalu sulit, karena alat ini sangat mudah digunakan oleh siapa saja. Bahkan Anda tidak perlu meminta bantuan tenaga kesehatan untuk menggunakan alat pemeriksaan kadag gula darah ini. Hanya saja mungkin untuk pertama kali masih bingung, namun jika sudah mengetahui caranya, ternyata sangat mudah untuk dilakukan.

Beberapa alat kesehatan memang seharusnya sudah bisa digunakan oleh semua masyarakat. Khsusus untuk alat-alat yang bisa menentukan kesehatan mereka seperti pengukur suhu tubuh, pengukur tekanan darah atau tensi, pengukur gula darah, pengukur kolesterol, dan pengukur asam urat dalam tubuh.

Dengan mengetahui nilai dari masing-masing alat pengukur tersebut, setidak masyarakat sudah paham kalau kesehatan mereka terganggu atau tidak. Sedangkan untuk mengetahui nilai normal dari masing-masing pengukur tersebut, masyarakat juga bisa mempelajarinya melalui media internet. Jika memang ada masalah kesehatan maka selanjutnya bisa melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter atau klinik kesehatan untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

Banyak sekali manfaat jika masyarakat bisa mengetahui ambang nilai kesehatan mereka. Tentunya meskipun hanya sekedar mengetahui, mereka akan memiliki tingkat kesadaran yang lebih baik akan kesehatan mereka. Bahkan pengobatan awal yang perlu mereka lakukan setidaknya juga harus mereka ketahui jika mengalami hal-hal yang mengganggu kesehatan mereka.

Apalagi beberapa masalah kesehatan yang umum terjadi di masyarakat lebih sering mereka alami karena dari faktor kebiasaan mereka. Faktor-faktor kebiasaan ini yang menimbulkan berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi atau hipertensi, kencing manis atau daibetes melitus, peningkatan kolesterol, peningkatan asam urat, tidak bisa buang air besar, murus atau GEA, pusing atau vertigo, gangguan syaraf atau stroke dan sebagainya.

Namun yang paling umum terjadi dan dialami oleh hampir semua orang adalah penyakit kencing manis dan tekanan darah tinggi. Tentu kedua kondisi penyakit ini terjadi karena pola hidup yang tidak baik dan sering mengabaikan kondisi kesehatan mereka sendiri. Mereka baru menyadarinya setelah kondisi kesehatan semakin menurun dan barulah disaat-saat seperti itu, merek melakukan pemeriksaan dan pengobatan.

Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengetahui konidis kesehatan mereka adalah dengan memberikan pemahaman cara menggunakan alat kesehatan yang bisa digunakan secara mudah dan tidak menimbulkan efek yang merugikan atau membahayakan. Salah satu alat kesehatan yang bisa mereka gunakan adalah alat cek gula darah.

Dengan mengetahui cara menggunakan alat cek gula darah ini, mereka, khususnya yang memiliki riwayat penyakit gula darah tinggi akan lebih mudah mengontrol nila gula darah dalam tubuh mereka.

Nah diartikel ini saya akan memberikan penjelasan mengenai bagai cara menggunakan alat ini untuk mengetahui kadar gula dalam darah. Tentunya sebelum menggunakan alat ini, disarakan untuk memiliki alatnya terlebih dulu agar mudah memahami setiap alat yang digunakan.

Baca Juga: Tanda Utama Gejala Diabetes Tipe 2

Alat untuk memeriksa kadar gula ini disebut sebagai glucometer yang terdiri dari beberapa alat dalam 1 box yaitu:

  1. Alat monitor
  2. Pen pencoblos
  3. 10 lancet atau jarum, untuk penggunaanya dimasukkan kedalam pen pencoblos
  4. 10 strip tes
  5. 10 alkohol swab / kertas alkohol
  6. Buku petunjuk
  7. Kart garansi
  8. Tas penyimpanan alat

Cara Menggunakan:

  1. Gunakan handscone atau sarungtangan medis jika memungkinkan. Hal ini untuk menghindari percikan darah saat dilakukan pencoblosan darah ditangan. Tapi kalau tangan sendiri sih ga apa-apa meskipun tidak menggunakan handscone.
  2. Siapkan alatnya. Masukkan lancet kedalam pen. Untuk strip tes jangan dimasukkan ke alat monitor dulu karena jika dimasukkan langsung dan terlalu lama menerima tetesan darah, akan menyebabkan terjadinya error.
  3. Bersihkan ujung jari dengan alkohol swab dengan cara di oles satu - dua kali. Alkoholswab ini digunakan untuk membersihkan ujung jari dari kotoran dan bakteri. Setelah dibersihkan tunggu sekitar 3 - 5 detik agar sisa alkohol benar-benar kering. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya hasil error karena darah tercampur dengan sisa alkohol.
  4. Setelah ujung jari yang dibersihkan dengan alkohol sudah mengering, coblos ujung jari tersebut dengan menggunakan pen yang sudah terisi lancet. Saat melakukan penusukan, tekan ujung jari hingga memerah agar darah bisa keluar.
  5. Masukkan 1 strip ke alat monitor dan tunggu sebentar hingga pada layar tampil tanda tetesan darah. Jika sudah muncul tanda ini, itu artinya alat siap untuk ditetesi darah.
  6. Tekan ujung jari yang sudah dicoblos hingga darah keluar. Tempelkan lubang strip yang sudah menempel dengan alatnya hingga darah masuk kedalam lubang tersebut. Pastikan lubang pada strip terisi darah dan terlihat penuh.
  7. Bersihkan ujung jari yang ada darahnya dengan alkoholswab sebelumnya.
  8. Tunggu beberapa saat untuk melihat hasilnya. Kurang lebih 5 detik, nilai gula darah akan terlihat di monitor.

Ujung jari yang digunakan bisa menggunakan semua ujung jari tangan, namun harus tetap satu yang digunakan. Gunakan yang bersih dan tidak ada lecet atau luka.

Dengan mengetahui hasil nilai dari gula darah tersebut, maka dengan mudah kita mengetahui batas nilai gula darah dalam tubuh. Untuk itu, memang sangat penting memberikan pengetahuan tentang cara menggunakan alat kesehatan ini. Dan itulah cara mudah menggunakan alat cek gula darah, anda bisa melakukannya sendiri tanpa harus didampingi tenaga kesehatan.

Ning Deasy
Penulis:
Ning Deasy
Belajar untuk menjadi lebih baik lagi...

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]