Skip to main content
Yuk Belajar Wesbite!

Membuat Judul Artikel Dan Mengatur Deskripsi Blog SEO Friendly

Membuat Judul Artikel Dan Mengatur Deskripsi Blog SEO Friendly
Membuat Judul Artikel Dan Mengatur Deskripsi Blog SEO Friendly - Berbicara masalah SEO sebenarnya kami sangat males membahasnya namun untuk menjadi blog sebagai perioritas utama di halaman mesin pencari atau search engine maka SEO (Search Engine Optimization) adalah salah satu faktor penting yang harus dipertimbangkan setiap blogger (termasuk kami) untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik di search engine. Banyak blogger yang tidak mau tahu dengan SEO sendiri, mereka terkadang hanya mengandalkan sebuah template yang seo friendly tanpa memperhatikan konten yang mereka buat, padahal template hanyalah salah satu bagian terkecil dari sebuah SEO.

Banyak sekali faktor yang menjadi prioritas utama dalam SEO saat ini, meskipun bukan pakar SEO tapi kami coba mengulik beberapa tehnik yang kami pelajari dan kami coba pada beberapa blog kami yang lain. Ternyata dengan cara yang simpel pun, artikel blog bisa menempati posisi pertama di halaman pertama Google, Bing dan Yahoo. Bukan tanpa kesengajaan kami membuat seperti itu tapi belajar dan praktek adalah satu cara yang harus dilakukan jika ingin belajar SEO.

Baca Juga Cara Mengatur Setelan (Setting) Blog di Blogspot

Memang banyak yang mengatakan hanya dengan template SEO, peringkat blog sudah bisa terindeks dengan baik oleh Google, memang benar tapi untuk menjadikan artikel tetap bertahan di halaman pertama search engine, kenapa tidak mengoptimalkannya menjadi lebih baik lagi? Kan eman-eman tuh jika template yang digunakan sudah SEO tapi artikel yang dibuat kurang memiliki nilai SEO yang baik. Bahkan mungkin selama ini Anda tidak menyadari (termasuk kami) bahwa artikel yang telah ditulis sebenarnya sudah SEO banget dan tanpa sepengetahuan kita ternyata artikel tersebut berada di halaman pertama.

Membuat Judul Artikel Dan Mengatur Deskripsi Blog SEO Friendly
Coba Anda perhatikan ada berapa artikel yang terindeks di halaman 1 - 3 Google? Pasti tidak banyak, bahkan dari 100 artikel yang ada di blog atau website Anda, belum tentu semua artikel tersebut berada di halaman 1 - 3 Google. Kenapa seperti itu? Mungkin artikel yang berada di halaman pertama tersebut tanpa disengaja memiliki faktor SEO, khususnya pada judul artikel blog yang Anda buat. Kok bisa seperti itu? Silahkan koreksi kembali artikel-artikel blog yang memiliki peringkat lebih baik dan bandingkan dengan artikel lainnya. Dengan melakukan perbandingan tersebut, Anda akan memahami mana yang harus diperbaiki dalam membuat judul untuk artikel blog berikutnya.

Membuat Judul Artikel Blog SEO Friendly

Kata kunci dalam judul postingan menjadi faktor utama sebuah artikel bisa memiliki rangking terbaik di halaman pencarian. Memiliki Kata Kunci dalam judul postingan akan banyak membantu blog dalam mendatangkan trafik namun harus ada syarat lainnya yaitu kesesuaian isi dengan judul harus relevan. Jadikan hanya mengandalkan judul yang memikat saja, seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya maka dampaknya akan kurang baik terhadap blog Anda.

Baca Juga Dampak Terlalu Berlebihan Melakukan Optimasi SEO Pada Blog Anda

Pada artikel sebelumnya, kami sebenarnya sudah menjelaskan bagaimana cara membuat judul artikel blog yang baik. Jika sebelumnya judul artikel kami bahas dalam topik yang berbeda, maka pada artikel ini kami secara fokus membahas tentang judul dan deskripsi saja. Berikut beberapa tips dalam menulis judul artikel seo friendly:

1. Perhatikan Panjang & Penulisan Judul Artikel
Jika judul terlalu panjang, mesin pencari dapat memotongnya dengan menambahkan ellipsis atau tanda titik ("...") dan akhirnya menghilangkan kata-kata penting. Untuk itu banyak yang merekomendasikan untuk membuat judul artikel yang tidak terlalu panjang dan cukup memiliki 50 - 60 karakter.

