Skip to main content

Agar Blog Website Memiliki Peringkat Lebih Baik di Google

Agar Blog Website Memiliki Peringkat Lebih Baik di Google - Beberapa hari yang lalu kami sudah membahas tentang peringkat blog di search engine yaitu Google atau search engine lainnya. Cara yang kami share ini bukan menempatkan blog atau semua artikel blog selalu berada di halaman pertama Google tapi untuk beberapa topik atau keyword yang ditargetkan bisa menempati posisi pertama Google atau memiliki peringkat lebih baik.

Baca Artikel Sebelumnya: Cara Meningkatkan Peringkat Atau Rating Blog Di Search Engine

Tips sederhana ini termasuk bagian dari tips SEO dasar yang selalu kami update di blog ini, dengan mengshare tips-tips SEO ini bukan berarti kami ahli SEO tapi apa yang kami pelajari, semuanya akan kami share di blog ini termasuk topik agar peringkat blog ini.

Agar Blog Website Memiliki Peringkat Lebih Baik di Google
Memiliki blog dengan konten yang selalu berada di halaman pertama search engine seperti Google, Yahoo, Bing dan Yandex pasti adalah tujuan dan keinginan para pemilik blog atau website, tapi sayangnya tidak semua konten yang ada didalam blog bisa berada di halaman pertama Google. Kenapa? Karena Google memiliki cara tersendiri dalam memberikan peringkat dari masing-masing konten, salah satunya yaitu relevansi dari hasil pencarian yang dilakukan oleh pengguna atau pencari informasi.

Terkadang kita membuat konten dan dengan judul yang sudah benar-benar maksimal dalam optimasi, ternyata pengguna dalam melakukan pencarian di serach engine tidak seperti yang diduga sebelumnya. Misalkan ada orang tua yang ingin mencari panduan tentang mengaji untuk anaknya. Maka besar kemungkinan mereka akan mengetikkan berbagai frase kata seperti "agar anak pintar mengaji", "tips mengaji untuk anak", "mengatasi anak malas mengaji", "agar anak khafal al quran" dan frase kata lainnya yang mereka tentukan sendiri.

Untuk itulah didalam membuat artikel dan judul, kita bisa mengadopsi apa yang dilakukan oleh pengguna dalam melakukan pencarian di search engine. Kebiasaan-kebiasaan pengguna itulah yang bisa kita manfaatkan untuk mengembangkan kualitas konten blog kita. Selain melakukan riset yang tepat untuk kata kunci yang ditargetkan.

Bagaimana Agar Blog Website Memiliki Peringkat Lebih Baik di Google?

Meski belajar SEO ini sebenarnya sangat susah namun setidaknya didalam blog dan disetiap konten yang dibuat sudah memiliki nilai SEO yang bisa membantu meningkatkan peringkat blog lebih baik di Google. Dan berikut beberapa cara agar peringkat blog lebih baik lagi:

1. Optimalkan Judul, URL, dan Deskripsi
Tips ini adalah tips lama yang sampai saat ini masih digunakan. Mengoptimalkan judul, deskripsi artikel, URL, dan konten secara keseluruhan akan membantu blog memiliki peringkat lebih baik, khususnya saat pengindeksan. Terindeks lebih cepat atau lambat, berada di halaman pertama, kedua atau ketiga, atau tidak terindeks di halaman 1 - 10?

Untuk mengoptimalkan Judul dan Deskripsi, silahkan baca Cara Membuat Artikel Blog yang SEO Friendly

Sedangkan untuk URL atau permanent link banyak yang menyarankan agar menggunakan URL yang baik yaitu dengan menyertakan keyword kedalam URL tersebut. URL atau permanent link pada sabuah artikel secara otomatis mengikuti judul dari artikel tersebut, jadi Anda bisa mengoptimalkan URL ini.

