Solusi Blog Ditolak Google Adsense: Konten Tidak Memadai & Melanggar Kebijakan

Solusi Blog Ditolak Google Adsense: Konten Tidak Memadai & Melanggar Kebijakan

Solusi Blog Ditolak Google Adsense: Konten Tidak Memadai & Melanggar Kebijakan - Menghasilkan uang melalui blog bukan lah sebuah kemustahilan tapi sebuah kenyataan yang sudah dilakukan oleh banyak orang. Di internet apapun bisa didapatkan; mau uang? Ada. Mau beli terasi saja ada. Bahkan mau yang jelek-jelek pun bisa didapatkan asalkan mau berusaha untuk melakukannya. Dunia internet adalah dunia peluang untuk sukses dan juga berpeluang untuk bangkrut! Namun jika Anda ingin menghasilkan uang melalui internet, buat lah blog karena dengan blog semuanya bisa Anda pelajari, semuanya bisa Anda ketahui. Termasuk salah satunya adalah menghasilkan uang melalui blog dengan ikut program Google Adsense sebagai publisher.

Blog adalah media online terunik dan termudah dalam menghasilkan apapun yang Anda inginkan, mulai dari barang, uang dan memberikan jasa yang Anda kuasa. Dan pasti lebih menguntungkan untuk jangka panjang, dan ini yang menjadi pilihan terbaik. Memang saat ini media sosial seperti Facebook, Telegram, Instagram, dan Whastapp adalah yang sering digunakan untuk menghasilkan uang dengan cara mempromosikan produk atau jasa.

Namun tahukah Anda jika media sosial tersebut hanya digunakan untuk jangka pendek dan tidak bisa mengulas secara rinci tentang produk atau jasa yang Anda promosikan. Sedangkan blog ada media yang sampaikan kapanpun produk dan jasa Anda akan selalu online, dan juga tidak mengganggu orang lain dengan mempromosikan produk atau jasa di beranda orang yang biasanya sering kita temui di Facebook bahkan melakukan spamming promotion di group-group sosial lainnya seperti di Facebook, Telegram dan Whatsapp dan numpang promosi di statusnya selebgram di Telegram.

Solusi Blog Ditolak Google Adsense: Konten Tidak Memadai & Melanggar Kebijakan
Sedangkan untuk blog sendiri, apapun bentuknya selama tujuan awalnya adalah untuk menghasilkan uang maka sejak dari awal tentunya akan dilakukan persiapan-persiapan yang bisa menunjang keberhasilan blog tersebut, tentunya bukan keberhasilan blognya sih tapi keberhasilan pemilik blog itu yang bisa memberikan nilai lebih, yang bisa menghipnotis semua pembaca atau pengunjung blog agar tertarik dengan penawaran dari konten-konten yang disajikan. Termasuk bagaimana merayu Google dengan blog yang kita miliki. Merayu Google disini adalah ketika blog didaftarkan ke Adsense yang merupakan salah satu produk Google yang bisa memberikan hasil berupa uang dan itu hanya menggunakan blog, ada juga sih yang menggunakan Video yaitu melalui YouTube :)

Adsense adalah salah satu yang paling favorit alias banyak digemari untuk menghasilkan uang menggunakan blog dan juga menggunakan video di YouTube. Adsense adalah layanan penayang iklan yang disediakan oleh Google yang bekerja sama dengan para penerbit iklan (advertiser), program ini bisa diikuti oleh semua orang yang memiliki blog di internet jika tidak memiliki blog bisa menggunakan video di YouTube. Namun untuk menjadi penayang iklan adsense (publisher) yang dilakukan oleh semua blogger harus mendaftarkan blognya terlebih dulu. Jika blog tersebut sesuai dan memenuhi kriteria atau ketentuan yang yang ditetapkan oleh Google Adsense maka blog tersebut resmi menjadi publisher adsense dan siap-siap menghasilkan uang.

