Dampak Terlalu Berlebihan Melakukan Optimasi SEO Pada Blog Anda

Dampak Terlalu Berlebihan Melakukan Optimasi SEO Pada Blog Anda

Dampak Terlalu Berlebihan Melakukan Optimasi SEO Pada Blog Anda - Pada beberapa artikel yang membahas tentang SEO (dasar), kami selalu menyebutkan kalau blog Digital Poin ini belum pernah kami optimasi. Kami hanya buat artikel dan berbagi informasi saja. Optimasi yang dilakukan biasanya untuk meningkatkan keberadaan blog atau konten agar bisa terindex oleh Google, jika blog dan konten sudah teindex dengan maka hasilnya blog tersebut akan berada di halaman pertama Google atau mesin pencari (search engine) lainnya.

Dalam melakukan optimasi pada blog memang tidak mudah dilakukan meskipun sudah banyak sekali panduan-panduan dasar yang membahas tentang optimasi SEO pada blog tersebut. Banyaknya panduan tersebut membuat Anda bisa mempelajari secara langsung melalui beberapa blog tersebut. Panduan yang Anda dapatkan secara gratis tersebut sebenarnya sama dengan panduan berbayar yang belum tentu Anda ketahui isi yang sebenarnya. Namun hampir rata-rata semuanya sama namun yang membedakan adalah update dari setiap panduan yang Anda dapatkan.

Dampak Terlalu Berlebihan Melakukan Optimasi SEO Pada Blog Anda
Jika panduan tentang optimasi blog yang Anda pelajari melalui Google atau dari beberapa blog, tentunya Anda hanya mendapatkan sebatas pemahaman dari setiap panduan yang didapatkan namun jika Anda mendapatkannya dengan cara berbayar maka setiap saat Anda akan mendapatkan informasi terbaru, tips-tips terbaru, serta trik-trik lainnya dalam melakukan optimasi SEO, termasuk update SEO terbaru yang sesuai dengan algoritma Google. Untuk itu jika Anda ingin serius dalam mengoptimalkan keberadaan blog dan artikel blog dengan tujuan agar selalu dan mudah di index oleh Google, maka satu-satunya cara adalah menggunakan panduan yang berbayar dan terpercaya.

Kenapa harus menggunakan optimasi SEO yang berbayar? Agar Anda tidak bingung dalam mempelajari ilmu tersebut! Bagaimana jika tidak menggunakan panduan yang berbayar? Seperti yang telah kami sebutkan diatas, silahkan saja dan bisa Anda cari beberapa ilmu yang telah disediakan di Google, dan untuk mempelajarinya tergantung dari pemahaman Anda sendiri dalam menerapkan semua yang telah didapatkan kedalam blog Anda.

Namun kami sampaikan dari sinilah masalah terjadi ketika Anda mempelajari semua panduan tentang optimasi SEO pada blog sendiri tanpa adanya orang yang mendampingi atau tanpa ikut kursus, Anda akan merasa terjebak dan mengalami kebuntuan, jika hal ini terjadi maka ujung-ujungnya Anda akan mencari solusi dari setiap permasalahan yang didapatkan, dan Anda mencarinya lagi di Google.

Dari setiap pencarian tersebut tentunya akan ditemukan banyak sekali perbedaan persepsi. Perbedaan tentang pembahasan dalam melakukan optimasi SEO blog. Perbedaan yang membuat Anda terpaksa melakukan banyak sekali error dan tentunya menghabiskan banyak waktu dan biaya. Selain itu optimasi yang dilakukan bahkan cenderung berlebihan yang menyebabkan lebih banyak terjadinya error.

Dampak Terlalu Berlebihan Melakukan Optimasi SEO Pada Blog Anda

Melakukan optimasi pada blog tidak sama dengan membuat blog itu sendiri, membuat blog mungkin dalam 5 menit sudah bisa namun sangat berbeda dengan optimasi. Optimasi butuh pemahaman dari awal ketika Anda membuat blog bahkan sebelum Anda membuat blog sudah memiliki rencana yang akan dilakukan dalam memaksimalkan keberadaan blog dan kontennya.

Baca Juga Cara Membuat Blog di Blogspot (Blogger.com) Terlengkap & Terbaru

Dalam melakukan optimasi tidak hanya sekedar pada 1 bagian saja yang harus diperhatikan tapi semua komponen yang terdapat pada blog tersebut harus diperhatikan dengan baik, mulai dari penggunaan template blog, tampilan blog, termasuk didalamnya yang paling penting adalah konten (artikel) blog. Karena yang menjadi nilai lebih dari sebuah blog itu adalah isi (konten) yang diberikan, apakah sesuai dengan yang diinginkan atau yang dicari oleh pembaca atau tidak. Jika tidak maka mereka akan segera menutup halaman artikel blog Anda.

