Skip to main content

Benarkah Google+ Akan Ditutup Seperti Ke-13 Layanan Google Sebelumnya?

Benarkah Google+ Akan Ditutup Seperti Ke-13 Layanan Google Sebelumnya?
Benarkah Google+ Akan Ditutup Seperti Ke-12 Layanan Google Sebelumnya? Sebentar lagi Google+ versi Konsumen akan ditutup, benarkah layanan ini akan ditutup? Jika dilihat dari versinya mungkin iya tapi untuk Google Plus sendiri kemungkinan besar tidak. Layanan ini tetap bisa di akses tapi dengan tampilan yang berbeda. Hal ini sama dengan beberapa layanan Google sebelumnya, yaitu layanan-layanan yang digunakan untuk semua orang yang bisa di akses secara gratis.

Masih ingat tidak dengan layanan Picasa? Layanan penyimpanan dan pengeditan foto yang dikembangkan oleh LifeSacpe Inc dan diakuisisi oleh Google harus terhenti layanannya dan Google menggantinya dengan Google Photos yang sampai saat ini masih aktif dan digunakan untuk menyimpan seluruh foto atau gambar pengguna Google. Dan itu pun gratis!

Benarkah Google+ Akan Ditutup Seperti Ke-13 Layanan Google Sebelumnya
Begitu juga dengan layanan untuk penyimpanan data base berbagai code yaitu Google Code. Layanan ini sebenarnya banyak digunakan oleh para blogger dan web developer namun entah kenapa Google akhirnya menutup untuk umum dan membuang semua fitur yang pernah ada sebelumnya. Apakah Picasa dan Google Code benar-benar di tutup atau di hapus? Tidak, sampai saat ini kedua layanan tersebut masih bisa di akses tapi sudah tidak bisa digunakan secara umum. Hanya tampilannya saja dengan beberapa pemberitahuan didalamnya.

Jika melihat dan mengamati dari beberapa layanan Google yang sebelumnya diumumkan akan ditutup atau dinonaktifkan, mungkin kita akan beranggapan kalau layanan tersebut akan di hapus di internet. Tapi sayangnya, semua layanan atau aplikasi yang dikembangkan oleh Google yang diumumkan akan dinonaktifkan atau di tutup ternyata sampai saat ini masih bisa di akses tapi tidak bisa digunakan secara umum.

Atau mungkin kah nasib Google Plus ini sama dengan Google Buzz dan ke-12 layanan Google lainnya?

Dibawah ini adalah beberapa aplikasi atau layanan yang sudah di hapus, dinonaktifkan, atau diganti dan dialihkan dengan produk atau layanan yang baru oleh Google, jadi diantara layanan ini ada beberapa layanan yang masih di buka, ada yang diganti dengan layanan yang lebih baik dan 100% benar-benar sudah di hapus.
  1. Picasa: Masih bisa di akses namun untuk fungsinya sudah digantikan oleh Google Photos. Halaman picasa.google.com masih bisa dibuka tapi dengan pemberitahuan untuk membuka photos.google.com
  2. Google Buzz: Layanan jejaring sosial yang tidak lebih baik dari Nimbuzz. Katanya Google Buzz ini akan menjadi saingan Facebook dan Twitter namun gagal. Halaman google.com/buzz sudah di hapus.
  3. Google Labs: Layanan miliki google yang digunakan untuk proyek mereka. Halaman labs.google.com sudah redirect ke google.com
  4. Google Reader: Meski masih bisa di akses, layanan yang digunakan untuk melihat RSS Feed. Hanya halaman google.com/reader/about/ yang bisa dibuka sampai saat ini.
  5. iGoogle: Layanan widget untuk menampilkan RSS dari situs tertentu. Halaman google.com/ig/ sudah redirect ke google.com/webhp
  6. Google Goggles: Layanan pendeteksi sebuah gambar secara online. Halaman google.com/mobile/goggles sudah beralih ke https://get.google.com/apptips/apps/?utm_source=googlemobile&utm_campaign=redirect#!/recommended
  7. Google Helpouts: Layanan video. Halaman helpouts.google.com sudah tidak bisa di akses dan sudah redirect ke support.google.com/helpouts.
  8. Google Notebook: Layanan ini masih bisa di akses di google.com/notebook tapi sudah diganti dengan Google Docs, http://docs.google.com.
  9. Picnik: Layanan pengeditan foto, sama dengan Picasa. Namun kedua layanan ini sudah diganti dengan Google Photos. Layanan ini masih bisa di akses di picnik.com tapi hanya menampilkan pemberitahuan saja.
  10. Google Wave: Layanan komputasi dan protokol komunikasi. Halaman wave.google.com sudah redirect ke https://support.google.com/answer/1083134?hl=en
  11. Google Code: Sudah diganti dengan 2 layanan yaitu Google Open Source dan Google Developers, meskipun Google Code sendiri masih bisa di akses di code.google.com
  12. Google AdWords: Produk periklanan milik Google ini memang tidak dihapus tapi sudah diganti dengan Google Ads. Halaman google.com/adwords/ sudah redirect ke ads.google.com/home/
  13. Google Web Master Tools: Meskipun saat ini masih aktif sepertinya layanan optimasi web ini sepertinya akan diganti dengan Google Search Console
Sebenarnya masih banyak layanan dan produk-produk Google yang mengalami mati suri dan bahkan benar-benar mati, untuk mengetahui apa saja layanan tersebut bisa Anda cari di Google sendiri atau di Wikipedia yang memberikan informasi begitu lengkap tentang produk Google. Lantas bagaimana dengan Google+?

Sejauh ini memang ada pemberitahuan bahwa Google Plus akan dihentikan dan penggunaannya untuk umum. Mungkin untuk halamannya sendiri masih bisa diakses meskipun tampilannya akan berubah. Entah lah hanya Google yang tahu, paling tidak sudah ada pemberitahuan kalau seluruh data yang ada di Google+ milik pengguna juga akan di hapus dan juga sudah ada solusi yang diberikan oleh mereka untuk mengatasi data pengguna tersebut tetap ada yaitu dengan cara backup atau download seluruh data yang ada disana.

Baca Juga Simpan Konten Google+ Anda Sebelum Tanggal 31 Maret 2019

Silahkan buat Anda yang masih memiliki data penting di akun Google Plus Anda untuk segera diselamatkan sebelum tanggal 12 April 2019. Setelah tanggal yang ditentukan tersebut berakhir maka besar kemungkinan semuanya akan hilang atau tidak bisa di akses lagi, kecuali Google masih memberi rentang waktu tambahan untuk melakukan semua itu.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.