Skip to main content
➜ Bikin Websitemu.. GRATIS Domain & Unlimited Hosting

Keyword Blog : Pengertian, Fungsi Dan Jenis Keyword

Keyword Blog : Pengertian, Fungsi Dan Jenis Keyword
Keyword Blog : Pengertian, Fungsi Dan Jenis Keyword - Teman-teman blogger pasti sudah tahu apa itu keyword. Singkatnya, keyword atau kata kunci adalah target kata yang digunakan dalam sebuah kalimat atau paragrap untuk mengidentifikasi makna utama atau pokok utama dari kalimat atau paragrap tersebut. Seberapa panjang atau banyak kalimat yang digunakan dalam sebuah paragrap, keyword atau kata kunci inilah yang hanya bisa digunakan sebagai pokok utama bahasan.

Keyword Blog Pengertian Fungsi Dan Jenis Keyword
Misalkan kalimat atau paragrap yang Anda buat tentang "template kompi flexible v8". Maka didalam deskripsi kalimat atau paragrap tersebut ada kata kunci atau keyword yang menuliskan "template kompi flexible v8". Contoh kalimatnya seperti ini:
"Template terbaik untuk Blogspot saat ini adalah template kompi flexible v8 karena template blog ini banyak digunakan oleh para blogger. Apalagi dengan fitur-fitur yang disematkan kedalam template ini mengikuti perkembangan Algoritma Google. Sehingga menjadikan template kompi flexible sebagai template yang seo friendly dan mobile friendly dengan loading score 100%. Serta beberapa fitur lainnya. Jika Anda tertarik untuk menggunakan template blogspot ini, silahkan hubungi pemiliknya yaitu mas Adhy Suryadi..."

Didalam contoh kalimat diatas, ada 2 kata kunci tentang "template kompi flexible" yang ditulis. Penulisan keyword didalam satu paragrap cukup berisi 1 - 2 kata kunci dan tidak boleh lebih atau hanya cukup 1 kata kunci saja, karena didalam sebuah artikel terdiri dari beberapa paragrap dan setiap paragrap memiliki frase kata atau jumlah kata yang berbeda dan tidak semua paragrap tersebut harus diisi atau ditulis kata kunci yang ditargetkan.

Keyword Blog : Pengertian, Fungsi Dan Jenis Keyword

Pengertian Keyword
Keyword atau kata kunci sebenarnya bukan berasal dari penulisan artikel yang dibuat tapi diadaptasikan dari setiap orang yang melakukan pencarian di internet. Seseorang yang mencari suatu informasi akan menuliskan kata-kata yang sederhana. Misalkan seorang blogger mencari sebuah template untuk blogspot, maka dia akan menuliskan kata (tanpa tanda petik) "template blogspot", "template blogspot seo friendly", "template blogspot terbaik", "template blogspot 2019", "template blogspot premium" dan sebagainya sampai sebuah template yang diinginkan dia dapat.

Bahkan dia akan mencari sebuah template premium namun ingin didapatkan secara gratis, misalkan kami contohkan template premiumnya adalah "template kompi flexible" maka dia akan menuliskan kata "template kompi flexible gratis".

Dari semua kata-kata yang ditulis saat melakukan pencarian tersebut disimpan dan digunakan oleh search engine untuk membuat analisa dan relevansi dari setiap kata yang ditulis. Dan selanjutnya akan dicocokkan dengan blog yang membahas atau memuat keyword tersebut. Blog mana yang akan ditampilkan di halaman pertama dan yang tidak. Jika blog Anda ingin ditampilkan di halaman pertama, buatlah artikel yang sebaik mungkin dan tidak harus terlalu memuat kata kunci yang ditargetkan terlalu banyak atau berlebihan, karena sudah tidak zamannya seperti itu.

Fungsi Keyoword
Sebelum membahas cara menggunakan dan menuliskan kata kunci yang benar kedalam artikel, kita harus tahu dulu fungsi dari keyword ini. Dengan mengetahui fungsinya maka akan membuat kita lebih mudah melakukan optimasi keyword yang baik. Berikut beberapa fungsi keyword atau kata kunci:
  1. Menampilkan informasi yang paling relevan dengan yang dicari oleh orang lain di search engine. Informasi yang ditampilkan ini adalah artikel blog atau website yang sesuai dengan kata kunci yang dicari tersebut.
  2. Menampilkan artikel blog berada di halaman pertama search engine.
  3. Meningkatkan peringkat blog jika blog dengan kata kunci utama atau keyword selalu berada di halaman pertama search engine.
  4. Meningkatkan trafik blog jika artikel blog selalu berada di halaman pertama.
  5. Meningkatkan nilai jual blog.
Untuk menjadikan blog sebagai blog yang mampu memberikan fungsi dan manfaat bagi pemiliknya, satu-satunya cara harus melakukan optimasi. Optimasi yang dilakukan pada sebuah blog sangat banyak sekali dan salah satunya adalah keyword ini. Keyword yang baik dengan penulisan yang benar dalam setiap artikel blog, akan membantu peringkat blog di search engine. Namun itu tidak mudah.