Selain memperhatikan panjang judul, perhatikan juga penulisan judul. Banyak teman-teman blogger yang masih menggunakan judul dengan huruf besar semua atau menggunakan huruf kecil semua. Coba perhatikan contoh penulisan judul artikel berikut ini:
  1. Cara Memasak Nasi Padang yang Enak dan Pas
  2. CARA MEMASAK NASI PADANG YANG ENAK DAN PAS
  3. cara memasak nasi padang yang enak dan pas
Dari ketiga contoh judul diatas, mana yang sesuai dengan penulisan yang benar? Tentunya No. 1. Jika Anda menulis judul seperti No. 2 maka akan memiliki tampilan melebar dan bisa jadi saat dibaca oleh search engine akan terpotong juga. Begitu juga dengan No. 3, orang akan sulit membedakan mana judul artikel dan mana artikelnya karena sama-sama memiliki huruf yang sama.

Memang tidak ada yang salah dalam penulisan dan panjang judul artikel, karena Google sendiri juga tidak memberikan pinalti terhadap judul yang panjang atau judul yang pendek namun jika dinilai cara googlebot mengcrawler sebuah judul dan artikel, maka judul yang tidak terlalu panjang akan lebih mudah dinilai dan disesuaikan dengan isi dari artikel.

2. Gunakan Kata Kunci utama Pada Judul Artikel
Misalkan Anda akan membuat artikel tentang Cara Membuat Blog, maka judul yang bisa Anda buat bisa langsung sesuai dengan ide dari topik tersebut atau menambahkan kata-kata lainnya di belakang topik yang akan dibahas sehingga membuat judul lebih menarik lagi. Contohnya seperti berikut:
  1. Kata Kunci (Keyword): Cara Membuat Blog
  2. Judul:
    • Cara Membuat Blog Khusus Untuk Pemula
    • 7 Cara Membuat Blog Khusus Untuk Pemula
    • Bagaimana Cara Membuat Blog yang Mudah & Cepat?
    • Cara Membuat Blog di Blogspot Dengan Panduan Terbaru
    • Cara Membuat Blog di WordPress Gratis & Mudah
Dengan hanya menggunakan kata kunci Cara Membuat Blog, bisa dibuat berbagai judul yang menarik dan tentunya tetap mentargetkan kata kunci utama tersebut. Perhatikan dari kelima judul diatas, semua kata kunci berada didepan penulisan judul dan kami sangat menyarankan Anda membuat judul dengan kata kunci yang selalu diletakkan didepan dalam penulisan judul. Yang penting juga, meskipun selalu mentargetkan kata kunci selalu berada didepan, pastikan untuk membuat judul yang enak di baca dan tidak kaku atau dipaksakan.

3. Judul Unik Dalam Setiap Judul Artikel
Meskipun kami selalu menyarankan untuk selalu menuliskan kata kunci utama didepan judul, namun tidak serta merta semua artikel dengan target kata kunci utama selalu didepan. Karena kami khawatirkan jika Anda terlalu fokus dalam mentargetkan keywords utama selalu didepan penulisan judul akan mengakibatkan adanya. duplikat konten. Selain menghindari adanya duplikat konten, juga agar tampilan blog Anda tidak membosankan. Untuk itu, buatlah judul yang unik dan menarik.

Misalkan judulnya seperti ini: Seru, Kemarin Mengajar Teman Belajar Membuat Blog Bikin Ngakak. Dengan menggunakan judul seperti ini maka akan ada kecenderungan membuat orang penasaran untuk membaca isi dari judul tersebut. Dan tentunya juga, jika judulnya menarik maka alur dari artikel judul tersebut juga menarik karena ditulis dalam bentuk cerita. Dan perhatikan juga, meskipun ditulis dalam bentuk judul yang menarik, namun tetap ada kata kunci utama didalam judul artikel yaitu Belajar Membuat Blog.

Atau Anda juga bisa membuat judul unik dan menarik dengan penambahan angka didepannya. Misalnya seperti ini: 24 Jam Ngajar Teman Membuat Blog Bikin Otak Mendidih! Apakah ini berlebihan? Tentu saja tidak asalkan judul dan isi artikel tetap relevan dan ditulis dengan menggunakan kalimat yang menarik dan mudah dimengerti. Dengan membuat judul seperti itu, diharapkan ada rasa penasaran dari pengunjung blog untuk membaca isinya. Jika pengunjung blog penasaran maka akan ada klik dan view yang meningkat dari 1 artikel yang ada di blog Anda. Dan ini bagus untuk perkembangan blog Anda karena akan mempengaruhi view artikel-artikel lainnya yang relevan dengan artikel tersebut.

Pernah membaca portal-portal berita seperti Okezone, Tribunnews, Detik, Kompas dan sebagainya. Perhatikan judul artikel dari semua portal tersebut, banyak judul yang mereka buat yang bikin penasaran untuk mengklik dan membacanya. Dari sanalah ide ini kami temukan namun meski menggunakan judul yang bikin penasaran, tetap perhatikan juga isi dari artikel yang ditulis. Judulnya boombastis ternyata isi artikelnya tidak sesuai dengan judul.

4. Jangan Berlebihan Menggunakan Kata Kunci (Keywords)
Baik di judul atau artikel jangan menggunakan kata kunci yang berlebihan karena dampaknya akan memperburuk ranking blog Anda. Keyword yang diulang-ulang dalam judul seperti berikut: Panduan Membeli Buku Di Toko Buku Untuk Buku-Buku Best Seller. Meskipun judul ini terlihat unik, namun ada pengulangan kata kunci Buku didalamnya. Lebih baik judul diatas dijadikan seperti ini: Panduan Membeli Buku Best Seller Di Gramedia. Begitu juga dengan isi artikelnya, jangan terlalu banyak mengulang kata kunci utama agar terhindar dari pinalti Google.

Membuat Dan Mengatur Deskripsi Blog SEO Friendly

Setelah membuat judul, saatnya untuk mengatur deskripsi artikel blog. Deskripsi sangat penting dalam menentukan cepat di indek atau tidaknya sebuah artikel blog atau blog itu sendiri. Karena didalam deskripsi ini ada kata kunci atau keyword yang membantu artikel bisa terindeks oleh mesin pencari. Lantas bagaimana cara membuat deskripsi yang baik?

Deskripsi adalah ringkasan dari sebuah artikel yang membahas topik tertentu. Dalam membuat deskripsi sebenarnya bisa dilakukan secara bebas namun jika ingin artikel tersebut dibaca melalui mesin pencari, maka gunakan deskripsi yang SEO Friendly. Deskripsi yang seo friendly ini berisi beberapa aturan yang harus diperhatikan yaitu: Kata Kunci dan Panjang Tulisan.

Untuk penggunaan kata kunci didalam deskripsi sama halnya dengan membuat judul dan artikel, tidak boleh berlebihan. Gunakan saja sewajarnya dengan tetap mentarget kata kunci utama. Begitu juga dengan panjang deskripsi, kami menggunakan panjang deskripsi antara 150 - 300 karakter dan itu diambil dari judul dan paragrap pertama awal. Contohnya untuk deskripsi artikel ini yaitu:
Membuat Judul Artikel Dan Mengatur Deskripsi Blog SEO Friendly - Berbicara masalah SEO sebenarnya kami sangat males membahasnya namun untuk menjadi blog sebagai prioritas utama di halaman mesin pencari atau search engine

Untuk blog yang menggunakan Blogger atau Blogspot mungkin agak sulit dalam mengatur deskripsi yang seo friendly karena harus menganalisa secara manual dan menerka-nerka. Berbeda jika menggunakan blog Wordpress yang bisa dibantu dengan adanya plugin SEO seperti Yoast atau All in One SEO. Dengan menggunakan plugin ini, bisa dengan mudah membuat dan mengatur deskripsi blog atau artikel, termasuk panjang deskripsi dan penggunaan kata kunci didalamnya. Begitu juga dengan artikel, dengan adanya plugin seo akan memudahkan dalam membuat artikel yang seo friendly.

Baca Juga Meta Tag Seo Friendly dan Valid HTML5 2019 Terbaru

Judul, deskripsi dan keywords adalah bagian terpenting dalam sebuah blog. Dengan membuat artikel yang menarik yang sesuai dengan judul artikel terkadang membutuhkan pemikiran yang bikin puyeng. Namun demi untuk perkembangan blog agar lebih baik lagi, apapun tetap dilakukan, termasuk mengatur seo pada blog meskipun seo yang diterapkan masih tingkat dasar seperti yang kami jelaskan pada artikel ini. Belajar SEO itu penting, Apapun jenis blog yang Anda buat, setidaknya harus ada pengetahuan tentang SEO. Semoga artikel tentang membuat judul artikel dan mengatur deskripsi blog ini memberikan sedikit gambaran tentang seo.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.