Misalkan judul artikelnya: Agar Blog Website Memiliki Peringkat Lebih Baik di Google
Maka URLnya adalah: https://www.digitalpoin.com/2019/08/agar-blog-website-memiliki-peringkat.html
URL ini dioptimalkan menjadi: https://www.digitalpoin.com/2019/08/meningkatkan-peringkat-blog-di-google.html
Atau menjadi: https://www.digitalpoin.com/2019/08/agar-peringkat-blog-lebih-baik-di-google.html

2. Konten Bermanfaat
Tidak bisa dipungkiri orang mencari sesuatu atau informasi di Google adalah yang mereka butuhkan, bahkan hanya sekedar iseng-iseng, mereka pasti mengandalkan Google menemukan apa yang mereka cari dan mereka butuhkan. Untuk itulah, jika Anda sudah memiliki blog, isilah blog tersebut dengan konten-konten yang bermanfaat bagi orang lain, sekalipun Anda tidak membutuhkan konten tersebut.

Konten-konten yang bermanfaat adalah tips kesehatan anak dan wanita, kuliner resep masakan, panduan bisnis online, tips belajar dan pendidikan, otomotif, gadget dan teknologi, serta berbagai konten bermanfaat lainnya.

Dengan membuat blog yang memiliki konten benar-benar bagus dan bermanfaat bagi orang lain, besar kemungkinan peringkat blog Anda akan mudah baik di halaman search engine, dengan catatan tetap mengoptimalkan konten tersebut dengan SEO.

3. Loading Blog
Saat ini Google sudah sangat menyarankan agar loading blog atau kecepatan blog dimaksimalkan, karena ini adalah salah satu faktor penting membuat peringkat blog lebih baik. Jangankan Google atau orang lain, kita sendiri saja yang sebagai pemilik blog jika saat mengakses blognya sendiri terasa lemot alias lambat, maka kita akan merasa gak nyaman.

Kenyamanan blog bukan hanya dari sisi tampilan yang menarik atau konten yang bermanfaat tapi kecepatan akses atau loading blog adalah hal utama yang sangat dibutuhkan oleh orang lain. Jika kecepatan blog sangat baik, maka pengunjung blog akan betah dan akan membaca artikel yang lainnya.

4. Mobile Friendly
Silahkan cek blog Anda di https://search.google.com/test/mobile-friendly apakah sudah memiliki tampilan mobile atau belum? Jika belum segera ganti tampilannya dengan cara mengganti template atau tema yang sudah memiliki fitur mobile friendly.

Blog atau website mobile friendly maksudnya adalah blog tersebut jika di akses di ponsel atau smartphone maka tampilan sudah mengikuti bentuk dari smartphone atau ponsel tersebut dan tidak tampil tetap secara penuh seperti tampilan di layar laptop. Jadi semua halaman, semua konten baik itu gambar, video dan sebagainya sudah tampil menyesuaikan ponsel yang digunakan untuk mengakses blog Anda.

Selain tampilan, loading blog saat di akses di ponsel juga sangat cepat alias tidak lambat.

5. Daftarkan Blog Ke Google Webmaster
Selanjutnya adalah mendaftarkan blog ke Google Webmater, untuk caranya silahkan baca Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tools. Dengan mendaftarkan blog ke Google Webmaster maka Google akan mengetahui segala bentuk yang ada di blog Anda. Semuanya, termasuk cara mengindeks blog Anda. Untuk itu, jika Anda sudah membuat blog meskipun tanpa artikel, segera daftarkan ke webmaster.

Blog yang baru dan tanpa artikel bukan berarti tidak membutuhkan indeks, di blog itu juga ada yang harus segera di indeks yaitu Judul Blog dan Deskripsi Blog.

Begitu juga setelah selesai membuat artikel,jangan lupa untuk melakukan submit artikel ke Google Webmaster agar blog selalu diketahui kalau sedang melakukan update. Begitu juga dengan artikel yang baru tersebut agar bisa cepat terindeks.

Silahkan dicoba cara mudah agar blog atau website memiliki peringkat lebih baik di Google diatas secara berkala atau melakukan update secara rutin untuk setiap kontennya. Jika poin 3 dan 4 sudah terpenuhi, tidak perlu melakukan pergantian tema atau template, lakukan secara rutin pon 1, 2 dan 5. Semoga bermanfaat

Belum ada Komentar

Posting Komentar