Jenis Keyword
Selain dari yang telah dijelaskan diatas, ada beberapa poin penting yang harus diketahui tentang keyword yaitu jenis-jenis keyword. Didalam penulisan artikel, memang harus menggunakan dan memasang kata kunci didalamnya namun setiap kata kunci tersebut memiliki jenis yang berbeda. Kenapa berbeda? Karena jika hanya menggunakan kata kunci yang sama dan berulang-ulang akan membuat artikel tidak menjadi unik dan bisa ditandai sebagai artikel spam oleh Google meskipun artikel yang dibuat ditulis sendiri.

Agar penulisan artikel menjadi lebih dengan penggunaan kata kunci atau keyword yang merata pada setiap paragrap artikel, maka jenis-jensi keyword ini akan membantu dalam penulisan kata kunci yang lebih baik. Berikut jenis beberapa jenis keyword yang sering digunakan dalam melakukan optimasi artikel:

Keyword Berdasarkan Kata
Jenis keyword ini dibagi menjadi 2 yaitu:
  • Short Tail Keyword: Kata kunci yang hanya menggunakan 2 - 3 frase kata. Contohnya: template gratis, template premium, tips kesehatan anak, cara belajar membaca, cara membuat blog, jasa pembuatan blog, dan sebagainya. Namun sayangnya untuk keyword jenis ini sangat sulit di optimasi karena harus bersaing dengan puluhan juta frase keyword yang digunakan oleh banyak website atau blog dengan topik yang sama.
  • Long Tail Keyword: Kata kunci yang menggunakan lebih dari 3 frase kata. Contohnya: download gratis template premium, panduan membuat template blogspot, cara melakukan optimasi blog untuk meningkatkan ranking blog, dan sebagainya. Dari contoh ini, penggunaan keyword sudah tidak berfokus hanya pada 1 keyword utama tapi juga bisa mengoptimasi keyword tambahan lainnya.
Keyword Berdasarkan Waktu
Jika Anda pernah membaca sebuah informasi yang sedang viral saat ini, maka keyword yang digunakan pada informasi tersebut adalah keyword musiman atau pada waktu tertentu. Dan jenis keyword ini dibagi menjadi 2 yaitu:
  • Keyword Permanen: Jenis keyword ini adalah keyword yang befungsi selamanya alias abadi dan tidak akan ada perubahan meski Google melakukan perubahan algoritmanya berkali-kali, keyword ini tetap berfungsi dengan baik selamanya. Selain itu keyword jenis ini tetap mendatangkan trafik ke blog. Contoh keyword ini yaitu: diet, obat jerawat, kecantikan, kesehatan wanita, dan sebagainya.
  • Keyword Sementara: Kata kunci sementara yang hanya digunakan pada saat ini juga. Misalnya adanya informasi terupdate atau yang lagi viral maka penggunakan pada konten informasi tersebut, menggunakan keyword sementara. Meskipun dengan kata kunci sementara, namun bisa memberikan lindakan trafik blog dan tentunya juga harus bersaing dengan blog-blog berita lainnya. Contohnyua: hasil lengkap Moto GP 2019 atau selebritis yang lagi viral karena kasus tertentu itu bisa dibuatkan keyword sementara dan hasilnya untuk jenis keyword sangat bagus.
Keyword Berdasarkan Pemirsa
Pada kata kunci ini, digunakan berdasarkan apa yang dibutuhkan oleh orang dan mencarinya di internet dan mentarget pada orang-orang tertentu yang bisa berdasarkan umur, lokasi, kebiasaan, dan sebagainya. Jenis keyword ini dibagi menjadi 2 yaitu:
  • Keyword Umum: Penggunaan kata kunci dalam sebuah artikel yang ditujukan agar bisa mentarget semua orang. Misalnya: Cara Agar Pasangan Tidak Selingkuh, Cara Meningkatkan Kecepatan Internet di Ponsel, Cara Mengatasi Ponsel Lemot, dan sebagainya.
  • Keyword Khusus: Kata kunci yang digunakan secara khusus untuk mentarget orang-orang yang membutuhkan informasi tertentu. Contohnya: tips anak cerdas, cara ikut lomba olimpiade, dan sebagainya.
Jadi penggunaan kata kunci atau keyword dalam artikel itu sangat penting banget, karena banyak sekali manfaat yang didapatkan jika benar-benar bisa memaksimalkan kata kunci ini dengan baik. Apakah penggunaan keyword hanya dalam artikel? Tidak, hampir semua elemen yang ada pada artikel termasuk judul artikel, gambar, dan video juga harus ditanamkan keyword didalamnya.

Tentunya juga, untuk menggunakan keyword yang baik, selain yang telah dijelaskan diatas harus didahului dengan melakukan riset keyword. Apa itu riset keyword? Sederhanya adalah melakukan penelitian dan menemukan kata kunci yang benar-benar optimal untuk dijadikan artikel blog. Kisah selanjutnya tentang keyword research ini akan kami bahas pada artikel selanjutnya. Terimakasih sudah membaca artikel tentang Keyword Blog : Pengertian, Fungsi Dan Jenis Keyword ini, semoga bermanfaat.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.