Skip to main content
Kelas Online: Belajar Website!

Selamat Hari Kartini Buat Blogger Kartini

Selamat Hari Kartini Buat Blogger Kartini
Selamat Hari Kartini Buat Blogger Kartini - Terlahir pada bulan April, Kartini adalah salah satu pahlawan terkenal dari Indonesia yang selalu di kenang akan jasa-jasanya khususnya bagi para wanita. Termasuk teman-teman blogger wanita yang selalu aktif dalam memberikan informasi atau apaun yang tertuang dalam blog kalian. Dan tepat pada tanggal 21 April 2019 nanti, pahlawan wanita dengan nama lengkap Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat akan diperingati hari lahirnya oleh seluruh rakyat Indonesia.

Selamat Hari Kartini Buat Blogger Kartini
Menurut cerita... Semasa hidupnya, Kartini sangat aktif dalam membaca, menulis atau surat menyurat (korespondesi) dengan teman-temannya baik yang ada didalam atau[un diluar negeri. Kegiatan tulis menulis ini memberikan ide bagi seorang Kartini untuk menuangkan segala permasalahan yang dialami wanita pada saat ini. Beberapa permasalahan yang terjadi yaitu kurangnya kebebasan seorang wanita dalam kehidupan sosial budaya dan agama.

Dari permasalahan yang dialami oleh wanita pada saat itu, muncul lah istilah emansipasi wanita, yaitu adanya persamaan hak pada wanita. Sebenarnya jika dilihat dari sejarahnya, persamaan hak pada wanita ini bukan memberikan persamaan yang didapat pada laki-laki meskipun dalam pemikirannya Kartini juga sempat menyinggung masalah poligami, persamaan yang dimaksud adalah persamaan wanita pribumi dengan wanita eropa waktu itu.

Mungkin atau bahkan saat ini wanita eropa memang lebih bebas dari wanita Indonesia. Namun seiring munculnya istilah emansipasi wanita tersebut serta munculnya buku "Habis Gelap Terbitlah Terang" yang merupakan karang dari seorang pria Belanda, J.H. Abendanon yang juga menjabat sebagai Menteri Kebudayaan, Agama dan Kerajinan Hindia Belanda. J.H. Abendanon mengumpulkan surat-surat yang pernah ditulis oleh R.A Kartini dan dibuatlah dalam bentuk sebuah buku yang hingga kini istilah "Habis Gelap Terbitlah Terang" sangat populer.

Biodata R.A Kartini
  • Nama Lengkap : Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat
  • Nama lain : R.A Kartini
  • Tempat dan Tanggal Lahir : Jepara, Jawa Tengah, 21 April 1879
  • Wafat : Rembang, Jawa Tengah, 17 September 1904
  • Agama : Islam
  • Orang Tua : Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat (Ayah), M.A. Ngasirah (Ibu)
  • Saudara Kandung : R.M Slamet Sosroningrat, P.A Sosrobusono, R.A Soelastri, Drs. R.M.P Sosrokartono, R.A Roekmini, R.A Kardinah, R.A Kartinah, R.M Muljono, R.A Soematri, R.M Rawito
  • Suami : K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat
  • Anak : Soesalit Djojoadhiningrat
Bagaimana Dengan Wanita Sekarang?
Kami tidak akan membahas wanita secara keseluruhan, namun disini kami sedikit membahas tentang wanita yang aktif menulis di blog, wanita yang memiliki blog, wanita yang selain sebagai ibu rumah tangga juga sebagai blogger, Kartini Blogger. Pokoknya wanita yang berhubungan dengan blog :)

Banyak sekali wanita yang bermain blog, mulai dari yang masih belia atau masih gadis dan yang emak-emak melakukan aktivitas blogging. Khususnya yang emak-emak blogger, kami sangat salut dengan mereka, disela-sela waktunya sebagai ibu rumah tangga, mengurus anak dan suami, mereka masih membagi waktu untuk memberikan dan berbagi informasi apapun sesuai dengan minat mereka.

Banyak sekali yang mereka bahas di blog mereka masing-masing, mulai dari topik fashion, kuliner, travel, teknologi, tutorial, dan hobbi-hobbi mereka dituangkan dalam sebuah blog. Bahkan ada juga yang selain main blog juga menjadi seorang internet marketing, kerja samping di internet yang memberikan profit melimpah. Keren banget!

Lantas Apa Hubungannya Dengan Hari Kartini?
Jika seorang Kartini menuangkan ide dan pemikirannya pada secarik kertas sehingga menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang hingga saat ini, maka seorang wanita yang beraktivitas dengan blog, juga memiliki tujuan yang hampir sama yaitu menuangkan ide dan pemikiran mereka dalam sebuah blog atau berbagai macam blog yang juga bermanfaat untuk orang lain. Ada kesamaan dalam aktivitas mereka, Kartini menulis dan blogger wanita juga menulis. Meskipun tujuan dan hasilnya berbeda tapi manfaat bagi orang lain yang membuat mereka layak untuk dijadikan contoh dalam berkreasi dan berprestasi.

Kartini berprestasi sebagai seorang wanita yang bisa mengangkat derajat pada kaumnya sendiri sehingga dia menjadi pahlawan wanita yang menjunjung tinggi keberadaan kaumnya, wanita. Begitu juga dengan wanita blogger, dengan blognya mereka juga berprestasi, baik untuk diri sendiri atau orang lain. Kami tidak bisa menyebutkan siapa saya wanita blogger berprestasi dan penuh inspiratif disini, namun melalui halaman Google, Anda akan menemukan banyak sekali wanita blogger yang berprestasi.

Kami juga banyak mengetahui ada banyak sekali teman-teman wanita blogger kami yang juga berprestasi dan bahkan menjadi inspirasi bloger-blogger yang lainnya. So, buat kalian teman-teman blogger tetaplah menjadi yang terbaik buat orang lain atau paling tidak buat diri sendiri. Selamat hari Kartini buat Blogger semuanya, sukses selalu.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.