Saran Pencarian

Perbedaan Login cPanel Dengan Blog Wordpress Self Hosting

Perbedaan Login cPanel Dengan Blog Wordpress Self Hosting
Perbedaan Login cPanel Dengan Wordpress Self Hosting - Ada beberapa yang belajar bersama kami cara membuat blog khususnya yang menggunakan Wordpress Self Hosting yang masih bingung dengan cara login ke cPanel dan akun Wordpress dengan domain dan hosting yang mereka gunakan.
Perbedaan Login cPanel Dengan Blog Wordpress Self Hosting - Ada beberapa yang belajar bersama kami cara membuat blog khususnya yang menggunakan Wordpress Self Hosting yang masih bingung dengan cara login ke cPanel dan akun Wordpress dengan domain dan hosting yang mereka gunakan. Mereka beranggapan, untuk login ke cPanel blog dan hosting dan akun Wordpress adalah sama, bahkan ada yang melakukan login ke akun Wordpress.com. Padahal semuanya itu beda, dan dibawah ini kami sudah menjabarkan perbedaan login cPanel dengan Wordpress self hosting :)

Perbedaan Login cPanel Dengan Blog Wordpress Self Hosting
Memang ketika Anda sudah membeli dan memiliki domain dan hosting, maka kedepannya Anda akan selalu berhadapan dengan domain dan hosting ini yang ada di cPanel. Begitu juga cara aksesnya, saat domain dengan hosting sudah terinstall Wordpress maka setelah proses install, Anda akan memiliki akun dan password untuk membuka atau mengakses halaman admin blog Anda (halaman dashboard). Begitu juga dengan cPanel, Anda juga telah memiliki akun dan password sebelum Wordpress di install.

Bingung? Memang ada perbedaan saat mengakses kedua layanan ini yaitu cPanel dan Blog Wordpress Self Hosting. Perbedaanya adalah link yang digunakan untuk mengkases kedua layanan ini serta username dan password yang digunakan.

Login cPanel
Untuk mengakses cPanel domain hosting blog Anda maka Anda menggunakan URL atau link seperti ini namablonya.com/cpanel. Jadi gunakan url tersebut untuk mengakses cPanel hosting blog Anda.

Login Wordpress.org
Jika Anda menggunakan platform Blogspot.com, maka Anda akan tetap menggunakan link tersebut untuk mengakses akun dashboard blog Anda di Blogspot dengan menggunakan link https://www.blogger.com/go/signin?hl=id. Begitu juga dengan Anda yang menggunakan platform Wordpress.com, maka Anda akan menggunakan link https://id.wordpress.com/wp-login.php untuk mengakses halaman dashboard blog Anda.

Namun sangat berbeda dengan Anda yang menggunakan platform Wordpress.org dalam membuat blog. Karena untuk mengakses atau untuk login ke halaman dashboard blog Anda tidak menggunakan link dari Wordpress.org, misalnya wordpress.org/wp-login tapi menggunakan link login url blog Anda. Misalnya: namablognya.com/wp-login.

wordpress.org/wp-login bisa digunakan hanya untuk sebagai member saja dan digunakan untuk ikut partisipasi dalam forum Wordpress.org.

Jadi untuk mengakses halaman admin atau dashboard blog Anda menggunakan link akses dari alamat blog Anda sendiri yaitu namablognya.com/wp-login bukan dari wordpress.org/wp-login

Kenapa Antara Blog Wordpress.org, Blogspot.com dan Wordpress.com memiliki akses yang berbeda?
Karena Blogspot.com dan Wordpress.com adalah layanan gratis yang memiliki akses terbatas. Sedangkan Wordpress.org adalah layanan berbayar yang digunakan untuk membuat blog dengan hosting sendiri yang di kelola oleh pemilik blog atau website tersebut. Begitu juga dengan login ke cPanel, karena layanan ini adalah layanan berbayar yang hanya bisa dikelola oleh pemilik blog atau website. Semoga bemanfaat.
Ambil Kesempatan Selagi Ada Peluang, Walau Peluang itu Tidak Membuatmu Sukses. Setidaknya Kamu Pernah Mendapatkan Kesempatan. ~ DigitalPoin

Posting Komentar