Skip to main content
Menu

Jasa SEO Backlink Menyisakan Sampah Blog dan Link Profil

Jasa SEO Backlink Menyisakan Sampah Blog dan Link Profil

Apakah Anda pernah menggunakan jasa SEO Backlink atau jasa SEO apapun yang digunakan untuk optimasi blog atau website Anda?

Apakah Anda pernah menggunakan jasa SEO Backlink atau jasa SEO apapun yang digunakan untuk optimasi blog atau website Anda? Jika sudah pernah menggunakan jasa SEO, itu artinya Anda sudah paham apa itu SEO, apa fungsinya dan bagaimana cara melakukannya.

Bahkan tanpa menggunakan jasa apapun, tentu sudah paham juga cara melakukannya. Dan saya yakin semua pemilik blog dan website pernah melakukan optimasi SEO untuk blognya sendiri, meskipun hanya sekedar coba-coba.

Jasa SEO Backlink Menyisakan Sampah Blog dan Link Profil

Namun sayangnya, saya memiliki penilaian tersendiri dengan jasa seo backlink ini, yaitu kurang baik dalam menanam backlink yang mereka lakukan. Kenapa? Mereka biasanya menanamkan backlink ke beberapa situs seperti web profil, guest post gratisan, situs bookmark, blog yang tidak terurus, dan sebagainya.

Disini saya menilai agak kurang baik mereka menanamkan backlink meskipun secara nilai situs-situs tersebut memiliki Domain Authority (DA) yang bagus sebagai salah satu link faktor untuk mendongkrak website Anda.

Sebagai bagus nilai domain authority sebuah website atau blog, semakin kredibel website tersebut di mata earch engine. Padahal sejauh ini saya menilai, memang iya, nilai DA sebuah website bisa menentukan posisi peringkat di search engine tapi itu tidak semuanya.

Banyak wesbite, terutama yang tidak diurus atau tidak terupdate setiap hari, peringkat search enginenya malah melorot bahkan tidak tampil atau tidak bertahan di halaman search engine.

Oleh karena itu, meskipun situs dengan DA dijadikan sebagai salah satu link faktor untuk mendongkrak peringkat sebuah website, saya tetap kurang setuju karena link yang ditanamkan pada situs-situs tersebut ujung-ujungnya hanya tertanam seperti itu saja dan dibiarkan tanpa terurus bertahun-tahun.

Hanya menjadi benalu di situs orang lain dan menjadi sampah blog dan link profil yang tidak terurus. Kecuali mereka mengurusnya dengan baik, misalnya saat menggunakan link profil, setidaknya akunnya tetap terlihat aktif dengan melengkapi data profil seperti foto dan sebagainya.

Atau jika menggunakan blog gratisan seperti Bravenet, setidaknya tidak hanya sebagai keperluan menanam link saja situs-situs seperti ini dimanfaatkan tapi berilah nilai lebih dengan tetap update konten secara berkala.

Toh kalau diupdate secara berkala juga akan memberikan keuntungan kedepannya yaitu sebagai backlin dari situs yang dioptimasi. Tapi yaa kembali ke masing-masing personal, setidaknya sudah memberikan link tanggungjawab sebagai penyedia layanan selesai.

Apakah melakukan optimasi website dengan backlink seperti itu salah?

Tidak ada yang salah karena sampai tulisan ini saya buat, link faktor masih menjadi penentu peringkat sebuah website atau blog di halaman search engine.

Dan Google sendiri masih abu-abu dalam memutuskan penggunaan backlink ini. Meskipun tidak seperti 20 tahun yang lalu, penggunaan backlink yang begitu membabi buta, setidaknya untuk saat ini gunakan backlink sewajarnya.

Jika ingin mencari backlink dari website atau blog Anda setidaknya gunakan blog-blog aktif yang sama-sama menyajiakan artikel informatif dan tetap terindeks oleh search engine. Entah itu search enginenya Google, Bing atau Yahoo, yang terpenting website yang dijadikan backlink memberikan konten yang informatif dan berguna, bukan hanya sekedar untuk titip link saja.

Apakah jasa SEO backlink seperti itu ada?

Ada, tapi tidak banyak dan lebih banyak menggunakan website-website luar dan menggunakan tool tertentu untuk mempercepat indeks dengan tujuan akan mendongkrak peringkat website atau blog yang dioptimasi.

Memang semua yang dilakukan tersebut bukanlah termasuk tindakan Spam Link karena mereka melakukannya dengan menggunakan website dari akun yang mereka gunakan.

Jadi tidak ada yang salah dengan semua itu, tapiii... Alangkah baiknya tetap melalukan lebih baik lagi dengan membuat blog atau website yang khusus untuk backlink. Bisa? Tentu saja meskipun prosesnya jauh lebih lama dan membutuhkan banyak waktu.

Jika menggunakan teknik SEO backlink dengan cara menanam link website ke blog-blog seperti yang saya sebutkan diatas, suatu saat ranking blog yang dioptimasi dengan cara seperti itu akan turun peringkatnya. Pelan-pelan dan pasti.

Bagaimana agar peringkat naik terus? Agar peringkat website atau blog naik terus atau minimal tetap, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah update blog atau website secara rutin setiap hari dengan artikel menarik dan original.

Content is King

Pernah medengar ungkapan ini? Tentunya pernah dong, "Konten adalah raja", ungkapan yang sangat populer sejak zaman dulu, ungkapan yang populer dikalangan blogger dan internet marketing.

Ungkapan ini bukan hanya sekedar ungkapan tapi sebuah frase penting yang harus dilakukan oleh seorang blogger dan internet marketer untuk membuat konten yang berkualitas tinggi dalam berbagai konteks online, seperti situs web, media sosial, blog, dan lainnya.

Jadi jika Content is King ini benar-benar diterapkan ke semua website atau media online lainnya, keberadaan backlink sebenarnya tidak ada artinya karena konten yang benar bagus dan original memainkan peran penting dalam menarik dan mengikat audiens, mengarahkan lalu lintas ke situs web, dan pada akhirnya mencapai tujuan bisnis.

Kenapa Conten is King itu lebih baik dari Backlink atau Teknik SEO lainnya?

Sebenarnya conten is king ini adalah teknik SEO yang benar-benar sangat ampuh dan tidak ada tandingannya. Kenapa sangat ampuh? Karena berisi beberapa hal penting berikut ini:

1. Memiliki Konten Berkualitas

Konten yang ditulis dengan baik, informatif, menghibur, dan relevan dengan audiens target yang tepat. Konten yang dibuat memberikan nilai kepada pembaca atau penonton jika itu berupa video. Konten yang baik ini berisi ulasan, permsalahan, pemecahan masalah, pertanyaan, menjawab pertanyaan, mendidik dan bahkan menghibur.

2. Menarik Audiens atau Pengunjung Website

Konten berkualitas tinggi memiliki kekuatan untuk menarik dan mempertahankan audiens atau pengunjung website. Orang lebih cenderung berinteraksi dengan konten yang membuat mereka merasa terbantu, memberikan wawasan yang berharga, atau menghibur. Keterlibatan ini dapat menghasilkan pengalaman yang baik dan hasilnya adalah lalu lintas atau trafik website meningkat, pengikut media sosial meningkat, dan website jadi terkenal.

3. Optimisasi Mesin Pencari (SEO)

Mesin pencari seperti Google memprioritaskan situs web dengan konten berkualitas dalam hasil pencarian. Dengan membuat konten yang relevan, orisinal, dan bernilai, peringkat website atau blog dapat meningkat di halaman mesin pencari, sehingga visibilitas dan lalu lintas organik semakin meningkat.

Tapi sayangnya, Google dengan botnya masih terlalu buta dengan konten-konten original yang lebih menarik, yang lebih memberi pengetahuan yang baik. Google lebih memberikan nilai lebih terhadap website-website besar yang sudah memiliki nama. Sedikit artikel yang mereka buat, Google sudah memberikan tempat di halaman depan mereka.

4. Membangun Otoritas dan Kepercayaan

Membuat konten dalam bentuk artikel atau video yang bernilai secara konsisten membantu meingkatkan nilat trust atau kepercayaan terhadap website atau blog tersebut.

Ketika audiens atau pengunjung website memandang suatu web atau blog sebagai pengetahuan dan berisi konten yang menarik, mereka lebih cenderung berinteraksi dengan kontennya, produk, dan layanannya. Dan pastinya akan kembali lagi dimasa yang akan datang, bahkan setiap hari.

5. Mendorong Konversi

Konten berkualitas dapat memengaruhi keputusan pembelian dan mendorong konversi jika website tersebut adalah website jualan. Baik melalui posting blog informatif, video yang menarik, atau deskripsi produk yang meyakinkan, konten yang dibuat dengan baik dapat membujuk audiens untuk mengambil tindakan, seperti melakukan pembelian atau mendaftar sebagai pelanggai melalui email.

Content is King ini tidak hanya berlaku untuk website atau blog saja tapi sosial media dan website berbagi video setidaknya juga menerapkan content is king agar benar-benar menampilkan konten yang baik, bukan hanya sekedar konten asal-asalan yang hanya sekedar upload namun dari segi manfaat, pengetahuan, dan pendidikan tidak ada. Apakah bisa seperti itu? Bisakah semuanya menerapkan konten adalah raja?

Bisakah seperti itu? Bisakah Google dan search engine lainnya seperti itu?

Tidak, saya rasa tidak, karena ada kententuan khusus dan umum yang mereka berlakukan. Hal inijuga membantu perkembangan perusahaan mereka. Jika hanya mengedepankan content is king, tentunya sponsor-sponsor yang memiliki konten yang tidak sesuai dengan kebijakan mereka yang menggunakan layanan mereka akan ditolak semuanya.

Begitu juga di Marketplace, apakah mereka menerapkan conten is king? Tidak, tidak kesemuanya yang terupload, yang diposting atau pun yang dijual menerapkan konten adalah raja seperti yang di website atau video. Karena mereka semua memiliki kebijakan tersendiri, baik untuk penggunanya dan untuk perkembangan perusahaannya.

Jadi jika Anda ingin menggunakan jasa SEO backlink, itu hak paten Anda dalam menggunakan jasa tersebut. Bagaimanapun cara optimasi yang dilakukan sebuah layanan jasa SEO, itu Anda yang mengetahui, Anda yang memiliki kepercayaan untuk menggunakan jasa tersebut, dan hasilnya juga Anda yang mendapatkan. Tidak ada yang melarang dan tidak juga tidak akan ada yang menolak atau melakukan komplain terhadap teknik SEO yang Anda lakukan terhadap website atau blog Anda.

Seperti halnya artikel ini, konteks sebenarnya adalah penggunaan jasa SEO backlink dan content is king. Jika perusahaan seperti Google, Bing, dan Yahoo benar-benar menerapkan standar content is king sebagai hal yang utama dalam sebuah konten website atau blog, tentunya backlink dan teknik SEO lainnya yang disebut teknik SEO off-page tidak perlu dilakukan lagi. Semuanya secara natural dan original sehingga hasilnya adalah website atau blog yang benar-benar memiliki konten berkualitas lah yang berada di halaman utama pencarian mereka.

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]

Artikel Terbaru

Baca Juga Artikel Lainya: