Skip to main content
➜ Cooming Soon.. Hosting Murah Berkualitas!

7 Tujuan & Manfaat Blog yang Menguntungkan Untuk Anda

7 Tujuan & Manfaat Blog yang Menguntungkan Untuk Anda
7 Tujuan & Manfaat Blog yang Menguntungkan Untuk Anda - Membuat blog dan memiliki sebuah blog atau website mungkin bukan salah satu aktivitas favorit kebanyakan orang, meskipun banyak yang ingin membuatnya namun mereka kadang mengalami berbagai kendala sehingga blog yang telah dibuatnya tidak terurus dengan baik. Ada banyak kendala yang dialami oleh setiap orang yang akan membuat blog, salah satunya adalah artikel atau konten blog.

7 Tujuan & Manfaat Blog yang Menguntungkan Untuk Anda
Artikel adalah salah satu komponen penting yang ada didalam blog atau website, tanpa adanya artikel maka blog tersebut tidak akan berarti. Meskipun selain artikel, ada juga yang hanya menampilkan gambar atau video namun 90% isi dari sebuah blog dan website adalah teks yaitu artikel. Namun untuk membuat sebaris artikel pada sebuah blog bukanlah sesuatu hal yang mudah, kebanyakan yang masih baru dalam memulai membuat blog gagal di artikel. Kenapa?

Baca Juga Cara Membuat Artikel Blog Unik Untuk Update Blog Terbaru

Selain masalah artikel yang menjadi kendala, tujuan blog itu sendiri yang juga menjadi permasalahan. Banyak para blogger pemula yang memiliki tujuan memiliki blog itu adalah untuk menghasilkan uang. Padahal tidak semudah itu dan tujuan blog bukan itu. Tujuan blog adalah untuk memberikan informasi yang menarik dan bermanfaat bagi semua orang. Jika tujuan ini tercapai, maka menghasilkan uang melalui blog besar kemungkinan juga akan berhasil.

Jadi ketika ingin membuat blog, buat dulu tujuannya. Untuk apa blog Anda? Apa isinya? Bermanfaat atau tidak? Banyak yang butuh atau tidak isi dari blog tersebut? Jangan uang dulu yang dipikirkan, jika uang yang dipikirkan maka dikhawatirkan Anda malah bertindak tidak baik, seperti melakukan penipuan atau sebagainya.

Memang tujuan membuat blog atau website itu tergantung dari orangnya, namun lebih baik buatlah blog yang berisi informasi yang bermanfaat bagi orang lain namun tetap menguntungkan Anda dimasa yang akan datang. Atau paling tidak memberikan solusi dari setiap informasi yang disampaikan dalam blog untuk orang lain.

Tujuan blog bisa dilihat dari topik yang dibahas dalam blog itu sendiri, berbagai macam topik yang bisa menjadi tujuan utama blog antara lain blog perusahaan, blog kesehatan, blog makanan, blog fashion, blog tutorial, blog hiburan dan sebagainya.

Jika tujuan blog sudah tercapai, maka suatu saat Anda merasakan hasilnya, merasakan manfaat dari yang telah Anda lakukan selama ini. Manfaat sebuah blog tidak hanya dirasakan oleh orang lain tapi pemilik blog atau website itu juga. Bahkan manfaat yang tidak terduga bisa Anda dapatkan dan berikut manfaat blog yang menguntungkan Anda dan orang lain:

1. Berbagi & Menambah Pengetahuan
Selain memberikan informasi yang bermanfaat untuk orang lain, ternyata menjadi seorang blogger juga bermanfaat untuk dirinya sendiri karena setiap blogger pasti akan mencari berbagai sumber informasi yang digunakan sebagai bahan artikelnya. Selain itu, manfaat terbesar yang selalu diharapkan adalah menghasilkan uang dari blognya tersebut.

Baca Juga 7 Cara Menghasilkan Uang Melalui Blog di Internet

2. Mengasah Kemampuan Menulis
Kendala utama menjadi seorang blogger adalah menulis artikel. Tidak semua orang bahkan yang sudah berpendidikan tinggi sekalipun bisa menulis dalam sebuah blog. Padahal menulis di blog itu lebih mudah jika dibandingkan menulis di sebuah buku. Dengan memiliki blog, maka pada saat itu juga Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk menulis, menulis dan menulis artikel terbaik untuk blog Anda.

