Skip to main content
➜ Cooming Soon.. Hosting Murah Berkualitas!

Tips Optimasi Blog Topik Tertentu Agar Memiliki Peringkat Lebih Baik Di Google

Tips Optimasi Blog Topik Tertentu Agar Memiliki Peringkat Lebih Baik Di Google
Tips Optimasi Blog Topik Tertentu Agar Memiliki Peringkat Lebih Baik Di Google - Beberapa topik blog (niche) yang kurang maksimal untuk di optimasi adalah blog-blog dengan topik resep kuliner, musik dan lirik, toko online, blog wallpaper,video blog, dan blog-blog yang kurang memiliki informasi atau terbatas. Jika Anda memiliki blog dengan jenis topik seperti itu, dan masih baru, maka besar kemungkinan akan kalah saing dengan blog-blog sejenis atau blog-blog yang sudah besar.

Tips Optimasi Blog Topik Tertentu Agar Memiliki Peringkat Lebih Baik Di Google
Misalkan blog dengan topik kuliner yang hanya menampilkan list-list resep makanan dari setiap artikel tentang menu masakan, tidak ada yang bisa di indeks oleh Google kecuali hanya judul dari resep makanan tersebut. Bagaimana dengan deskripsi? Bukankah sudah disediakan kolom deskripsi untuk memberikan informasi tentang artikel tersebut? Dan deskripsi ini bukankah yang akan di indeks oleh Google?

Benar, deskripsi artikel adalah salah satu poin yang akan di indeks oleh Google sesuai dengan hasil pencarian yang ada di search engine. Oleh karena itu, meskipun sudah ada kolom deskripsi yang memberikan informasi tentang artikel blog, namun deskripsi dalam artikel itu juga harus ada. Google mengcrawler atau merayapi sebuah artikel bukan hanya dari segi deskripsi artikel yang ada didalam kolom deskripsi tapi seluruh artikel mulai dari Judul, Paragrap Pertama, Paragrap Tengah, Gambar, dan Paragrap Akhir akan dirayapi oleh Google Bot.

Google bot akan merayapi sesuai dengan relevansi hasil pencarian di search engine dalam melakukan indeks. Jika tidak ditemukan relevansi dalam hasil pencarian dengan konten yang ada didalam blog Anda, maka besar kemungkinan blog Anda tidak akan memiliki peringkat yang lebih baik. Lantas bagaimana agar blog dengan topik tertentu seperti blog resep kuliner, wallpaper, lirik musik, video blog, dan toko online bisa bersaing di search engine atau memiliki peringkat yang lebih baik di Google?

Tips Optimasi Blog Topik Tertentu Agar Memiliki Peringkat Lebih Baik Di Google

Agar blog bisa memiliki peringkat yang lebih dan bersaing dengan blog-blog besar untuk topik atau niche tertentu maka dalam membuat blog dan mengisi blog dengan artikel harus membuat artikel yang lengkap yang berisi:
  • Judul artikel dengan keyword utama.
  • Deskripisi blog dengan memasang keyword utama.
  • Membuat artikel yang lengkap yang berisi:
    • Paragrap pertama berisi keyword utama.
    • Paragrap kedua berisi narasi dan bisa memasukkan keyword yang relevan.
    • Gambar artikel. Jangan lupa tambahkan atribut ALT TITLE. Baca Cara Optimasi Gambar Artikel
    • Paragrap ketiga berisi heading tag, dan konten utama dari topik yang dibuat.
    • Paragrap keempat berisi narasi penutup dan memasukkan keyword utama.
Contohnya:
Dibawah ini kami contohkan salah satu artikel tentang resep masakan.

Judul: Resep Cara Membuat Masakan Ayam Bumbu Cabai Hijau
Bahan:
  • 500 gram Ayam, potong dan bersihkan
  • 1 sachet Bumbu Racik Ayam Goreng Indofood
  • 1/2 bungkus Sambal Hijau Indofood
  • 500 ml Minyak Goreng Bimoli
  • 500 ml Air
  • 1 buah Cabai Hijau, iris
  • 1 genggam Daun Kemangi
Cara Membuat:
  1. Didihkan air, bumbui dengan Racik Ayam Goreng Indofood.
  2. Masukan ayam potong, ungkep hingga bumbu meresap. Sisihkan.
  3. Panaskan minyak, goreng ayam hingga warna keemasan.
  4. Tumis Sambal Hijau Indofood, masukan ayam dan cabe hijau besar iris.
  5. Aduk hingga bumbu tercampur merata. Sajikan dengan kemangi.