Ketertarikan pembaca mungkin karena judul yang dibuat semenarik mungkin sehingga membuat mereka penasaran ingin membaca isinya, namun begitu isinya dibaca ternyata tidak sesuai dengan judul yang diberikan. Cara membuat judul menarik dan bikin penasaran ini merupakan bagian dari optimasi namun bukan hanya dari judulnya saja yang harus dibuat semenarik mungkin tapi juga pada isinya. Cara ini sudah banyak dilakukan oleh portal-portal berita khususnya yang mengusung berita-berita gosip para artis dan tokoh politik yang saat ini sangat marak sekali. Mereka membuat judul sedemikian rupa ternyata isinya tidak sesuai dengan judul yang mereka tulis.

Meskipun saat ini banyak yang mengatakan kalau artikel adalah is the king, namun membuat artikel yang menarik dan mudah dipahami oleh pembaca bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan, butuh proses dan belajar secara terus menerus. Artikel yang dibuat bukan hanya untuk diri sendiri tapi untuk orang lain dan tentunya juga untuk search engine. Kemauan search engine dan pembaca dalam memahami sebuah artikel blog sangat berbeda, jika search engine membaca artikel berdasarkan algoritma sedangkan pembaca memahami artikel dengan adanya daya tarik dan tidak membosankan saat artikel tersebut dibaca, sekalipun artikel tersebut sangat panjang.

Judul dan artikel memang yang selalu diperhatikan oleh semua blogger, termasuk media-media berita lainnya. Namun dibalik itu semua ada yang belum memahami bagaimana memaksimalkan 2 komponen penting dalam sebuah blog ini. Seperti yang kami sebutkan diatas, ada yang hanya memperhatikan judul artikel saja dengan membuat judul yang menarik namun isinya tidak sesuai dengan judul tersebut. Begitu juga sebaliknya, membuat judul yang biasa-biasa saja namun isinya sangat menarik dan mudah dipahami.

Contoh yang biasanya sering ditemui adalah seperti judul-judul berikut ini:
  • Tonton Film Aquaman Full HD Langsung ~ Ternyata setelah dibuka film yang ditampilkan hanya trailernya.
  • Selama Dipenjara Artis ini Melakukan Hal Tidak Terduga ~ Setelah dibaca isi artikelnya ternyata hanya membaca buku.
2 contoh diatas adalah salah satu bentuk optimasi berlebihan yang tentunya tidak baik untuk blog. Jika hanya untuk mengecohkan search engine dengan membuat judul artikel yang SEO Friendly, mungkin sah-sah saja namun jika isinya tidak sesuai dengan yang dicari oleh pembaca maka akan membuat mereka kecewa dan pastinya akan menandai blog Anda yang memiliki konten utama tidak relevan dengan judul yang ditulis.

Banyak sebenarnya optimasi-optimasi yang tidak sesuai dan berdampak buruknya pada blog itu sendiri, beberapa optimasi lainnya adalah termasuk tampilan blog, loading blog dan sebagainya. Namun yang menjadi perhatian penting adalah 2 komponen penting yang telah kami sebutkan diatas yaitu judul dan artikel blog.

Untuk itu jika ingin melakukan optimasi SEO pada blog Anda, tidak perlu melakukan optimasi yang aneh-aneh seperti mencari backlink dimana-mana, memasang backlink dimana-mana, cukup membuat judul yang menarik dan isi artikel sesuai dengan judul. Meskipun saat ini backlink bukan menjadi prioritas utama namun backlink tetap dibutuhkan dengan penggunaan yang sewajarnya dan tentunya yang sesuai atau relevan dengan artikel yang ditulis. Lantas apa dampak terlalu berlebihan melakukan optimasi SEO pada blog Anda? Kami sudah menyebutkan diatas, meski tidak kami sebutkan secara per poin namun uraian artikel diatas sudah memberikan gambaran dari dampak optimasi SEO yang berlebihan.

Baca Juga Bagaimana Cara Membuat Artikel Blog yang SEO Friendly?

Jika ingin melakukan SEO optimasi pada blog, lakukan sewajarnya dan sesuai dengan apa yang Anda tulis. Bukan hanya sekedar membuat artikel dan judul yang mengecoh orang untuk membuka halaman artikel blog Anda. Anda mungkin bisa mengecoh search engine namun jika pembaca merasa kecewa dengan isi artikel blog tersebut maka pengaruhnya akan menurunkan peringkat blog Anda di kemudian hari.
Artikel Sebelumnya:
Artikel Selanjutnya:
Buka Komentar
Bisnis Fun
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan, hinaan dan SARA tidak akan ditampilkan atau menjadi tanggungjawab penulis komentar.

Tidak ada komentar