Skip to main content
Kelas Online: Belajar Website!

Berapa Jumlah Artikel yang Ditulis Pada Awal Membuat Blog?

Berapa Jumlah Artikel yang Ditulis Pada Awal Membuat Blog?
Berapa Jumlah Artikel yang Harus Ditulis Pada Awal Membuat Blog? Inilah pertanyaan awal ketika kami baru membuat blog, tidak ada konsep, tidak ada topik dan bingung bagaimana mengisi artikel blog untuk pertama kalinya. Untuk melalui artikel ini kami akan membahas persiapan dalam mengisi artikel blog agar teman-teman yang masih baru dalam dunia blog tidak merasa kesulitan atau bingung yang harus dilakukan. Mungkin untuk yang masih baru memiliki semangat yang menggebu-gebu namun setelah menulis beberapa artikel, semangat itu biasanya akan hilang karena mulai jenuh atau bosan.

Benar, kebosanan akan cepat menghampiri jika apa yang ditulis, apa yang di isi kedalam blog hanyalah artikel-artikel yang ujung-ujung dinilai sendiri dan dianggap kurang bermanfaat bagi orang lain. Apalagi jika pada awal-awal ngbelog mengharap banyaknya pengunjung blog yang datang dan membaca artikel yang telah buat. Dan ternyata tidak ada trafik, tidak ada pengunjung yang mengunjungi blog yang telah dibuat, yang ada hanyalah statistik dari pemilik blog itu sendiri yang ada. Yaa.. kami pernah berada di posisi seperti itu, karena memang benar-benar tidak paham apa yang harus dilakukan ketika sudah punya blog.

Baca Juga Cara Membuat Blog di Blogspot (Blogger.com) Terlengkap & Terbaru

Berapa Jumlah Artikel yang Ditulis Pada Awal Membuat Blog
Menulis artikel siapapun orangnya pasti bisa membuatnya, namun jika tidak ada konsep dalam pembuatannya maka tulisan yang dihasilkan akan tidak baik, tidak sesuai dengan tujuan dalam pembuatan blog. Begitu juga dengan jumlah artikel yang harus ditulis pada awal membuat blog, berapa jumlah artikel yang harus di tulis? Apakah langsung 10 artikel sekaligus? Atau hanya menulis 1 artikel dalam 1 hari? Atau berapa lama melakukan update tulisan setelah artikel pertama terbit? Konsep dalam penulisan artikel ini memang harus dipersiapkan terlebih dulu, bukan langsung menulis dan menulis saja tanpa adanya batasan berapa jumlah ideal yang harus diisi pada blog yang masih baru.

Berapa Jumlah Artikel yang Harus Ditulis Pada Awal Membuat Blog?
Sebelum membuat blog seharusnya ada konsep yang sudah ditentukan terlebih dulu atau paling tidak sudah tahu apa yang akan dilakukan dengan blog yang telah dibuat tersebut termasuk konten-konten atau artikel yang akan ditulis, artikel yang sudah disiapkan dan banyaknya jumlah artikel yang akan diupdate untuk pertama kali. Untuk itu jika Anda sudah benar-benar serius dalam membuat blog, benar-benar serius dalam mengembangkan blog sekalipun Anda masih baru maka persiapkan 20 artikel awal untuk blog Anda!

Satu Topik (Niche) Blog
Untuk pertama kali jumlah artikel yang ditulis pada awal membuat adalah sebanyak 20 artikel dengan syarat blog yang dibuat hanya menggunakan 1 niche blog saja, bukan blog gado-gado karena dengan 1 niche topik akan lebih memudahkan dalam membuat artikel blog dan tentunya alasan utama adalah untuk menguatkan keberadaan SEO On Page blog sejak awal. Apakah 20 artikel tersebut langsung dipublish begitu saja? Apakah 20 artikel itu langsung update dalam 1 hari saja? Tentu saja tidak.

Ke-20 artikel tersebut harus diupdate selama 3 - 4 hari jadi dalam satu hari sejak blog selesai dibuat ada 5 artikel yang sudah diterbitkan dan untuk hari ke-2, ke-3, dan ke-4 masing-masing ada 5 artikel sehingga total awal untuk blog baru ada 20 artikel yang benar-benar unik yang ditulis dengan tangan sendiri, bukan artikel copypaste.

Baca Juga Cara Membuat Artikel Blog, Memasang Gambar dan Video

Agar artikel blog yang ditulis memiliki nilai SEO yang apik dan bisa menguatkan keberadaan blog atau artikel itu sendiri, untuk penulisan artikelnya adalah sebagai berikut:
  1. Topik Artikel Mengikuti Topik Blog
    Artikel yang ditulis harus membahas topik blog yang telah ditentukan sebelumnya. Misalkan blog Anda membahas tentang "Tips Melangsingkan Badan" maka artikel-artikel blog yang Anda buat tentunya berisi tentang "melangsingkan badan".
  2. Artikel Saling Berhubungan
    Artikel yang ditulis didalam blog harus saling berhubungan dan tetap membahas topik utama pada blog tersebut. Saling berhubungan diisi termasuk memasukkan link artikel lainnya kedalam artikel yang satunya. Link yang dimaksud bukan link-link dari related artikel (artikel terkait) tapi link artikel yang dipasang secara manual didalam artikel. Paling tidak ada 3 link keluar yang menuju ke link artikel yang lainnya. 3 link tersebut adalah:
    • Link menuju ke link artikel itu sendiri.
    • Link menuju ke link artikel lainnya didalam blog itu sendiri.
    • Link menuju ke link blog (homepage) itu sendiri.
  3. Artikel Tambahan
    Dari 20 artikel yang telah disiapkan atau yang akan ditulis, buat juga artikel tambahan yang membantu membuat blog semakin unik. Artikel tambahan ini tentunya masih berhubungan dengan topik blog, bukan topik yang lain. Misalkan contoh artikelnya adalah bercerita tentang diri Anda yang sebelumnya memiliki badan langsing kini badan Anda gendut dan didalam artikel tersebut tetap terpasang link artikel yang lain dan link artikel blog itu sendiri.
Lalu setelah menyiapkan blog dengan 20 artikel dalam 3 - 4 hari, apa selanjutnya yang harus dilakukan? Tetap menulis artikel, mencari ide-ide baru yang sesuai dengan artikel blog tersebut. Namun bedanya disini untuk mengupdate artikel berikutnya dengan artikel baru, tidak ada ketentuan berapa banyak jumlah artikel yang bisa Anda buat namun sarankan untuk tetap melanjutkan membuat artikel setiap hari paling tidak 1 - 2 artikel. Dan pastikan untuk penulisan artikel tetap menggunakan poin ke-2 diatas yaitu Artikel saling berhubungan.

Okey sekian dulu ya, silahkan dipraktekkan cara diatas saat Anda membuat blog baru dan mengisinya dengan jumlah artikel yang sudah siap ditulis atau yang sudah dirancang untuk mengisi blog baru tersebut. Jika belum menemukan ide dalam membuat atau menulis artikel, pada postingan berikutnya kami akan membagikan tips mendapatkan ide dalam menulis artikel. Untuk mendapatkan update terbaru dari blog ini, silahkan daftarkan email Anda menggunakan frm berlanggan yang ada di blog ini, secara otomatis Anda akan mengetahui kalau ada artikel baru di blog ini melalui email Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.