--> Skip to main content
Lampu Marhaban Ya Ramadhan
Info Ramadhan

Cara Mengembalikan Blogger Lama

Cara Mengembalikan Blogger Lama

Ternyata masih saja ada yang ingin tahu cara mengembalikan blogger lama yang menanyakan ke saya melalui email. Apakah tampilan blogger yang sekarang bisa dikembalikan ke blogger yang dulu? Sebenarnya sih sudah langsung saya jawab juga melalui balasan email kalau untuk merubah atau beralih ke tampilan blogger yang dulu sudah tidak bisa dilakukan. Memang untuk beberapa bulan yang lalu, pihak blogger sendiri masih menyediakan tombol beralih ini.

Namun seiring beberapa perubahan yang dilakukan pada platform ini, maka tampilan yang lama dan tombol untuk beralih sudah ditiadakan alias sudah tidak tersedia. Apakah untuk saat ini masih bisa dilakukan meskipun tombol Kembali Ke Blogger Klassik sudah tidak ada? Apakah ada alternatif lain untuk menggunakan blogger yang dulu?

Baca Juga: Cara Mengembalikan Tampilan Blogger Baru

Tentu saja tidak bisa, semua perubahan yang dilakukan oleh pihak blogger adalah semata-mata untuk meningkatkan pengalaman pengguna agar lebih nyaman dan lebih mudah untuk menggunakan blogger. Mungkin tampilan blogger lama lebih mudah digunakan karena pengguna lebih terbiasa dengan yang lama. Begitu juga ketika blogger merubah tampilannya menjadi lebih baik lagi, banyak para blogger yang merasa kebingungan dan katanya lebih rumit.

Namun perubahan itu juga dimengerti oleh pihak blogger. Mereka tidak serta merta langsung menampilkan perubahan tersebut secara penuh namun secara bertahap. Hal ini dilakukan agar para pengguna lebih siap dengan perubahan yang akan terjadi dan terbiasa dengan tampilan-tampilan yang baru.

Sama seperti saya, awalnya saya juga kurang suka dengan adanya perubahan tampilan blogger yang baru ini. Namun karena ini adalah perubahan yang dilakukan oleh pemilik platform ini dan sudah memberi pengumuman kalau blogger lama akan merubah tampilan ke blogger baru. Mau tidak mau, saya harus mempelajarinya agar lebih siap dan mudah mengeksplor tampilan yang baru ini.

Dan setelah mempelajari dan membiasakan diri dengan tampilan baru tersebut, ternyata tampilan baru ini lebih mudah digunakan dan menu-menu yang ada juga lebih ringkas karena menjadi satu halaman sehingga tidak harus berpindah ke halaman yang lainnya dalam satu dasbor. Dan hingga kini saya sudah familiar dengan tampilan baru ini.

Bagaimana dengan Anda?

Bagi yang baru membuka blogger dan kembali aktif setelah berhibernasi sekian lama, mungkin merasa kaget dan aneh dengan perubahan tampilan yang ada di dasbor blogger Anda. Begitu juga dengan yang tidak setuju dengan perubahan tampilan ini, mungkin masih belum bisa move on dari yang lama.

Dan bagaimanapun juga, saya dan kalian semua adalah pengguna yang bisa menggunakan layanan blogging secara gratis tanpa dipungut biaya tahunan. Dan mau tidak mau harus mengikuti dan menyetujui aturan dan setiap perubahan yang dilakukan oleh pihak blogger. Bahkan kalau bisa memberikan masukkan ke mereka agar blogger menjadi lebih baik.

Kalau pun tidak bisa memberikan masukan, setidaknya menggunakan layanan ini dengan sebaik-baiknya dan memberikan manfaat bagi orang lain, terutama buat diri sendiri dengan memaksimalkan blogger menjadi hasil yang menguntungkan.

Apalagi kalau dari segi penggunaan, menurut saya, blogger atau blogspot ini lebih mudah digunakan dan dipahami dari pada wordpress, baik itu wordpress yang hosted (wordpress.com) ataupun self hosted (wordpress.org). Ini dari segi penggunaan, namun dari segi muti fungsi dan fitur tentunya wordpress self hosted lebih mudah untuk di eksplor.

Baca Juga: Blog Hosted dan Self Hosted: Pengertian & Jenisnya

Oleh karena jika Anda pengguna blogger, lebih baik manfaatkan semua kemudahan yang diberikan oleh layanan google yang satu ini. Meskipun blogger tidak mendukung penggunaan plugin, namun jika mau belajar untuk mengeksplor layanan blogging ini, Anda bisa memanfaatkannya menjadi hasil yang sangat menguntungkan.

Bahkan Anda bisa membuat tampilan blog menjadi lebih baik dan disukai banyak pengguna yaitu dengan menjadi pengembang template dan menjualnya.

Bagaimana dengan cara mengembalikan blogger lama? Sudah lah, yang lama biarlah berlalu dan berusahalah untuk move on dari semua kenangan itu. Karena yang lama belum tentu baik untuk dijalani dan yang baru masih jauh lebih baik untuk dikembangkan. Begitu juga dengan blogger, tampilan baru bloger lebih baik dari yang lama.

Lihatlah tampilan lama blogger di gambar artikel diatas, sungguh sangat tidak sedap dipandang dan sangat jadul banget :)

Roni
Penulis:
Roni
Tebarkan kebaikan walau hanya sedikit setidaknya itu berman…

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]