Namun untuk diterima menjadi publisher adsense, tidak semudah yang dilakukan saat melakukan pendaftaran baik itu adsense untuk blog atau adsense untuk video di YouTube. Mendaftar Google adsense membutuhkan salah persyaratan yang sebenarnya gampang-gampang susah karena ketika membaca panduan tentang mendaftar adsense agar bisa diterima yang sudah dijelaskan oleh banyak blog dan website, ternyata panduan tersebut belum tentu bisa memberikan jaminan untuk diterima oleh adsense. Atau sekalipun Anda mengikuti kursus tentang panduan diterima adsense, belum tentu blog Anda diterima oleh Adsense.

Kenapa panduan yang diberikan oleh semua blogger ataupun yang didapatkan dengan cara mengikuti kursus berbayar tentang adsense, blog belum bisa diterima sebagai publisher adsense? Karena adsense bukan milik mereka yang memberikan tutorial tersebut, mereka hanya hanya mereka-reka saja, menebak-nebak saja dengan pengalaman yang telah mereka alami saat mendaftarkan blog mereka sebelumnya ke adsense secara berulang-ulang dan berhasil sehingga mereka menyimpulkan "oh dengan cara seperti ini, dengan menggunakan ini ternyata bisa langsung diterima oleh adsense". Dan keputusan terakhir tetap ada pada Tim Google Adsense yang memberikan penilaian apakah blog Anda layak atau tidak untuk menjadi penayang iklan adsense!

Dari semua panduan yang telah diberikan oleh banyak blog, kami juga memberikan panduan tambahan agar blog yang didaftarkan adsense bisa diterima hanya dengan satu kali preview. Panduan diterima adsense yang kami tulis ini berdasarkan pengalaman kami beberapa hari ini setelah mendaftarkan blog Digital Poin ini bisa diterima oleh adsense. Silahkan baca caranya Tips Tambahan Agar Blog Baru Diterima Google Adsense

Solusi Blog Ditolak Google Adsense: Konten Tidak Memadai & Melanggar Kebijakan

Namun bagaimana jika blog yang didaftarkan ke Google Adsense selalu tidak diterima padahal blog yang didaftarkan sudah sangat diyakinkan diterima namun gagal? Sebenarnya solusi blog ditolak Google Adsense bisa terpecahkan dengan baik jika alasan penolakan yang disampaikan oleh Google Adsense dipahami dengan benar-benar baik. Biasanya penolakan dari Google Adsense disampaikan melalui email dan setiap penolakan yang kami ketahui ada 3 jenis isi alasan penolakan Google Adsense yaitu:

1. Tidak memenuhi kriteria program Google Adsense
Jika blog tidak memenuhi kriteria atau ketentuan yang diberikan oleh Google Adsense maka solusinya adalah pelajari terlebih dulu kebijakan tersebut. Biasanya sudah disertakan melalui email penolakan yang dikirim. Banyak sekali kebijakan-kebijakan yang harus dipelajari termasuk poin kedua dan ketiga yang ada dibawah ini. Kebijakan ini biasanya berhubungan dengan topik blog yang Anda bahas.

Dalam hal ini blog yang Anda buat harus memiliki konten yang sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan oleh adsense, termasuk originalitas konten yang ditulis atau yang disematkan kedalam blog Anda. Kalau pun ada konten pihak ketiga yang ada didalam blog Anda, berikan nilai positif pada konten tersebut sebagai referensi yang Anda tulis dan pastikan juga konten pihak ketiga tidak melanggar aturan kebijakan dari Google Adsense. Yang disebut konten dalam hal ini adalah teks, gambar, video, dan link.

2. Konten blog tidak memadai
Jika email balasan dari adsense menyatakan kalau konten blog Anda tidak memadai maka solusinya adalah ada 2 yaitu:
  • Jumlah postingan di halaman utama (Home) blog
    Perhatikan jumlah postingan yang Anda pasangan di halaman depan (home) blog Anda, agar diterima oleh adsense jangan memasang jumlah potingan sebanyak 5 postingan saja tapi pasang jumlah postingan lebih dari 7 namun jangan juga terlalu banyak atau lebih dari 10 postingan. Blog kami saat didaftarkan memasang jumlah postingan sebanyak 8.
  • Jumlah artikel
    Jumlah artikel yang dinilai oleh Google Adsense ada 2 yaitu jumlah dari artikel yang di posting dan banyaknya kata dari setiap artikel yang ditulis. Pertama jumlah artikel, memang tidak bisa dipastikan namun paling tidak ada 50 artikel pada setiap blog yang akan didaftarkan ke adsense, namun ada juga yang mengalami hanya ada 20 - 30 artikel blog yang didaftarkan ke adsense. Namun kami tetap memberikan nilai lebih, lebih baik gunakan 50 artikel saja agar proses diterima adsense tidak terlalu lama karena biasanya jika kurang dari 50 artikel akan ada email penolakan berulang kali dengan alasan yang sama.

