Skip to main content
➜ Cooming Soon.. Hosting Murah Berkualitas!

Cara Install Wordpress Menggunakan Softaculous di cPanel

Cara Install Wordpress Menggunakan Softaculous di cPanel
Cara Install Wordpress Menggunakan Softaculous di cPanel - Pada artikel ini kami akan menjelaskan tentang cara membuat blog menggunakan Wordpress dengan self hosting dan bukan Wordpress yang Gratisan, sekaligus penjelasan tentang bagaimana cara menginstall Wordpress ke domain dan hosting yang telah tersedia. Install Wordpress ke domain ini sebenarnya bisa menggunakan berbagai cara, baik itu secara online ataupun offline. Dan pada artikel ini kami akan menjelaskan cara install Wordpress menggunakan softaculous yang ada di cPanel.

Cara Install Wordpress Menggunakan Softaculous di cPanel
Apa itu Softaculous?
Softaculous adalah salah satu fitur yang ada di menu cPanel yang digunakan untuk memasang berbagai CMS atau sebagai alat untuk instalasi CMS seperti Wordpress, drupa, prestashop, Joomla dan sebagainya. Untuk menggunakan Softaculous ini sangat mudah sehingga dalam proses instalasi Wordpress atau yang lainnya juga sangat mudah dilakukan.

Kenapa Wordpress Harus di Install?
Karena kalau tidak di install maka proses pembuatan blog berbasis Wordpress tidak akan bisa karena Wordpress merupakan tempatnya. Tempat dari sebuah domain yang sudah memiliki hosting.

Wordpress sendiri merupakan salah satu CMS yang sangat populer dan banyak digunakan oleh para blogger atau perusahaan. Wordpress sangat mudah digunakan, bahkan bagi Anda yang ingin membuat blog untuk pertama kali, menggunakan Wordpress tidak akan mengalami kesulitan yang berarti. Apalagi dengan berbagai fitur yang dimiliki oleh CMS yang satu ini menjadikan Wordpress sebagai media blog terbaik saat ini. Lantas bagaimana cara memasang Wordpress kedalam blog dan hosting yang sudah tersedia?

Cara Install Wordpress Menggunakan Softaculous di cPanel

Seperti yang telah kami sebutkan diatas, untuk memasang Wordpress kedalam blog berikut beberapa cara mudah yang bisa Anda ikuti:
  • Login cPanel Hosting. carannya: Gunakan tautan cPanel domain Anda, misalnya https://digitalpoin.com/cpanel, lalu login menggunakan email yang dikirim dari penyedia layanan domain atau hosting yang Anda sewa.
  • Setelah masuk ke halaman cPanel, pilih menu Softaculous Apps Installer dan pilih dan klik Wordpress
Cara Install Wordpress di cPanel

Selanjutnya klik Install Now. Saat melakukan instalasi ini, Wordpress memiliki versi 5.2.1 dan versi ini terus meningkat seiring perkembangan Wordpress itu sendiri

Cara Install Wordpress di cPanel

Selanjutnya ada beberapa pengaturan yang harus dilakukan terlebih dulu sebelum Install Wordpress dilakukan seperti berikut:

Software Setup
Pada bagian ini silahkan ikuti aturan berikut:
Pada bagian Choose Protocol pilih sesuai dengan keiinginan Anda. Sebagai saran pilih yang https://www. Sedangkan pada Coose Domain masukkan alamat domain utama. Sebagai contoh kami menggunakan subdomain dari dari domain utama yaitu wp.digitalpoin.com. Sedangkan kolom In Directory biarkan saja kosong

Cara Install Wordpress di cPanel

Site Setting
Pengaturan blog secara umum bisa dilakukan dibagian ini yang meliputi Judul dan Deskripsi blog. Kolom ini sebenarnya juga bisa dibiarkan kosong karena pengaturan ini juga bisa dilakukan di halaman dashboard Wordpress nantinya. Namun jika Anda ingin mengaturnya dari sini maka bagian Site Name diisi dengan Judul Blog dan pada kolom Site Description diisi dengan Deskripsi Blog. Sebagai contoh:
  • Site Name : Digital Poin Blog
  • Site Description ; Panduan Cara Membuat Blog Khusus Pemula
  • Untuk Enable Multisite (WPMU) tidak perlu dicentang.
Cara Install Wordpress di cPanel

Admin Account
Bagian ini adalah digunakan untuk proses Login pada akun Wordpress pada domain yang telah terinstall. Karena untuk mengakses dashboard Wordpress Anda harus melalui halaman Login terlebih dulu yang biasanya menggunakan tautan wp-admin atau wp-login. Sebagai contoh: wp.digitalpoin.com/wp-admin

Jadi buatlah Username Password yang mudah diingat atau catat terlebih dulu username dan password yang telah dibuat agar tidak lupa. Username dan password ini digunakan untuk login ke halaman dashboard blog Wordpress Anda menggunakan tautan contohnamadomain.com/wp-admin. Membuat password bisa menggunakan Password Generator dengan tanda icon Kunci.

Untuk kolom Admin Email, gunakan email yang aktif saja, bisa dari Gmail atau yang lainnya. Sedangkan untuk bahasa yang digunakan adalah bahasa defaultnya yaitu bahasa Inggris.

Cara Install Wordpress di cPanel

Select Plugin(s)
Centang semua option yang ada pada bagian ini. Dan pada bgaian Advanced Options biarkan saja.

Sebelum mengklik tombol Install, isi terlebih dulu kolom email, Email installation details menggunakan email yang sama pada kolom email diatas, kolom Admin Email. Jika sudah klik Install.

Cara Install Wordpress di cPanel

Cara Install Wordpress di cPanel

Proses Install
Biarkan beberapa detik loading proses intalasi Wordpress ke blog Anda sedang berlangsung.

Cara Install Wordpress di cPanel

Data Login Wordpress
Jika proses intalasi Wordpress berhasil, maka akan tampil data url blog yang digunakan untuk Login ke dashboard Wordpress blog Anda. Contohnya adalah seperti gambar berikut:

Cara Install Wordpress di cPanel

Perhatian Juga:
Saat proses instalasi Wordpress ke blog selesai maka langkah selanjutnya ada login ke halaman dashboard blog Anda dengan menggunakan data login seperti gambar diatas. Biasanya Url login ke dashboard Wordpress adalah contohnamadomain.com/wp-admin. Simpan baik akun dan password tersebut. Dan jika Url contohnamadomain.com/wp-admin tidak bisa di akses, tunggu saja beberapa hari, biasanya membutuhkan 5 menit sampai dengan 3 hari. Atau silahkan akses blog kami yang telah kami install Wordpress di https://www.wp.digitalpoin.com

Itulah cara install Wordpress menggunakan Softaculous yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat, jik teman-teman ada yang ingin belajar membuat blog dengan menggunakan Wordpress atau Blogger, silahkan hubungi kami melalui Halaman Contact.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.