Skip to main content
Yuk Belajar Wesbite!

Cara Membuat Landing Page Tanpa Blog, Tanpa Domain, Tanpa Hosting!

Cara Membuat Landing Page Tanpa Blog, Tanpa Domain, Tanpa Hosting!
Cara Membuat Landing Page Tanpa Blog, Tanpa Domain, Tanpa Hosting! Di Google jika Anda mencari cara membuat landing page gratis akan banyak ditemukan tutorialnya namun belum tentu tutorial yang mereka buat sesuai dengan judulnya yaitu gratis. Mana ada sebuah landing page bisa dibuat dengan gratis? Sekalipun itu menggunakan Blogspot, belum tentu gratis. Karena selain gratis harus punya akun terlebih dulu untuk login dengan menggunakan layanan tersebut. Apalagi jika menggunakan Wordpress self hosting, pasti butuh plugin untuk membuat landing page atau butuh template yang sudah siap pakai untuk digunakan sebagai landing page.

Landing page adalah halaman statis atau halaman tunggal dari sebuah website yang digunakan untuk menampilkan satu informasi. Informasi yang ditampilkan dalam landing page ini biasanya berupa penjualan atau jasa. Untuk membuat sebuah landing page atau halaman penjualan dan informasi memang tidak mudah. Landing page yang baik berisi informasi yang singkat, mudah dimengerti dan menarik. Sehingga benar-benar memberikan hasil yang diharapkan. Lantas bagaimana cara membuat landing page?

Cara Membuat Landing Page Tanpa Blog, Tanpa Domain, Tanpa Hosting
Membuat landing page yang profesional dan komplit tentunya membutuhkan domain, hosting dan akun. Bahkan untuk sebuah landing page gratis sekalipun tetap membutuhkan yang namanya domain dan akun karena di beberapa pencarian yang kami lakukan di Google membutuhkan semua itu. Tidak ada yang benar-benar gratis, kecuali yang kami sampaikan melalui artikel ini. Dibawah ini adalah salah satu dari sekian cara yang kami temukan dalam membuat sebuah halaman penjualan yang benar-benar gratis. Tidak perlu menggunakan domain, tidak butuh hosting dan tidak perlu daftar apapun alias tidak perlu membuat akun. Langsung buat, langsung jadi!

Beneran gratis? Layanan ini sepenuhnya gratis hingga artikel ini dibuat pada tanggal 23 Maret 2019 ini masih bisa digunakan secara cuma-cuma dan bisa digunakan untuk membuat sebuah halaman penjualan. Biasanya layanan ini digunakan untuk para penjual pulsa Paytren, pebisnis yang menggunakan layanan Whatsapp, atau menjual produk-produk lainnya. Dan untuk menggunakan layanan ini Anda tidak menguasai bahasa pengkodean yaitu CSS dan HTML. tapi jika ingin belajar kode CSS dan HTML, silahkan baca di belajar CSS dan HTMML secara dasar.

Anda tidak perlu khawatir jika memang benar-benar tidak mau belajar kode CSS dan HTML untuk menggunakan layanan ini sebagai landing page karena yang dibutuhkan sepenuhnya adalah gambar yang berisi kalimat atau teks promosi untuk produk yang Anda jual.

Untuk membuat landing page yang benar-benar gratis ini, berikut caranya:
  1. Buka layanan https://telegra.ph/ Sehingga terbuka tampilan seperti gambar dibawah ini
    Cara Membuat Landing Page
  2. Dihalaman telegraph tersebut hanya ada 4 item yaitu:
    • Title: Isi dengan judul
    • Your name: Isi dengan nama Anda, tanggal, atau link
    • Your story: Isi dengan artikel atau teks promosi untuk produk jualan Anda.
    • Tombol Publish: Jika semuanya sudah selesai, klik tombol publish ini untuk melihat hasilnya.
Untuk item 1, 2, dan 4 Anda pasti sudah mengerti cara penggunaannya. Untuk item 3 Anda harus menyediakan atau membuat gambar promosinya terlebih dulu dan upload. Pada poin 3 ini Anda juga bisa memasang video dari Youtube. Jadi dengan menggunakan layanan telegra.ph ini, Anda hanya membutuhkan gambar dan video saja. Jika ingin menambahkan teks juga bisa yang terdapat pada item 3. Untuk gambar promosi kami biasanya menggunakan aplikasi Photoshop.

Kendala utama mungkin ada pada gambar promosi, jika Anda belum menguasai Photoshop, silahkan gunakan layanan online pembuatan gambar secara gratis yaitu https://www.photopea.com dan https://www.freephototool.com. Kedua layanan ini hampir sama dengan Photshop dan Anda bebas menggunakannya dan pastikan koneksi inet Anda stabil agar tidak terjadi gangguan saat membuat gambar promosinya. Pelajari dulu pelan-pelan cara menggunakan layanan pembuatan gambar tersebut. Untuk lebar gambar kami menggunakan ukuran 720 pixel, untuk tinggi menyesuaikan saja.

Untuk melihat hasil dari tampilan landing page dengan menggunakan layanan telegra.ph, bisa Anda klik pada link berikut dibawah ini. Cek tampilannya menggunakan desktop dan mobile, hasilnya pasti memuaskan :)
Url Asli: telegra.ph/Contoh-Landing-Page-03-22
Url Pendek: bit.ly/contoh-landing-page

Selanjutnya apa yang perlu dilakukan? Sebar link dari layanan telegraph tersebut menggunakan short url misalnya bit ly dan bagikan ke facebook atau status Whatsapp.

Tidak sulit sebenarnya membuat landing page dengan menggunakan layanan telegra.ph ini, yang penting pelajari dulu cara membuat gambar promosinya kalaun untuk penggunaan layanannya sangat mudah. Namun kekurangannya dari layanan telegra.ph ini adalah penggunaan judul yang harus disertakan juga karena dengan judul ini link landing page dibuat. Silahkan di coba dan selamat berkreatifitas :)
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.