Skip to main content
➜ Bikin Websitemu.. GRATIS Domain & Unlimited Hosting

Wix Vs WordPress: Mana yang Cocok Untuk Situs Anda?

Wix Vs WordPress: Mana yang Cocok Untuk Situs Anda?
Wix Vs WordPress: Mana yang Cocok Untuk Situs Anda? - WordPress dan Wix merupakan dua kekuatan utama dari industri builder situs web. Lebih dari sepertiga situs website di seluruh dunia disokong WP atau Wix. Lalu manakah yang cocok untuk situs website anda? Hal ini tentu tergantung sepenuhnya pada kebutuhan anda. Wix lebih utama dalam beberapa aspek tetapi wordpress unggul dalam berbagai aspek yang lain. Manakah yang terbaik? Yuk kita amati keduanya dan bandingkan keduanya dalam sejumlah aspek penting dibawah ini.

Wix Vs WordPress: Mana yang Cocok Untuk Situs Anda
Kemudahan Penggunaan Wix & WordPress

Wix
Ini merupakan salah satu aspek yang mana Wix lebih unggul. Anda hanya perlu melakukan drag & drop elemen-elemen yang dibutuhkan ke tempatnya lalu anda akan segera memiliki sebuah situs web yang professional. Anda tidak perlu memiliki pengetahuan tentang coding apapun. Dengan adanya Wix artificial design intelligence (ADI), anda bahkan jadi memiliki banyak kendali untuk dapat mengatur penampilan situs web anda. Anda masih tetap dapat membuat situs web jadul/klasik dengan editor wix klasik jika ADI tidak cocok dengan keinginan atau kebutuhan anda.

WordPress
WordPress cukup mudah untuk digunakan, hal ini membuat banyak para builder web pemula lebih suka menggunakannya. Tetapi tidaklah semudah wix ya. Meskipun anda tidak membutuhkan pengetahuan coding untuk dapat membuat situs di wordpress, anda masih perlu memahami bagian panel admin, cara menginstal plugin dan cara menempatkan widget. Beberapa kemudahan pemakaian mungkin mudah, tetapi anda tentu memiliki lebih banyak kendali pada situs anda. Jika anda memutuskan untuk belajar sedikit tentang bahasa HTML/CSS, maka anda akan dapat mempunyai kendali lebih besar lagi dari layar WYSIWYG.

perbedaan wix dan wordpress

IDwebhost


Desain dan Fleksibilitas
Baik wordpress ataupun wix menawarkan add-ons atau plugins untuk membantu menambahkan fungsionalitas lain seperti kalender, forum, komentar, dan slide ke situs web anda. Perbedaanya bawah wix tidak memberi anda source code dari add-ons mereka sedangkan di wordpress dapat melihat dan mengedit source code dari plugins anda. Jika anda bukan seorang programmer, perbedaan ini mungkin tidaklah penting, tapi dengan bekal pengetahuan coding, anda dapat mengubah plugins untuk melakukan apa saja yang anda inginkan. Faktanya, anda dapat dengan mudah untuk membuat plugins anda sendiri dan menggunakannya pada situs anda.

Template-Template

Wix
Wix Menyediakan ratusan template yang sepenuhnya dapat diatur. Seperti penjelasan diatas, menyesuaiakan template anda sangatlan mudah. Fitur drag & drop wix menjadi teman baik anda. Namun ada kekurangannya loh, seperti saat anda sedang mengedit template anda, anda tidak dapat menganti dengan template yang baru. Jika anda mengantinya, anda akan kehilangan semua editan yang telah anda lakukan tadi. Tentu hal ini sangat tidak menguntungkan.

WordPress
Sedangkan di wordpress, anda hanya dapat menganti ke tema yang berbeda dan semua editan yang anda tambahkan tetap bertahan. Anda dapat mencoba-coba dengan template yang lain, jika tidak cocok anda bisa kembali ke template awal.

Kemampuan E-Commerce

Wix
Ada dua cara untuk menciptakan toko online menggunakan wix. Anda dapat menggunakan template khusus toko online atau menambahkan plugin toko di kedai anda. Jika sudah menambahkan plugin yang dibutuhkan, sekarang saatnya anda untuk menambahkan produk. Wix sangat tepat untuk berbagai produk sederhana tetapi saat anda bermain dengan produk yang lebih kompleks, anda mungkin menginginkan variasi tambahan. Oleh karena itu, untuk toko online yang besar, Wix bukanlah platform yang cocok. Selain itu, anda harus memilih rancangan E-Commerce istimewa yang jauh lebih mahal daripada rancangan normal.

ecommerce wix dan wordpress

IDwebhost


WordPress
Pengaruh wordpress pada situs E-Commerce di seluruh dunia sangatlah besar. Saat ini, lebih dari 42% toko online dibuat menggunakan wooCommerce. Plugin dari WP yang sangat populer. Sedangkan untuk berbagai fitur WP yang lainnya, anda dapat menggunakannya tanpa memerlukan pengetahuan coding, tetapi sedikit pengetahuan coding akan membantu anda untuk mendapatkan apa yang anda cari. Menambahkan berbagai produk rumit merupakan hal mudah untuk dilakukan menggunakan woocommerce seperti misalnya dalam mengelola rincian pengiriman, laporan penjualan, harga-harga dinamis, dan berbagai fitur berguna lainnya. Wix sama sekali tidak mendekati level fleksibilitasnya WP sebagai platform E-Commerce.

