Artikel Blog Tidak Muncul Di Halaman Google? Tidak Terindeks?

Artikel Blog Tidak Muncul Di Halaman Google? Tidak Terindeks?

Artikel Blog Tidak Muncul Di Halaman Google? Tidak Terindeks? Beberapa artikel yang ada di d blog ini ada yang belum terindeks dan sudah ada yang terindeks oleh Google, kenapa seperti itu? Karena tidak semua artikel yang kami langsung kami lakukan optimasi dan kami juga tidak melakukan SEO Faktor yang menjadi salah satu teknik agar artikel blog bisa langsung terindeks meskipun tanpa melakukan submit ke Google Webmaster atau melakukan ping agar artikel blog bisa di crawler oleh mesin pencari sehingg bisa cepat terindeks.

Membahas Google Indeks pada sebuah blog maka bisa dihubungkan dengan tehnik SEO namun didalam artikel ini kami tidak menjelaskan secara detail bagaimana proses SEO pada blog itu sehingga membuat blog mudah terindeks dan berada di halaman pertama Google. Tidak, kami bukan lah master SEO, kami hanyalah pemula yang masih belajar apa itu SEO. Kami belum tahu apa-apa tentang SEO, yang kami lakukan sebagai pemilik blog hanya bisa menulis dan mengupdate blog ini dengan artikel-artikel yang sekiranya bisa memberikan manfaat bagi blogger lainnya.

Artikel Blog Tidak Muncul Di Halaman Google Tidak Terindeks
Kami hanya mengetahui kalau SEO adalah proses panjang yang memang harus dilakukan pada sebuah blog dan tidak hanya belajar sekarang lalu langsung menjadi SEO Expert, namun buat teman-teman yang ingin belajar SEO jangan di blog ini karena blog ini tidak ada apa-apa tentang SEO dan mungkin sertiap tulisan yang membahas SEO adalah ulasan yang paling dasar yang kami ketahui dan dengan ulasan dasar tersebut kami melakukannya secara dasar juga. Begitu juga dengan ulasan mengenai kenapa artikel blog tidak muncul di halaman Google ini adalah pembahasan yang sudah lama dibahas oleh teman-teman blogger lainnya namun disini kami memberikannya secara berbeda dan tentunya ada beberapa tambahan yang perlu kami lakukan.

Bagi teman-teman yang sudah lama ngblog, pasti lebih mengetahui tentang Google Indeks dan pasti akan lebih menemukan solusinya jika blog atau halaman artikel blog belum terindeks oleh Google. Namun berbeda dengan teman-teman yang masih baru dalam ngblog mungkin akan mengalami kendala dan merasa panik jika blog atau artikel blog yang telah dibuatnya belum muncul-muncul juga di halaman Google. Sudah susah payah membuat blog dan menulis artikel blog ternyata setelah dilakukan pencarian di Google belum juga ditemukan.

Baca Juga Cara Mengetahui Artikel Blog Terindeks di Halaman Google

Artikel blog yang tidak muncul di halaman Google sebenarnya bukanlah masalah besar yang perlu dipikir sampai puyeng, yang menjadi masalah adalah jika blog dan seluruh kontennya di deindeks oleh Google alias sudah di blacklist oleh Google. Kalau masih belum terindeks bukan berarti blog tersebut sudah deindex dan masih bisa dilakukan optimasi lanjutan. Namun meskipun artikel tidak masuk dalam kategori deindex, maka Anda masih bisa melakukan cara agar blog atau artikel bisa terindeks.

Lagian apa iya untuk blog baru dengan beberapa artikel langsung di deindex oleh Google? Memang apa isinya kok blog baru bisa langsung deindex? Selama masih ngblog dengan wajar, Google tidak semudah itu dalam memberikan pinalti deindex kecuali blog tersebut benar-benar buruk.

Kenapa Artikel Blog Tidak Muncul Di Halaman Google? Tidak Terindeks?

