Skip to main content
Menu

Keamanan Digital dalam Internet of Things dan Cara Menghadapinya

Keamanan Digital dalam Internet of Things dan Cara Menghadapinya

Dalam era Internet of Things (IoT) yang semakin berkembang sekarang ini, keamanan digital menjadi hal yang sangat penting

Dalam era Internet of Things (IoT) yang semakin berkembang sekarang ini, keamanan digital menjadi hal yang sangat penting. Mau tidak mau semua harus siap menghadapi perkembangan ini, siapapun itu orangnya jika mereka sudah menggunakan perangkat yang menggunakan konsep IoT, maka sudah harus mengetahui konsep dasarnya, kenapa?

Keamanan Digital dalam Internet of Things, dan Cara Menghadapinya

Yuk kita bahas bareng-bareng mengenai keaman digital dalam Internet of Things ini yang sebenarnya sudah kita lakukan, sudah kita gunakan dalam keseharian kita, dalam aktivitas kita sehari-hari baik itu didalam atau pun diluar rumah. Namun kita tidak pernah menyadarinya kalau sebagian dari aktivitas yang kita lakukan sudah berhubungan dengan IoT!

Jika sudah terhubung dengan IoT namun kita tidak menyadari sudah menggunakan sistem ini, sebenarnya kita dalam bahaya khususnya kemanan digital yang tanpa kita ketahui. Nah loh... Lalu bagaimana cara menghadapi keamanan digital ini? Khususnya dalam Internet of Things? Dan apa itu Internet of Things?

Apa itu Internet of Things (IoT)?

Internet of Things (IoT) adalah jaringan perangkat fisik yang terhubung ke internet, yang memungkinkan untuk saling berkomunikasi dan bertukar data. Contoh perangkat IoT termasuk sensor, kamera, kendaraan terhubung, dan perangkat rumah pintar.

Contoh Masalah dalam Internet of Things

Beberapa masalah keamanan yang sering muncul dalam IoT meliputi:

  1. Serangan DDoS

    Penyerang menggunakan botnet IoT untuk melancarkan serangan DDoS massal terhadap situs web atau layanan online.

  2. Pencurian data

    Perangkat IoT yang tidak aman dapat menjadi sasaran untuk pencurian data pribadi atau rahasia bisnis.

  3. Pengambilalihan kontrol

    Penyerang dapat mengambil alih kontrol perangkat IoT untuk tujuan merusak atau mencuri informasi.

Apa itu IoT Security Suites?

IoT Security Suites adalah kumpulan solusi keamanan yang dirancang khusus untuk melindungi perangkat IoT dan infrastrukturnya dari berbagai ancaman siber. Ini mencakup fungsi seperti deteksi ancaman, enkripsi data, manajemen akses, dan pemantauan keamanan.

Dunia teknologi yang tanpa kita sadari yang sudah kita gunakan sudah terhubung melalui Internet of Things (IoT), di mana berbagai perangkat yang terhubung ke internet dapat berkomunikasi dan saling bertukar data secara otomatis.

Namun, dalam pertukaran data ini banyak dari kita dan tanpa kita sadari sudah mengabaikan kemanan digital yang kita lakukan dari setiap proses pertukaran data tersebut.

Contoh sederhana dari pertukaran data ini adalah penggunaan Bluetooth dalam perangkat wearable seperti headphone nirkabel, earbud, atau smartwatch untuk mentransfer data atau menerima perintah dari smartphone atau perangkat lainnya.

Dalam penggunaan perangkat ini, ada sistem keamanan yang secara tidak langsung sudah dibocorkan oleh kita sendiri.

Sedangkan contoh dalam skala besar adalah penggunaan CCTV diruang publik atau dijalan raya dapat dianggap sebagai bagian dari Internet of Things (IoT) dan dapat dimasukkan ke dalam konsep IoT Security Suites sebagai sistem keamanannya.

CCTV diruang publik, sering kali terhubung ke internet untuk memungkinkan pemantauan jarak jauh dan pengambilan keputusan berbasis data. Mereka dapat diprogram untuk mengirimkan data video secara real-time atau disimpan ke server yang dapat diakses melalui internet.

