Skip to main content

Cara Setting Wordpress Untuk Pertama Kali

Cara Setting Wordpress Untuk Pertama Kali
Cara Menggunakan & Setting Wordpress Untuk Pertama Kali - Setting Wordpress pada artikel ini kali ini bukan pada Wordpress gratisan tapi yang sudah menggunakan domain dan hosting. Jadi setelah membeli domain dan hosting dan melakukan instalasi Wordpress maka langkah selanjutnya adalah mengatur settingan Wordpress untuk pertama kali.

Cara Setting Wordpress Untuk Pertama Kali
Seperti yang telah kami tulis sebelumnya tentang Tampilan Default Wordpress, untuk tampilan awal Wordpress ini memang benar-benar standart dan tidak serta merta bisa langsung digunakan karena harus di setting terlebih dulu. Memang sih bisa digunakan namun tampilannya sangat tidak menarik. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan cara merubah dan setting semua tampilan Wordpress melalui halaman dashboard akun Wordpress Anda.

Cara Menggunakan & Setting Wordpress Untuk Pertama Kali
Untuk menggunakan dan setting Wordpress ini, silahkan gunakan akun Anda untuk melakukan login terlebih dulu.
Buka tautan login dashboard WP Anda. Ingat, akun yang digunakan bukan dari Wordpress.com atau yang gratisan tapi akun user yang didapatkan saat membeli domain dan hosting. Silahkan buka tautannya seperti ini https://www.wp.digitalpoin.com/wp-login sehingga akan tampil form login seperti berikut:

Cara Setting Wordpress

Setelah berhasil login, Anda akan masuk ke halaman dashboard Wordpress seperti berikut:

Cara Setting Wordpress Pemula

Didalam dashboard Wordpress ini terdapat banyak menu yang digunakan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Namun semua menu ini tidak akan kami jelaskan dalam artikel ini, hanya beberapa saja sebagai setting dasar blog Wordpress Anda yaitu:

Menu Posts/Pos
Didalam menu Posts ini berisi artikel-artikel yang telah dibuat, baik itu yang sudah di publish atau yang masih tersimpan sebagai draft. Dan jika blog yang masih benar-benar baru, akan ada satu artikel default yang sudah dipublish dengan judul: Hello World!. Dan artikel ini tidak berguna, silahkan hapus saja artikel tersebut.

Untuk pembuatan artikel baru di Wordpress, akan kami ulas pada artikel berikut. Untuk pengaturan awal, hapus saja artikel default yang telah ada. Cara menghapusnya adalah:
Buka menu Posts >> centang pada artikel yang akan di hapus. Saat judul artikel di sorot akan muncul menu Edit | Quick Edit | Trash | View. Untuk menghapus artikel, pilih Trash atau gunakan option Move to Trash dan klik tombol Apply

Cara Setting Wordpress

Maka artikel dengan judul Hello World! sudah pindah ke bagian Sampah. Jika ingin menghapus secara permanen, buka menu Trash (Sampah) dan klik tombol Empty Trash (Kosongkan Sampah)

Setting Wordpress

Menu Page/Laman
Hampir sama dengan yang ada di menu Posts, didalam menu Page ini juga ada artikel untuk halaman statis blog Anda yang sudah buat secara otomatis. Ada 2 artikel yang sudah ada yaitu artikel yang sudah di publish dengan judul Sample Page dan artikel halaman Privacy Policy yang masih dalam bentuk draft atau tersimpan tanpa di publish.

Setting Wordpress

Silahkan hapus saja artikel halaman Sample Page. Dan caranya sama dengan saat menghapus artikel yang telah kami sebutkan diatas. Silahkan di coba, hanya halaman Sample Page saja.

Menu Plugins/Plugin
Plugin adalah merupakan perangkat lunak yang memiliki fungsi khusus yang dapat ditambahkan dan digunakan ke situs atau web dengan platform WordPress. Plugin memiliki fungsi yang unik yang dapat memaksimalkan kinerja sebuah blog Wordpress. Plugin banyak sekali jenisnya dan pada artikel selanjutnya akan kami buatkan artikel tentang plugin ini.

Untuk tahap pertama saat membuat blog baru, ada sebuah plugin yang sudah dipasang kedalam blog tersebut. Didalam menu Plugins ini sudah terpasang beberapa plugin dasar yaitu Aksimet Anti-Spam, Classic Editor, Hello Dolly, Loginizer, dan wpCentral.

Dan 2 dari 5 plugin tersebur kami hapus karena tidak digunakan yaitu Aksimet dan Hello Dolly. Cara menghapus plugin:
Centang plugin yang akan di hapus dan pilih option Delete dan klik tombol Apply.

Plugin Wordpress

Menu Settings/Pengaturan
Didalam menu Settings/Pengaturan ini terdapat sub menu lagi yaitu General/Umum, Writing/Menulis, Reading/membaca, Discussion/Diskusi, Media, Permalinks, dan Privacy/Privasi. Masing-masing menu memiliki fungsi dan pengaturan tersendiri. Berikut pengaturan awal untuk masing-masing menu:

General Settings/Pengaturan Umum
Didalam Pengaturan Umum ini terdapat beberapa pengaturan yaitu:
  1. Site Title atau Judul Blog berisi judul blog. Isi sesuai denga judul blog Anda.
  2. Tagline/Slogan: Isi dengan deskrips blog Anda, tidak perlu panjang. Fokuskan pada keyword utama.
  3. Wordpress Address (URL)/Alamat Wordpress: Isi dengan alamat blog Anda dengan URL lengkap, https://www.namablogmu.com
  4. Site Address (URL)/Alamat Situs: Isi dengan alamat blog Anda dengan URL lengkap, https://www.namablogmu.com
  5. Email Address/Alamat Email: Di isi dengan alamat email yang aktif. Bisa menggunakan email dari Gmail.
  6. Membership: Tidak perlu di centang.
  7. Language: Di isi dengan bahasa yang mudah dipahami. Bisa bahasa Inggris (Default) atau bahasa Indonesia.
  8. Time Zone/Zona Waktu: Pilih UTC+7
  9. Date Format/Format Tanggal dan Time Format/Format Waktu: Sesuaikan dengan keinginan saja wis.
  10. Jika semuanya sudah di isi, selanjutnya klik tombol Simpan atau Save Change.
Writing/Menulis
Dibagian pengaturan Menulis ini, biarkan saja menggunakan peraturan default alias tidak perlu dilakukan perubahan. Namun kalau melakukan perubahan, hanya mengganti kolom Kategori saja, yaitu Uncategorized menjadi kategori yang ditetapkan sendiri. Nanti saja kami bahas mengenai ini atau bisa Anda lakukan pencarian di kolom pencarian diatas tentang Kategori.

Reading/membaca
Didalam menu Reading Setting/Pengaturan Membaca adalah mengatur jumlah tampilan artikel di halaman depan, tampilan artikel, dan pengindeksan yaitu:
  1. Blog pages show at most: Pilih jumlah artikel yang akan tampil di halaman depan. Misalnya 10 artikel.
  2. Syndication feeds show the most recent:
  3. For each article in a fedd, show: Pilih yang Summary/Ringkasan.
  4. Search Engine Visibiliy: Jangan di centang. Kalau dicentang, blog tidak akan terindeks oleh mesin pencari.
  5. Klik tombol Simpan/Save Changes untuk menyimpan pengaturan yang telah dibuat.
Discussion/Diskusi
Pengaturan Diskusi ini digunakan untuk mengatur komentar pada artikel blog. Termasuk mencegah komentar buruk atau spam, juga bisa diatur secara otomatis dengan cara menyaring kata-kata yang terdapat dalam komentar.

Misalnya komentar yang mengandung kata 5ex, P0rn, jud1, palsu, sara, dan sebagainya maka komentar tersebut tidak akan tampil. Begitu juga komentar yang membati buta atau komentar spam, bisa di blok.

Selain itu, juga ada pengaturan tetang icon image atau avatar komentar yang bisa diatur sesuai keinginan.

Media
Didalam media ini digunakan untuk mengatur ukuran gambar yang digunakan dalam setiap artikel blog. Silahkan diatur sesuai keinginan atau biarkan menggunakan ukuran default.

Permalinks
Pengaturan Permalink digunakan untuk mengatur tampilan link yang akan digunakan pada link artikel. Silahkan gunakan dan pilih aturan permalink dengan mengklik Post Name sehingga tampilannya permalink seperti berikut:
https://www.namablogmu.com/sample-post/

Jika ingin menambahkan .html dibelakang permalink, ganti pengaturan pada bagian Custom seperti berikut:
https://www.namablogmu.com/%postname%/ menjadi https://www.namablogmu.com/%postname%.html

Atau jika ingin menggunakan permalink yang ada tahun dan bulan, maka pilih yang Month and name sehingga tampilannya seperti berikut:
https://www.namablogmu.com/2019/05/sample-post/

Jika sudah dan untuk yang lainnya biarkan saja. Lalu klik Simpan/Save Changes

Privacy/Privasi
Untuk pengaturan Privacy, biarkan saja secara default.

Dalam melakukan setting Wordpress untuk blog yang baru dibuat sebenarnya sangat mudah dilakukan, mudah dimengerti. Bahkan mungkin lebih mudah dari pengaturan yang dilakukan pada blog dengan platform Blogspot. Namun smeuanya tergantung dari masing-masing individu dan jika ada yang kurang jelas atau butuh bantuan, silahkan hubungik kami via Halaman Contact.

Baca Juga Cara Mengatur Setelan (Setting) Blog di Blogspot
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.