Jika artikel diatas di optimasi maka akan berubah menjadi seperti ini:

Judul: Resep Cara Membuat Masakan Ayam Bumbu Cabai Hijau
Untuk membuat masakan ayam bumbu cabai hijau sangat mudah dilakukan karena bahan-bahan yang digunakan sangat mudah didapat, begitu juga dengan cara membuat masakan ayam bumbu cabai hijau ini, selama bahannya lengkap tersedia maka memasak pun jadi mudah. Apalagi untuk membuat masakan yang satu ini tidak terlalu membutuhkan pengetahuan yang lebih, cukup menerapkan resep dan cara membuatnya yang telah kami sediakan.

tips optimasi blog

Begitu juga dengan jumlah porsi yang diinginkan, didalam artikel ini kami hanya menyediakan resep makanan untuk 2 - 3 orang saja, Anda bisa menambahkannya lebih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan. Termasuk bahan-bahan yang lainnya harus disesuaikan dengan porsi yang diinginkan. Dan untuk bumbu masakan kami menggunakan bumbu masakan dari Racik dan sudah kami sertakan dalam resep dan cara penggunaannya.

<h3>Resep Cara Membuat Masakan Ayam Bumbu Cabai Hijau</h3>
Untuk membuat ayam bumbu hijau, silahkan gunakan beberapa bahan resep yang telah disediakan dibawah ini. Oiya, masakan ini bisa Anda modifikasi sesuai dengan keinginan Anda misalnya mengganti cabe hijau dengan cabe merah, atau dikombinasikan dengan masakan yang lainnya. Silahkan dicoba:

Bahan-Bahan Membuat Ayam Bumbu Cabe Hijau:
  • Sediakan 500 gram daging ayam, potong dan bersihkan
  • 1 sachet Bumbu Racik Ayam Goreng Indofood
  • 1/2 bungkus Sambal Hijau Indofood
  • Minyak Goreng Bimoli 500 ml
  • Air 500 ml
  • 1 buah Cabai Hijau, iris tipis-tipis
  • 1 genggam Daun Kemangi atau secukupnya
Cara Mmebuat Masakan Ayam Bumbu Hijau:
  1. Didihkan air dan masukkan bumbu Racik Ayam Goreng Indofood.
  2. Masukan daging ayam yang telah dipotong, biarkan hingga bumbu meresap. Sisihkan.
  3. Panaskan minyak Bimoli, goreng ayam hingga warna keemasan.
  4. Tumis Sambal Hijau Indofood hingga wangi dan masukan ayam serta irisan cabe hijau.
  5. Aduk hingga bumbu tercampur merata.
  6. Sajikan masakan dengan kemangi.
Itulah resep cara membuat ayam bumbu cabe hijau yang bisa diterapkan di rumah Anda. Masakan ini bisa menjadi masakan favorit keluarga Anda. Silahkan dicoba.

Dari contoh diatas, maka Anda sudah bisa membuat kesimpulan sendiri mana artikel yang lebih mudah di indeks dan akan memiliki peringkat yang lebih baik di search engine. Artikel pertama adalah artikel yang kami ambil dari masakapaya.com, sedangkan artikel kedua adalah artikel yang telah kami optimasi.

Baca Juga: Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Tips optimasi artikel blog ini bisa digunakan untuk semua jenis artikel yang Anda punya, apalagi blog dengan jenis Wallpaper, blog ini hanya menampilkan tampilan gambar saja di halaman depan (homepage) tapi di halaman artikel (single post), deskripsi artikel harus ditampilkan juga agar artikel bisa dengan mudah terindeks. Selamat mencoba dan silahkan dikembangkan, hati-hati terhadap duplikat konten.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.