Skip to main content
Menu

Cara Install Wordpress di cPanel Menggunakan Softaculous

Cara Install Wordpress di cPanel Menggunakan Softaculous

Cara Install Wordpress di cPanel Menggunakan Softaculous - Beberapa hari yang lalu kami sudah membahas tentang topik ini, Cara install Wordpress di cPanel

Baca Juga

Cara Install Wordpress di cPanel Menggunakan Softaculous

Cara Install Wordpress di cPanel Menggunakan Softaculous - Beberapa hari yang lalu kami sudah membahas tentang topik ini, Cara install Wordpress di cPanel. Namun berhubung ada masalah dengan domain yang digunakan yaitu menggunakan Subdomain pada tutorial tersebut, maka kami membuat ulang artikel yang sama namun dengan penggunaan domain dan hosting yang berbeda.

Update ini kami lakukan agar yang mau belajar membuat blog menggunakan Wordpress.org bisa dengan mudah memahami setiap langkah-langkah yang kami berikan.

Baca Juga: Cara Membuat Blog Di Blogspot (Blogger)

Setelah membeli domain dan hosting, Anda akan mendapatkan akun Username dan Password yang digunakan untuk Login ke cPanel, Control Panel domain dan hosting yang telah Anda beli. Jadi, silahkan cek email yang digunakan untuk melakukan pembelian atau sewa domain dan hosting.

Dan ikuti beberapa langkah berikut untuk melakukan install Wordpress ke domain dan hosting blog atau website Anda:

Login ke akun cPanel dengan menggunakan url domain Anda, misalnya: alamatblogmu.com/cpanel sehingga akan tampil form login seperti berikut:

cara install wordpress

Masukkan Username & Password Anda

Setelah bisa login, Anda akan masuk ke halaman cPanel domain hosting Anda dengan tampilan seperti berikut:

install wordpress dengan softaculous

Masukkan Username & Password Anda

Jika sudah berada di halaman cPanel, dan untuk melakukan install Wordpress ke domain blog Anda, scroll kebawah dan pilih menu Softaculous Apps Installer dan klik menu Wordpress

install softaculous

Softaculous Apps Installer

Ketika menu Wordpress di klik, Anda akan pindah ke halaman Install Wordpress. Klik tombol Install Now untuk memasang Wordpress

softaculous

Install Wordpress

Selanjutnya Anda akan dibawa ke pengaturan instalasi Wordpress. Silahkan ikuti tahapan berikut dan isi sesuai tata cara yang kami sebutkan dibawah ini:

Software Setup

Ikuti pengaturan seperti dibawah ini:

install wordpress

Software Setup

  • Choose the version you want to install: Anda disuruh untuk memilih versi Wordpress yang akan di Install. Saran kami, pilih versi Wordpress terbaru. Saat membuat panduan ini, versi Wordpress adalah 5.2.1
  • Choose Protocol: Gunakan saja Protokol https:// atau https://www. jika penyedia hosting langsung memberikan kepada domain Anda. Jika tidak, pilih saja yang http://. Kami menggunakan protokol https://www.
  • Choose Domain: Otomatis akan terdapat domain yang telah Anda beli/sewa.
  • In Directory: Biarkan saja kosong. Mengenai In Directory ini akan kami bahas pada artikel selanjutnya.

Site Setting

Pada bagian ini berisi pengaturan tentang judul dan deskripsi blog Anda. Silahkan isi pada bagian berikut:

cara instal wordpress

Site Setting

  • Site Name: Isi dengan Judul Blog. Contohnya: Digital Poin
  • Site Description: Isi dengan deskripsi atau tentang blog Anda.
  • Enable Multisite (WPMU): Biarkan saja kosong.

Admin Account

Admin akun ini digunakan untuk melakukan login akun Wordpress blog Anda yang nantinya akan menghasilkan alamat akses untuk login ke dalam Wordpress. Isi bagian-bagian dibawah ini dan pastikan untuk tidak memberikan atau ada yang mengetahui akun yang telah Anda buat ini:

  • Admin Username: Isi dengan username yang Anda inginkan.
  • Admin Password: Isi dengan password yang mudah diingat namun sulit ditebak. Atau gunakan Password Genertator dengan mengklik tanda Kunci. Dan tulis username atau password tersebut.
  • Admin Email: Isi dengan email yang Anda gunakan, bisa yang dari Gmail atau yang lainnya.

Choose Language

Select Langunge: Gunakan bahasa yang mudah dimengerti saja karena penggunaan bahasa ini akan digunakan di akun Wordpress Anda. Kalau kami memilih Bahasa Indonesia.

Select Plugin(s)

Pada bagian ini berisi 3 menu yaitu Limit Login Attempts (Loginizer), Classic Editor, dan wpCentral - Manage Multiple WordPress. Silahkan centang semua bagian ini.

Advanced Options

Biarkan dengan aturan defaultnya.

Email installation details to :

Gunakan email yang sama sesuai dengan Admil Email yang telah dipasang pada bagian Admin Email diatas. Jangan beda ya emailnya.

Install

Jika semuanya sudah selesai diisi, silahkan klik tombol Install.

Loading

Setelah tombol Install di klik maka akan ada proses Loading untuk menyelesaikan install Wordpress.

instal softaculous

Site Setting

Admin Account

Seperti yang telah kami sebutkan diatas, setelah proses install selesai maka Anda akan mendapatkan 2 link akses yaitu:

  1. Link url blog, misalnya https://www.namablognya.com
  2. Link akses Login, misalnya https://www.namablognya.com/wp-admin. Gunakan link untuk untuk login/masuk ke akun admin blog Anda di Wordpress.org

Semoga dengan adanya panduan tentang cara install Wordpress di cPanel menggunakan Softaculous ini bisa memberikan pengetahuan Anda yang sedang membuat blog. Sebenarnya selain menggunakan Softaculous, ada juga cara install Wordpress yang tidak perlu menggunakan Softaculous namun agak ribet, dan akan kami update juga pada artikel berikutnya.