    Kedua jumlah kata pada masing-masing artikel blog. Kami selalu menyinggung untuk membuat artikel blog yang baik, yang originalitas dengan jumlah kata minimal 500 - 700 kata, dan kalau bisa 1000 kata. Semakin banyak akan semakin unik artikel yang diterbitkan dan semakin besar peluang untuk diterima oleh adsense, bahkan termasuk pengindeksan oleh mesin pencarian.
3. Desain navigasi blog
Sudah pernah melihat tampilan dari blog-blog atau web-web yang dimiliki oleh Google? Coba perhatikan navigasi yang mereka gunakan. Simpel dan tampilannya bersih alias tidak banyak widget yang terpasang. Jika ingin mendaftarkan blog ke adsense, sarankan kami gunakan tampilan blog yang sederhana, mudah di akses, responsive, dan fast loading.

Navigasi disini bukan hanya sekedar menu navigasi yang harus ada di setiap blog seperti menu About, Privacy, Disclaimer, dan Sitemap yang dibagian header tapi juga navigasi pada blog secara keseluruhan termasuk di bagian sidebar dan footer blog. Khusus pada bagian header, lebih baik jangan memasang menu navigasi yang lain dulu selain menu navigasi yang kami sebutkan diatas.

Jadi untuk desain navigasi blog ini yang harus ada pada blog adalah Header, Menu Header, Konten, Sidebar yang berisi kolom Profil, Popular pos, Arsip, Subscribe via email dan Labels, sedangkan pada Footer blog hanya diisi link sosial media dari blog tersebut atau dari pemilik blog. Namun saran kami pasang link sosial media dari blog saja.

Dari 3 alasan penolakan adsense diatas mana alasan yang menjadi penolakan Google Adsense yang Anda terima melalui email yang dikirim oleh tim adsense? Silahkan lakukan dengan cermat untuk mengatasi penolakan tersebut. Memang tidak mudah untuk mencari solusinya tapi selama blog yang sudah ditolak belum benar-benar diperbaiki, jangan mendaftarkan ulang blog tersebut karena secara otomatis Google Adsense bisa langsung memberikan penilaian yang sama, blog belum siap.

Itulah solusi blog ditolak Google Adsense yang bisa kami sampaikan, dan kami tegaskan kembali, setiap tutorial, setiap panduan baik yang berbayar atau pun gratis belum sepenuhnya bisa memberikan solusi terbaik ketika blog ditolak oleh Adsense. Semua hanya menebak dengan cara dan pengalaman mereka namun bukan untung-untungan dalam mendaftar blog. Tidak ada istilah untungan-untungan dalam mendaftarkan blog ke adsense, jika Anda serius mengelola blog Anda maka itulah hasilnya. Sama halnya ketika Anda akan membuat blog pertama kali, tentunya ada niat dan tujuan kenapa Anda membuat blog? Semoga bermanfaat.
Artikel Sebelumnya:
Artikel Selanjutnya:
Buka Komentar
Bisnis Fun
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan, hinaan dan SARA tidak akan ditampilkan atau menjadi tanggungjawab penulis komentar.

2 komentar

Aku kayaknya ditolak dengan alasan yg pertama tapi belum nemu yang mana yg bikin ditolak, jadi belum ngajuin lagi deh :)

Balas

@NiaNastiti sebenarnga ketiga poin diatas satu-kesatuan mbak, untuk poin 1 bisa mempelajari kriteria blog yg ditetapkan oleh Google, jika kriterianya sudah sesuai, lengkap dg poin 2 dan 3.

Balas