Skip to main content
➜ Bikin Websitemu.. GRATIS Domain & Unlimited Hosting

5 Cara Membuat Artikel Blog yang Disukai Pembaca

5 Cara Membuat Artikel Blog yang Disukai Pembaca
5 Cara Membuat Artikel Blog yang Disukai Pembaca - Membuat sesuatu yang disukai oleh orang lain itu sangat sulit untuk dilakukan, begitu juga dengan sebuah tulisan, tulisan dalam bentuk artikel yang dibuat sebegitu panjang dan lebar belum tentu menarik untuk dibaca. Namun artikel dengan sedikit materi lebih menarik untuk dibaca. Lantas bagaimana cara membuat artikel blog yang disukai pembaca?

5 Cara Membuat Artikel Blog yang Disukai Pembaca
Rata-rata artikel blog yang dibuat merupakan ungkapan hari, pikiran, perasaan atau keinginan dari pemilik blog tersebut. Jadi dari situasi ini, hampir semua konten yang tersedia adalah konten yang dimengerti dan disukai oleh diri sendiri bukan orang lain. Misalkan artikel tentang dirinya bepergian ke suatu tempat wisata, atau artikel yang menceritakan tentang produk yang baru di beli, atau hanya menceritakan tentang dirinya sendiri.

Boleh-boleh saja membuat konten tentang apa yang telah dialami atau dilakukan namun konsepnya harus tetap pada orang lain. Ada orang lain didalam konten tersebut yang benar-benar membutuhkan materi yang ada. Kalau kita, kita hanya sebagai pemberi nilai tambah dalam konten tersebut yaitu memberikan pengalaman yang bisa memberikan gambaran kepada pembaca. Jadi tidak melulu hanya kita yang ada didalam konten tersebut, tapi ada orang lain. Jika tidak bisa menampilkan orang lain dalam konten tersebut, jadikan diri sendiri sebagai orang lain didalamnya.

Dengan adanya konsep seperti ini konten artikel yang dibuat akan berjalan 2 arah yaitu dari penulis dan dari pembaca. Penulis menuangkan emosi dalam membuat artikel dan pembaca merasa tergugah emosinya dengan materi konten tersebut. Jika hanya terkonsep 1 arah yaitu hanya untuk penulis, yaa kemungkinan besar konten artikel tersebut tidak akan disukai pembaca blog Anda.

5 Cara Membuat Artikel Blog yang Disukai Pembaca

Jika artikel blog disukai pembaca maka ada efek positif untuk perkembangan blog tersebut yaitu trafik blog meningkat. Seperti apa ciri-ciri artikel blog yang disukai pembaca? Artikel yang berisi pengetahuan, informasi, tips dan trik, atau artikel-artikel yang berisi tentang solusi yang bisa membantu para pembaca menyelesaikan masalah mereka. Bagaimana dengan konten viral? Selama konten tersebut bermanfaat, silahkan bikin saja yang terpenting jangan bikin konten viral yang hanya berisi isu atau gosip-gosip orang lain.

Selain beberapa hal diatas dalam membuat artikel agar disukai pembaca juga harus memperhatikan beberapa poin penting dalam membuat artikel yaitu:
1. Artikel Natural
Buatlah artikel secara alami atau natural yaitu artikel yang dibuat sendiri bukan dari hasil copy paste. Meskipun artikel yang dibuat adalah pengalaman sendiri (seperti yang disebutkan diatas) setidaknya ada nilai lebih dari artikel tersebut yang bermanfaat bagi orang lain. Selain itu, jadikan artikel yang telah dibuat menjadi artikel yang SEO Friendly agar lebih mudah terindeks di halaman search engine.

Baca Juga Bagaimana Cara Membuat Artikel Blog yang SEO Friendly?

2. Keyword Berlebihan
Keyword pada konten artikel memang sangat penting keberadaannya, namun penggunaan keyword yang berlebih akan membuat artikel tidak nyaman untuk dibaca karena banyaknya pengulangan kata yang terjadi dalam artikel. yang terpenting tetap fokus pada konten, sedangkan untuk penggunaan keyword paling tidak sudah ada di paragrap pertama, tengah artikel dan diakhir paragrap.

3. Konten Relevan
Buat dan bangun konten relevan dalam blog Anda. Maksudnya seperti ini, artikel yang dibuat tidak hanya satu artikel saja tapi buatlah artikel lainnya yang memiliki topik yang sama sehingga artikel-artikel akan terkait satu sama yang lainnya yang saling berhubungan. Agar artikel dengan topik yang sama saling berhubungan, selain menggunakan link tautan, gunakan keyword yang relevan atau yang sama.

Konten yang relevan didalam sebuah blog akan menjadi related konten yang akan menarik pembaca.

4. Judul Artikel Menarik
Pokok utama sebuah artikel yang menjadi perhatian pembaca adalah judul. Judul yang baik belum tentu akan membuat pembaca membaca artikel dari judul tersebut, namun judul yang baik yang membuat penasaran orang lain untuk mengetahui isi dari judul tersebut akan membuat artikel disukan pembaca. Bagaimana cara membuat judul yang menarik?

Baca Juga Cara Membuat Judul Artikel Blog yang SEO Friendly

Membuat judul artikel yang bikin penasaran untuk membaca isi artikelnya adalah dengan menggunakan kata-kata atau kalimat yang bisa menarik perhatian namun tetap mengedepankan konsep SEO friendly.

5. Sosial Media
Gunakan sosial media untuk membagikan artikel blog yang telah dibuat, semakin banyak share artikel yang dilakukan semakin besar artikel blog Anda disukai oleh pembaca dan selain itu akan meningkatkan trafik kunjungan blog Anda. Agar lebih mudah dalam membagi artikel ke sosial media, gunakan tombol share sosial media disetiap artikel blog.

Semakin banyak artikel blog yang disukai pembaca maka akan membantu meningkatkan peringkat blog Anda. Jika peringkat blog semakin baik, maka tarfik blog juga akan meningkat, dan semakin lama akan membuat blog semakin diminati oleh banyak orang dan dipercaya.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.