Tingkat Respon Mobile
Semua template wix sudah sepenuhnya dioptimalkan untuk digunakan pada beragam ukuran layar. Sedangkan WP, responsivitas sama sekali tak ada. Anda harus memeriksa pembuat dari template yang anda pilih untuk melihat apakah pembuat tersebut menambahkan fungsionalitas monile pada templatenya atau tidak. Jika anda menggunakan template lama, kemungkinan besar template tersebut tidak dioptimalkan untuk mobile dan anda mungkin harus menyewa seorang programmer untuk membantu anda memilah aspek tersebut. Semua template WP yang baru di internet, baik yang free maupun berbayar, biasanya sudah dioptimalkan untuk mobile.

Pemeliharaan Berkelanjutan

Wix
Wix terus melakukan semua pekerjaan pemeliharaan yang dibutuhkan oleh situs anda. Biaya yang dibebankan pada anda adalah untuk hal tersebut. Update, bugs, masalah keamanan, dan lain-lain. Semua ditangani oleh Wix.

WordPress
Sedangkan WP, pada dasarnya anda bertangggung jawab penuh pemeliharaannya. Mulai dari update hingga backup supaya situs anda lebih aman, anda sendiri yang melakukan semuanya. Berita bagusnya yaitu bahwa sudah ada plugins yang akan melakukan pemeliharaan situs anda. Kabar buruknya, anda tetap harus memastikan bahwa anda telah melakukan pekerjaan yang benar dan jika situs anda besar dan penting maka anda harus mendapatkan bantuan profesional supaya semuanya berjalan lancar.

Skema Harga

Wix
Di skema harga, sebaiknya anda memperhitungkannya dengan tepat semua kebutuhan anda sebelum mencoba cari tahu berapa biaya real yang anda butuhkan. Biaya wix cukup mudah dipahami kok, anda membayar biaya bulanan untuk desain yang dipilih dan semuanya sudah tersedia bersama desain tersebut. Anda mungkin harus mengeluarkan uang untuk beberapa aplikasi tingkat lanjut tetapi kebanyakan hanya perlu membayar pada tagihan bulanan saja.

WordPress
Pada WordPress, CMS dasarnya gratis. Anda harus membeli rancangan hosting tetapi bagi pengguna pemula, hal ini tidaklah membutuhkan biaya banyak. Ada berbagai template dan plugin gratis yang tersedia dengan mudah sehingga hal ini tidak menghabiskan uang anda. Jika anda membutuhkan kostumisasi penting pada situs anda. Anda mungkin harus menyewa programmer dan hal ini tentu biayanya mahal. Singkatnya, jika anda tidak mempunyai banyak dana dan hanya membutuhkan website dasar, maka pilihlah WP. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun kecuali untuk hosting.

Dukungan Pelanggan

Fitur Wix dan Wordpress

IDwebhost


Baik wix dan wp telah melakukan pekerjaan yang luar biasa dalam memastikan bantuan supaya tersedia kapanpun user membutuhkannya. Wix memiliki dokumentasi yang teratur mengenai informasi platform mereka. Anda juga dapat mencari informasi tambahan di forum online. WordPress juga memiliki dokumentasi serupa tetapi WP unggul pada komunitas onlinenya. WordPress merupakan platform open source sehingga setiap orang berusaha melakukan berbagai hal berbeda padanya. Jika anda mempunuyai masalah, anda bisa mencarinya melalui google lalu dengan cepat akan memberikan jawaban atas masalah anda terkait wordpress.

Platform Mana yang Cocok Untuk Web Saya?
Semuanya tergantung pada kebutuhan anda. Anda perlu membuat rencana dan cari tahu fungsionalitas apa saja yang dibutuhkan. Anda bisa mengetahuinya jika sudah membuat rencana dan mencari tahu hal diatas.

Akhiran
Itulah penjelasan singkat dari kami. IDwebhost akan selalu memberikan artikel update terbaik perkembangan bisnis anda supaya bisa membantu anda meraih kesuksesan. Selain menyediakan jasa hosting, kamu bisa membuat website di IDwebhost, dan juga tersedia web desa gratis, promosi online, dan lain sebagainya dengan harga terjangkau dan kualitas yang unggul.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.