Banyak penyebab yang sebenarnya bisa diatasi jika blog atau artikel blog tidak terindeks oleh Google sehingga menyebabkan blog dan halaman artikel tersebut tidak muncul di halaman pencarian Google. Dibawah ini adalah penyebab umum yang biasa terjadi pada sebuah blog yang belum terindeks oleh Google:
  1. Blog atau website belum terdaftar dan melakukan submit sitemap atau peta situs di webmaster tools.
  2. Blog memiliki topik yang terlalu umum dan banyak dibahas oleh blog-blog besar. Misalkan blog ini yang membahas tentang tutorial padahal sudah banyak blog yang memiliki topik tutorial. Sehingga memiliki tingkat persaingan yang tinggi.
  3. Blog memiliki konten yang tidak original dan hasil copypaste sehingga dianggap sebagai blog spamming dan dilaporkan oleh pemilik konten asli ke Google.
  4. Blog dinilai sebagai blog yang mengandung malware, phising dan memiliki illegal content.
  5. Blog deindex oleh Google.
  6. Blog yang jarang update bahkan tidak pernah melakukan update.
  7. Blog yang ditinggal pemiliknya, biasanya blog dengan subdomain blogspot yang akun email sudah lupa sehingga tidak bisa blognya tidak bisa di akses.
  8. Dan alasan lainnya yang biasanya ditetapkan oleh Google.
Bagaimana blog yang masih terurus dan sering melakukan update masih belum terindeks oleh Google? Untuk tahap awal, sebenarnya cara agar artikel blog terindeks oleh Google sangatlah mudah dilakukan. Dan cara ini hampir semua blogger sudah melakukannya. Jadi buat teman-teman yang masih baru dalam membuat blog dan membuat artikel, silahkan lakukan bisa melakukan cara dasar dibawah ini.

Namun kami tegaskan cara ini adalah cara dasar yang istilahnya hanya memberitahu ke Google bahwa blog sedang melakukan update. Cara ini bukan cara yang menentukan 100% blog langsung terindeks karena hasil akhirnya tetap ada pada Google, apakah artikel blog yang Anda buat memenuhi untuk di indeks atau tidak karena didalam artikel itu sendiri juga ada ketentuan-ketentuan yang harus dilakukan supaya artikel memiliki nilai yang baik. Misalkan penggunaan kata kunci atau keywords, jumlah kata dalam artikel secara keseluruhan, penggunaan jumlah link yang ada didalam artikel dan sebagainya.

Bagaimana Cara Agar Artikel Blog Cepat Di Index Oleh Google?

Seperti yang telah kami sebutkan diatas, ada cara dasar yang harus dilakukan ketika teman-teman selesai membuat blog dan artikel blog supaya lebih mudah cepat terindex oleh Google. Berikut caranya:

1. Google Webmaster Tools
Daftarkan blog yang telah dibuat, baik itu blog yang masih menggunakan subdomain blogspot, custom domain atau blog dengan selft hosting. Meskipun belum ada artikelnya, segera daftarkan blog Anda. Cara ini dilakukan agar blog yang baru dibuat bisa segera di crawler dan terindex oleh Google. Begitu juga dengan artikel, ketika blog yang baru sudah berhasil didaftarkan maka artikel baru yang selesai dibuat juga harus di submit ke Google Webmaster Tools. Untuk caranya silahkan baca Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tools

2. Topik Artikel Blog
Jika artikel blog yang Anda tulis memiliki topik bahasan yang unik dan belum dibahas dimanapun maka dengan mudah artikel blog tersebut akan cepat terindeks oleh Google. Namun jika topik blog yang dibahas adalah topik umum dan luas serta sudah dibahas oleh blog-blog besar maka submit dan ping link url artikel blog ke Google Webmaster dan ping menggunakan layanan ping seperti pingomatic.com

3. Kata Kuci (Keywords)
Perhatikan kata kunci yang digunakan saat membuat blog atau artikel blog. Jika Anda ingin membuat artikel blog, lakukan terlebih riset tingkat persaingan dari kata kunci atau keywords yang digunakan oleh artikel blog tersebut. Jangan menggunakan kata kunci atau keywords yang tingkat persaingannya sulit. Sebagai contoh sederhananya saja jika Anda mencari tentang "asuransi kesehatan" (tanpa tanda kutip) di Google maka akan terdapat jutaan kata kunci yang digunakan oleh web-web atau blog-blog besar seperti hasilnya yang terlihat pada gambar dibawah ini:

Ada 43.300.000 keywords asuransi kesehatan yang digunakan oleh ribuan web dan blog, itu dalam pencarian yang Anda lakukan. Bayangkan saja jika Anda membuat blog baru dengan topik Asuransi Kesehatan, maka blog Anda akan bersaing dengan blog-blog besar tersebut. Kecuali Anda memang benar-benar seorang expert dalam SEO, maka lain ceritanya.

Dan bandingkan jika Anda melakukan pencarian tentang "cara beternak ikan koi", hasilnya sangat sedikit sekali kata kunci yang digunakan oleh blog lain yaitu 89.900 dan ini tingkat persaingannya sangat rendah. Jika Anda membuat blog tentang ikan koi, besar kemungkinan blog dan artikel blog Anda akan cepat terindex oleh Google.

Dari kedua contoh diatas, Anda bisa menerapkannya dalam pembuatan blog atau artikel blog. Tidak perlu menggunakan tool-tool khusus untuk melakukan riset tingkat persaingan kata kunci. Dengan cara diatas, Anda bisa melakukannya dengan baik. Namun memang ada nilai lebihnya jika menggunakan tool-tool keywords research yaitu mendapatkan saran terbaik dalam pemilihan kata kunci yang benar-benar mampu bersaing dan mudah terindeks.

4. Jumlah Kata Artikel
Dalam beberapa artikel yang kami tulis didalam blog ini kami selalu menyinggung untuk membuat artikel dengan jumlah kata sebanyak 1000 kata jika tidak bisa memenuhi paling tidak 700 kata. Inilah alasannya agar blog Anda menjadi blog unik dan mudah terindex oleh Google. Dengan catatan artikel yang dibuat enak dibaca dan bukan hasil copypaste. Lalu ada pertanyaan seperti Kenapa ada blog yang jumlah kata dalam artikelnya kurang dari 500 kata mudah di index oleh Google? Karena minimal jumlah kata yang kami ketahui dalam sebuah artikel adalah 300 kata. 300 kata jika penulisannya benar seperti penempatan kata kunci utama, gambar, dan link maka artikel tersebut bisa dengan mudah terindeks.

Nanti deh bagaimana menulis artikel yang baik agar mudah di index oleh Google akan kami lanjutkan pada artikel berikutnya, karena secara tidak langsung penulisan artikel ini sudah masuk dalam teknik SEO On Page.

5.Skor SEO Blog
Menurut beberapa sumber, salah satu yang memudahkan artikel blog di index oleh Google adalah Skor SEO blog tersebut. Nilai skor SEO artikel blog yang dianjurkan adalah diatas 80, jika sudah 80 maka akan lebih mudah terindeks. Untuk mengecek skor SEO artikel blog gunakan neilpatel.com/seo-analyzer. Jika skor artikel blog masih kurang dari 80 maka perbaiki dulu artikel tersebut.

Kelima langkah diatas merupakan cara dasar agar blog atau artikel blog bisa di index oleg Google. Bagaimana dengan artikel blog ini? Semua artikel yang ada di blog ini sudah terindeks meskipun tidak semuanya berada di halaman pertama Google, yang penting sudah terindeks dulu karena artikel yang sudah terindeks tidak hanya dibiarkan begitu saja masih proses lanjutan yang harus dilakukan, proses panjang agar artikel tersebut tetap bertahan di halaman pertama pencarian.

Namun jangan hanya puas pada satu atau 10 artikel yang sudah terindeks yang berada di halaman pertama Google karena jika jumlah artikel blog ada sangat banyak namun jika di index hanya 10 artikel saja maka itu sangat merugikan, apalagi blog yang berjenis blog goda-gado maka untuk mendatangkan trafik blog secara signifikan lebih sulit jika dibandingkan dengan blog yang mengusung satu niche saja. Kecuali jika memang blog tersebut menampilkan berbagai artikel yang menarik dan informatif maka pengunjung yang sama akan kembali untuk melihat dan membaca artikel yang lainnya.

Jadi jangan dulu berpikiran jika artikel blog tidak muncul di halaman Google bukan berarati tidak terindeks tapi butuh proses untuk Google melakukan crawler artikel yang telah Anda buat. Bersabarlah dan tetap lakukan optimasi lanjutan dan jangan berlebihan.
Artikel Sebelumnya:
Artikel Selanjutnya:
Buka Komentar
Bisnis Fun
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan, hinaan dan SARA tidak akan ditampilkan atau menjadi tanggungjawab penulis komentar.

Tidak ada komentar