Baca Juga Cara Membuat Artikel Blog Unik Untuk Update Blog Terbaru

Ssst... Seorang blogger bisa menjadi seorang penulis buku loh... Kalau sudah menjadi penulis, siap-siap deh Anda mulai menerbitkan banyak buku dan menghasilkan uang... Seru kan?

3. Menghasilkan Uang Secara Online
Seperti yang telah sebutkan diatas, seorang blogger tujuan utamanya adalah menghasilkan uang dan itu sudah banyak yang membuktikan dan benar-benar terbukti. Bagaimana cara menghasilkan uang melalui blog? Belajar dan buatlah blog, itu langkah awalnya. Prosesnya tentu lebih panjang dari langkah awal, namun jika tujuannya difokuskan, maka semuanya bisa tercapai.

Selain digunakan untuk menulis artikel dan berbagi informasi, blog bisa digunakan untuk menjual produk yang Anda miliki, membuka usaha jasa yang Anda jalani, menyediakan jasa pemasangan iklan, dan sebagainya hanya dalam 1 blog.

4. Pekerjaan Sampingan
Tahukah Anda saat ini banyak sekali orang yang mengandalkan blog sebagai sumber penghasilan utama mereka, bahkan ada teman saya yang seorang pengangguran (maaf bro..) mampu menghasilkan uang puluhan juta per bulan hanya dari sebuah blog. Bahkan ada juga yang di rekrut sebuah perusahaan karena blog, yaitu mereka menampilkan hasil karya atau usahanya kedalam blog mereka dan ternyata hasil karya tersebut diminati oleh sebuah perusahaan dan ujung-ujungnya di hubungi dan diajak bekerja sama.

5. Manfaat Blog Untuk Bisnis
Seperti yang telah kami sebutkan diatas, jika Anda memiliki usaha, apapun itu selama bermanfaat bagi orang lain, kenapa tidak di-online-kan saja menggunakan blog? Tanpa lapak, tanpa toko, usaha Anda pasti bisa dikenal banyak orang hanya dengan menggunakan blog. Yang terpenting adalah tetap melakukan promosi secara berkala dengan bantuan media sosial seperti bikin status di Instagram, Facebook, Twitter dan Whatsapp.

6. Terkenal
Jika Anda memiliki blog dengan segudang informasi yang bermanfaat dan sangat dibutuhkan oleh orang lain, jangan heran jika suatu saat Anda akan dikenal banyak orang karena blog dan konten yang Anda tulis. Saat ini sudah banyak orang terkenal melalui blog yang mereka bangun, salah satunya adalah kang Adhy Suryadi. Ada yang kenal? Pasti semua blogger sudah mengenal pemilik blog Kompi Ajaib ini.

Lalu apa gunanya kalau sudah terkenal melalui blog? Kalau blog Anda sudah terkenal maka Anda sebagai pemilik blog tersebut juga terkenal. Terkenalnya sebuah blog karena banyaknya orang yang berkunjung dan mengetahui blog tersebut. Jika pengunjung blog banyak, maka itu merupakan bagian dari sumber penghasilan Anda.

Blog bisa digunakan untuk menayangkan iklan, digunakan untuk content replacement atau jasa review, dan meningkatkan klik pada iklan jika blog Anda digunakan sebagai penayang iklan seperti Adsense.

7. Dapatkan Lebih Banyak Calon Pelanggan
Seperti yang telah kami sebutkan diatas, blog bisa digunakan sebagai media jualan produk. Nah jika ingin produk yang dijual mendapatkan banyak respon, apalagi produk terbaru. Gunakan blog sebagai media promosi untuk pertama kali dengan cara membuat artikel ulasan tentang produk tersebut. Semakin banyak ulasan terbaik yang dibuat tentang produk tersebut maka besar kemungkinan orang akan menjadi tertarik.

Jadi jika ditarik kesimpulan dari artikel diatas, ternyata manfaat blog adalah untuk menghasilkan uang. hehehe... Bagaimana tertarik untuk membuat blog? Baca caranya di Cara Membuat Blog di Blogspot (Blogger.com) Terlengkap & Terbaru
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.