Nah dari sinilah keamanan data dari CCTV itu dapat terekspose ke publik dan dapat dihapus datanya sehingga tidak diketahui oleh publik.

Apa itu Keamanan Digital?

Keamanan digital mencakup praktik dan teknologi yang dirancang untuk melindungi data, perangkat, dan infrastruktur dari ancaman siber. Praktek atau tindakan dalam sistem keamanan ini melibatkan perlindungan terhadap akses yang tidak sah, pencurian data, manipulasi informasi, dan gangguan layanan lainnya.

Oleh karena itu, dengan semakin berkembangnya dunia teknologi dan internet, setidaknya aktivitas yang kita lakukan dalam berbagai hal dengan menggunakan jaringan internet atau pun jaringan nirkabel lainnya, kita sudah siap dengan perlindungan data yang kita miliki.

Misalnya dalam jaringan internet, kita sering berinternet dengan menggunakan media sosial. Salah satu langkah sederhana yang perlu kita lakukan agar tetap aman yaitu dengan melakukan update aplikasi internet tersebut.

Dan inilah satu-satunya alasan kenapa pihak pengembang aplikasi seperti TikTok atau Instagram selalu melakukan update agar pengguna tetap aman menggunakan aplikasi tersebut.

Selain itu, sebagai pengguna internet aktif, setidaknya kalian harus melakukan update aplikasi dan menyediakan aplikasi sistem keamanan yang cukup seperti antivirus atau anti malware.

Contoh Keamanan Digital

Selain contoh yang sudah disebutkan diatas, berikut beberapa contoh keamanan digital yang wajib Anda ketahui dan setelah ini wajib Anda lakukan pada perangkat ponsel atau akun layanan internet yang Anda gunakan yaitu:

  1. Enkripsi data

    Melindungi data dengan mengubahnya menjadi format yang tidak dapat dibaca tanpa kunci enkripsi.

  2. Autentikasi dua faktor

    Memerlukan dua metode verifikasi yang berbeda untuk mengakses akun atau perangkat.

  3. Pembaruan perangkat lunak

    Menginstal pembaruan perangkat lunak terbaru untuk memperbaiki kerentanan keamanan yang diketahui.

  4. Firewalls

    Memantau dan mengontrol lalu lintas jaringan untuk mencegah akses yang tidak sah.

  5. Sistem deteksi intrusi (IDS)

    Mendeteksi aktivitas mencurigakan atau ancaman keamanan dalam jaringan.

Cara Menghadapi Keamanan Digital

Apapun yang kita gunakan, mulai dari perangkat ponsel atau samapi perangkat tercanggih pun selama itu masuk dalam konsep siste IoT, kita harus melakukan beberapa cara untuk menghadapi keamanan digital dalam konteks IoT ini yang meliputi:

  • Memperbarui perangkat lunak secara teratur untuk memperbaiki kerentanan keamanan.
  • Menggunakan kata sandi yang kuat dan autentikasi dua faktor untuk melindungi akses ke perangkat IoT.
  • Mengimplementasikan solusi keamanan seperti firewall dan IDS untuk memantau dan melindungi jaringan.
  • Melakukan pemantauan aktif terhadap aktivitas jaringan dan respons cepat terhadap ancaman yang terdeteksi.
  • Menggunakan IoT Security Suites untuk menyediakan perlindungan keamanan yang komprehensif untuk perangkat IoT.

Dengan melakukan beberapa cara diatas setidaknya kita sudah mempersiapkan diri dan selalu siaga terhadap penggunaan perangkat dalam aktivitas kita sehari-hari. Baik itu menggunakan ponsel dalam berbagai aktivitas, menggunakan kendaraan, atau pun aksesoris digital.

Keamanan digital dalam Internet of Things (IoT) adalah aspek yang sangat penting yang harus diperhatikan dengan serius. Dengan menyadari potensi ancaman dan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk melindungi infrastruktur IoT, kita dapat melindungi data kita dengan aman dan mudah. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]

Artikel Terbaru

Baca Juga Artikel Lainya: