Skip to main content
➜ Bikin Websitemu.. GRATIS Domain & Unlimited Hosting

Persiapan Sebelum Membuat Blog yang Wajib Dilakukan

Persiapan Sebelum Membuat Blog yang Wajib Dilakukan
Persiapan Sebelum Membuat Blog yang Wajib Dilakukan - Langkah awal dalam melakukan sesuatu adalah mempersiapkan hal-hal yang diperlukan, tidak grusa-grusu atau tidak asal jadi. Begitu juga dengan membuat blog, perlu ada persiapan khusus yang harus dilakukan. Dengan melakukan persiapan atau menyiapkan hal-hal yang dibutuhkan dalam membuat blog diharapkan dalam membangun blog tersebut akan lebih mudah dan mudah berkembang, sehingga hasil akhir tujuan dari pembuatan blog tersebut tercapai.

Sebelum membuat blog tentunya Anda akan berpikir dan bertanya, "Saya ingin punya blog, bagaimana ya cara membuat blog tersebut?" atau Anda ingin menjual sesuatu melalui blog, pasti akan ada salah satu pertanyaan seperti ini, "Saya ingin jualan melalui blog, bagaimana cara membuatnya?" atau Anda ingin menghasilkan uang melalui blog, tentu ada juga pertanyaan-pertanyaan sebelum memulainya, "Saya ingin menghasilkan uang melalui blog, bagaimana ya caranya?" dan semua pertanyaan-pertanyaan yang datang silih berganti.

Persiapan Sebelum Membuat Blog yang Wajib Dilakukan
Bahkan dari teman-teman blogger sendiri yang sudah bertahun-tahun memiliki blog dengan banyak konten yang sudah ada didalam blognya, pasti akan selalu dan tetap melakukan persiapan namun persiapan disini tentunya berbeda dengan yang akan memulai membuat blog. Kalau persiapan teman-teman yang sudah punya blog salah satunya adalah melakukan update isi postingan, dan sebelum membuat postingan tentunya akan ada pertanyaan seperti ini, "Apa yang akan saya postingan selanjutnya?", "Apa ya artikel yang akan saya buat?", dan mungkin akan ada sedikit kepanikan jika tidak mengupdate blog lebih dari 3 hari, "Waduh, saya belum update artikel sudah 3 hari ini, mau nulis apa ya?"

Dari semua pertanyaan-pertanyaan tersebut sebenarnya sudah ada persiapan yang harus dilakukan yang bisa Anda lakukan. Dari pertanyaan-pertanyaan tersebut akan muncul ide dan dari ide inilah yang akan menjawab semua pertanyaan tersebut. Misalkan, sebelum membuat blog tentunya Anda akan berpikir dan bertanya, "Saya ingin punya blog, bagaimana ya cara membuat blog tersebut?" Maka ide yang muncul disini adalah mencari cara membuat blog. Caranya bisa mencarinya di Google atau bertanya ke teman yang bisa membuat blog.

Persiapan Sebelum Membuat Blog yang Wajib Dilakukan

Begitu juga untuk teman-teman yang akan membuat blog, agar dalam pembuatan dan blog dan menjadikan blog tersebut sukses maka harus dimulai dari sendiri, disini kami tidak akan menyebut teman-teman yang baru membuat blog sebagai pemula atau newbie, semuanya sama, bahkan kami sendiri masih pemula dalam memulai membangun blog ini. Namun bedanya ketika ada blogger yang masih baru dalam membuat, mereka cenderung mengalami kegagalan daripada blogger yang sudah lama.

Sehingga untuk teman-teman blogger yang masih baru, sangat disarankan untuk melakukan persiapan sebelum membuat blog, karena beberapa orang yang pernah menghubungi kami untuk pembuatan blog, mereka sering gagal dikarenakan masalah-masalah teknis seperti:
  • Tidak konsisten dalam menulis blog.
  • Bingung mencari ide untuk menulis.
  • Bingung mencari gambar untuk artikel.
  • Tujuan blog yang salah. Ingin blog ramai dan menghasilkan tapi tidak pernah update.
  • Tampilan blog tidak rapi bahkan terkesan acak-acakan karena banyaknya widget yang terpasang.
  • Bingung belajar SEO. Maunya belajar SEO dulu tapi keberadaan blog tidak terurus. Belajar SEO gagal, blog pun gagal.
  • Terlalu banyak bertanya dan prakteknya kurang.
  • Dan beberapa masalah teknis lainnya yang memang harus dipersiapkan terlebih dulu sebelum memulainya.
Sebenarnya tidak semua yang baru membuat blog, bahkan mereka memiliki cara tersendiri dalam membangun blog yang mereka buat. Tidak hanya itu, mereka juga lebih beruntung dalam membuat blog daripada yang sudah lama. Jadi setiap proses yang dilakukan oleh setiap orang itu mungkin sama, namun untuk hasil yang didapatkan pasti berbeda. Begitu juga dalam membuat blog, meski memiliki persiapan-persiapan yang cenderung sama dalam membuat blog, hasilnya pun belum tentu sama karena setiap orang memiliki ide dan kreatifitas tersendiri. Dengan melakukan persiapan sebelum membuat blog maka akan membuat blog memiliki konten dan tampilan yang lebih menarik, lebih mudah menemukan ide dalam membuat artikel, ngblog jadi lebih menyenangkan, dan tentunya ngblog jadi lebih fokus.

Dari semua yang telah kami jelaskan diatas, apa yang seharusnya dipersiapakan sebelum membuat blog?
Untuk membuat blog yang baik, bukan sekedar mencari panduan atau tutorial dalam pembuatan blog itu sendiri, tapi bagaimana membangun blog dari awal dan menjadikan blog tersebut berkembang sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Kalau hanya sekedar membuat blog, membaca panduannya sudah bisa hanya dalam 5 menit. Berikut persiapan sebelum membuat blog yang harus dilakukan:

1. Niat Bukan Minat
Apapun yang akan dikerjakan jika tidak disertai niat, maka hasilnya akan kurang maksimal. Begitu juga dengan ngblog, jika Anda tidak ada niat atau hanya sekedar ikut-ikutan maka blog Anda tidak akan dikelola dengan baik. Membuat blog bukan hanya sekedar dari minat atau keinginan semata, jika dalam membuat blog hanya karena ada minat maka ketika Anda sudah tidak ada minat atau keinginan, blog tersebut tidak akan berkembang dan terhenti.

2. Tujuan Blog
Sebelum membuat blog, tentukan dulu apa tujuan blog tersebut. Apa tujuan blog yang akan Anda buat? Untuk apa blog Anda? Mengapa Anda harus membuat blog? Dengan menetapkan tujuan awal dari sebuah blog yang Anda miliki, maka proses dalam mengembangkan blog akan lebih mudah. Misalkan dalam hal ini tujuan blog Anda adalah untuk berbagi informasi melalui artikel-artikel yang Anda buat. Maka jadikan lah blog tersebut sebagai media informasi yang menarik dan yang dibutuhkan oleh semua orang.

Namun kami sarankan, apapun jenis blog Anda, entah itu blog yang akan digunakan untuk menghasilkan uang atau sebagai media informasi. Fokus lah terlebih dulu dalam pembuatan konten khususnya artikel yang menarik dan artikel blog yang benar-benar dari hasil tulisan sendiri. Jangan pernah mengisi blog dengan artikel-artikel dari blog orang lain atau hasil copypaste. Memiliki blog, hampir sama dengan memiliki rumah. Perabotan rumah di isi sendiri dari hasil bekerja yaitu bekerja. Begitu juga dengan ngeblog, isi blog ditulis sendiri, tampilan blog diganti sendiri, dan sebagainya.

Baca Cara Membuat Artikel Blog, Memasang Gambar dan Video

3. Menentukan Topik Dan Konten Blog
Jika tujuan blog sudah ditentukan maka dalam menentukan topik blog (niche) akan lebih mudah ditentukan. Topik blog atau niche adalah inti dari masalah yang akan dibahas didalam blog Anda. Misalkan tujuan blog yang buat sebelumnya adalah untuk berbagi informasi tentang kesehatan. Maka topik blognya adalah tentang kesehatan. Sehingga masalah-masalah kesehatan yang Anda ketahui akan dibahas kedalam blog Anda.

Namun, agar blog memiliki spesifik yang lebih menarik, maka buat lah topik blog yang lebih spesifik juga. Kalau mengambil topik tentang kesehatan, maka pembahasan blog akan jadi meluas dan itu akan membuat Anda menjadi bingung. Untuk itu, fokuskan pada masalah kesehatan tertentu saja, Misalkan tentang Hipertensi. Dengan memilih salah satu topik dari kesehatan yaitu penyakit dan memilih Hipertensi sebagai pembahasan utama blog Anda, maka Anda akan dengan mudah membuat artikel tentang topik tersebut.

Baca Cara Memilih Topik (Niche) Blog Agar Blog Dikelola Dengan Baik

Pada artikel sebelumnya, kami menyarankan agar membuat blog dengan satu topik atau satu niche saja, kenapa?
  1. Blog dengan satu topik (niche) akan lebih disukai oleh pengunjung.
  2. Blog lebih mudah populer dan terkenal.
  3. Blog bisa dijadikan rujukan oleh banyak orang.
  4. Blog bisa dijadikan sebagai sumber referensi yang baik.
  5. Blog lebih mudah terindeks oleh mesin pencari (SEO).
  6. Blog lebih mudah diupdate dengan konten-konten berkualitas yang relevan atau sesuai dengan topik blog.
Namun untuk mendapatkan itu semua prosesnya tidak mudah, butuh belajar dan belajar. Khususnya dalam menulis artikel yang menarik. Selain itu, topik yang akan dibahas kedalam blog harus benar-benar Anda kuasai. Ini catatan penting, dengan menguasai topik yang dibahas, blog lebih mudah diurus.

4. Memilih Dan Menggunakan Platform Blog
Dalam membuat blog ada 2 platform yang sering di pilih dan digunakan yaitu Blogspot dan Wordpress. Kedua platform ini bisa gratis dan bisa berbayar. Dan keduanya sama-sama baik dan sama-sama memiliki keunggulan dan kekurangan. Bagi teman-teman yang masih baru dalam membuat blog, kami sarankan untuk memilih dan menggunakan platform yang gratisan saja dulu, bisa memilih Blogspot atau Wordpress.

Memilih yang gratisan bukan berarti membuat blog tidak profesional tapi lebih pada tahap proses belajar. Namun jika Anda ingin memiliki tampilan blog yang dianggap profesional, bisa menggunakan platform blog yang berbayar. Tapi bukan itu awal penilaian dari sebuah blog, bukan dari tampilan tapi bagaimana mengisi konten yang baik, menarik dan bermutu yang banyak diminati oleh banyak orang. Dan proses awalnya adalah belajar.

Sekali lagi, profesionalisme, kualitas, dan kuantitas bukan dari dilihat dari segi tampilan belaka. Namun tampilan tetap harus diperhatikan, tampilan yang menarik akan menjadi nilai tersendiri. Namun konten yang berkualitas adalah yang paling utama yang harus diperhatikan. Meskipun platform blog yang berbayar memiliki keunggulan lebih, khususnya dengan adanya fitur-fitur dari pihak ketiga seperti plugin, namun itu bukan suatu keharusan yang harus digunakan.

5. Nama dan URL Blog
Nama dan url blog yang baik adalah yang sesuai dengan topik blog yang akan dibahas, meskipun ini bukan tolok ukur keberhasilan sebuah blog namun memiliki nama dan url blog yang sesuai akan semakin menegaskan kalau blog Anda adalah blog yang benar-benar relevan dengan topik blog yang dibahas. Dalam memilih nama dan url blog, pastikan untuk menggunakan nama yang mudah diingat dan simpel.

Misalkan topik blog yang dibahas tentang Bunga, dan fokus utamanya adalah jenis bunga maka nama blog yang digunakan adalah:
  • Topik: Bunga
  • Topik Utama: Jenis Bunga
  • Nama Blog: Jenis Bunga Favorit
  • Url Blog: jenisbungafavorit.web.id
Memilih dan menggunakan url blog yang sesuai dengan topik memang tidak diharuskan namun sebisa mungkin bisa menggunakan nama tersebut.

6. Desain Dan Tema Blog
Desain yang digunakan pada sebuah blog bukan memiliki tampilan yang aneh-aneh, yang warna-warni, yang berkedap-kedip, yang memiliki teks berjalan ke kanan ke kiri, yang bertabur bintang, yang memiliki kursor panah dan sebagainya. Tampilan seperti itu adalah tampilan yang ada pada tahun 90an hehee dan sudah tidak digunakan pada zaman milineal ini :) Meski tampilan seperti itu menurut pemiliknya menarik namun bagi sebagian pengunjung malah itu akan mengganggu mereka. Untuk itu, buatlah tampilan blog dengan desain yang sederhana namun tetap menarik untuk dilihat dan tidak membosankan.

Desain dari sebuah tampilan blog berasal dari tema atau template yang digunakan. Dalam memilih template, pilih template yang sederhana, responsive, SEO Friendly, kombinasi warna tidak terlalu berlebihan, loading cepat, struktur HTML yang baik da sebagainya. Untuk saat ini, rata-rata template atau tema semuanya sudah memiliki syarat utama tersebut namun untuk memiliki tema yang lebih, tentunya memilih tema yang berbayar.

Selain itu agar tampilan dari blog lebih unik dan berbeda dengan blog yang lain maka pemilik blog setidaknya bisa melakukan sedikit editing tampilan dari desain tema tersebut yaitu dengan mempelajari kode CSS, HTML dan Script. Untuk pembahasan ini akan kami bahas pada artikel berikutnya. Di tunggu ya... :)

Memang tidak semua blogger yang akan memulai dalam membuat blog memiliki cara yang sama dengan blogger lainnya, begitu juga pembahasan dalam artikel tentang persiapan sebelum membuat blog ini mungkin juga berbeda dengan yang dilakukan teman-teman blogger yang akan memulai membuat blog, namun pastikan sebelum membuat blog tetap melakukan persiapan yang matang dan benar-benar baik agar semuanya berjalan dengan lancar dan meraih hasil yang memuaskan sesuai tujuan awal memiliki blog. Semoga artikel ini bermanfaat.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.