Skip to main content
Menu

11 Aplikasi WhatsApp Chatbot Terbaik 2024

11 Aplikasi WhatsApp Chatbot Terbaik 2024

Aplikasi whatsapp chatbot terbaik merupakan aplikasi yang mampu memudahkan proses komunikasi bisnis. Implementasikan chatbot dengan whatsapp

WhatsApp menjadi aplikasi pesan singkat yang paling banyak digunakan di Indonesia. Dalam pemanfaatannya, selalu muncul inovasi-inovasi yang mampu meningkatkan kinerja bisnis. Salah satunya adalah mengintegrasikan aplikasi whatsapp dengan program komputer chatbot. Perusahaan berlomba-lomba untuk menggunakan whatsapp chatbot terbaik ke dalam proses bisnis mereka.

11 Aplikasi WhatsApp Chatbot Terbaik 2024

Pada dasarnya, whatsapp chatbot ini merupakan inovasi yang ditawarkan oleh business solution provider (penyedia layanan solusi bisnis). Inovasi ini mengintegrasikan whatsapp crm dengan chatbot, yang bertujuan untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan.

Di Indonesia sendiri, telah banyak penyedia layanan solusi bisnis yang menawarkan whatsapp chatbot terbaik untuk bisnis.

Ragam Aplikasi Whatsapp Chatbot Di Indonesia

Seiring berkembangnya teknologi, artificial intelligence kini tidak hanya ditemukan dalam bentuk robot saja namun juga dalam bentuk virtual. Berintegrasi dengan aplikasi pesan singkat ternama, whatsapp chatbot kini telah mendominasi dunia bisnis digital. Penyedia jasa layanan solusi bisnis juga semakin banyak, sehingga sebagai pelaku bisnis kita harus lebih selektif dalam memilih jasa yang tepat.

11 Aplikasi Whatsapp Chatbot Terbaik Tahun 2024

Penyedia layanan solusi bisnis yang menawarkan aplikasi whatsapp chatbot memang memiliki keunikan serta inovasi tersendiri dalam produk mereka. Namun, salah satu hal umum yang mereka tawarkan yaitu chatbot instan tanpa coding, sehingga pemilik bisnis tidak perlu mencari programmer tambahan untuk membuat aplikasi khusus.

Selengkapnya, berikut 11 aplikasi whatsapp chatbot terbaik dan terpercaya di Indonesia yang bisa dipertimbangkan untuk bisnis anda:

  1. Kommo
  2. Mekari qontak
  3. Barantum
  4. Kata.ai
  5. Lenna.ai
  6. Eva.id
  7. Maxchat
  8. Qiscus
  9. Sleekflow
  10. Yellow.ai
  11. Wati

Aplikasi-aplikasi global maupun lokal di atas tidak hanya menyediakan layanan whatsapp chatbot terbaik di Indonesia, mereka juga menyediakan beberapa layanan seperti whatsapp bulk sender, layanan omnichannel, laporan analisa otomatis maupun layanan crm lainnya.

Tips memilih aplikasi whatsapp chatbot untuk bisnis

Untuk hasil yang optimal pada bisnis berikut beberapa tips untuk anda pertimbangkan dalam memilih aplikasi whatsapp chatbot terbaik yang sesuai dengan kebutuhan bisnis anda:

  • Aplikasi whatsapp chatbot terbaik adalah yang menjamin keamanan, jadikan keamanan data sebagai standar pemilihan aplikasi.
  • Analisa kebutuhan bisnis yang paling membutuhkan proses otomasi, hal ini untuk menghindari kelebihan anggaran karena beberapa fitur membutuhkan biaya tambahan.
  • Pilihlah aplikasi chatbot yang bisa diintegrasikan dengan sistem crm yang anda punya.
  • Pastikan aplikasi pilihan anda menyediakan fitur laporan otomatis, sehingga memudahkan anda dalam memantau reaksi serta umpan balik pelanggan.
  • Gunakan aplikasi yang memiliki tampilan UI sederhana, sehingga tim tidak kesulitan dan bingung dalam menggunakannya.
  • Berikan pelatihan secara menyeluruh mengenai penggunaan aplikasi kepada tim, sehingga mereka dapat mengoperasikan aplikasi whatsapp crm dengan maksimal.

Dengan menerapkan beberapa tips di atas, anda dapat mengenal lebih jauh aplikasi seperti apa yang sesuai untuk diterapkan dalam bisnis anda. Selain itu, hal ini juga untuk menghindari penggunaan aplikasi yang justru mengurangi efisiensi kinerja bisnis.

Fungsi Whatsapp Chatbot dalam Bisnis

Whatsapp crm yang terintegrasi dengan chatbot menawarkan kemudahan dalam bisnis. Dengan keterbatasan yang dimiliki manusia, chatbot melengkapi kekurangan itu dan meningkatkan produktivitas serta efisiensi pada tim customer service.

Kemampuan chatbot yang dapat menyediakan layanan pelanggan 24 jam dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan. Alasannya adalah pelanggan berekspektasi untuk mendapatkan layanan yang responsif sehingga mereka mampu menghemat lebih banyak waktu. Mengurangi lamanya waktu tunggu juga turut meningkatkan pengalaman pelanggan.

Memberikan Layanan bantuan konsumen yang responsif

Layanan bantuan yang responsif adalah yang memiliki interval waktu yang rendah dalam membalas pesan pelanggan. Semakin cepat pesan terbalas, maka semakin tinggi pula tingkat responsivitas bisnis terhadap pesan pelanggan. Namun, ada kalanya pelanggan menghubungi layanan konsumen sewaktu-waktu. Hal ini jadi salah satu hambatan jika layanan konsumen hanya mengandalkan tenaga manusia. Karena seperti yang kita tahu ada batas waktu bagi manusia untuk bekerja.

Kemudian, whatsapp crm dan chatbot menjadi inovasi teknologi yang mampu meringankan customer service dan meningkatkan responsivitas pesan. Karena chatbot mampu menjadi petugas yang tersedia selama 24 jam. Dengan begitu, anda dapat menyediakan informasi terbaru mengenai katalog, status pesanan, maupun pesan otomatis kepada pelanggan anda dengan cepat dan akurat setiap waktu.

Meningkatkan pengalaman pelanggan jadi lebih interaktif

Menerapkan whatsapp chatbot ke dalam proses bisnis juga dapat meningkatkan pengalaman, mengapa? Karena dengan chatbot, anda dapat membuat pesan interaktif yang mustahil untuk diterapkan dengan whatsapp business reguler.

Fitur interactive button (tombol interaktif) pada whatsapp chatbot mampu memberikan pengalaman pesan yang terstruktur kepada pelanggan. Fitur ini juga mampu meningkatkan tingkat keterlibatan pelanggan. Untuk tindakan tertentu seperti FAQs, pelanggan dapat mendapatkan jawaban mengenai pertanyaan umum dengan cepat.

Didukung dengan data riwayat pesan yang tersimpan dalam crm, anda dapat membuat dan mengirimkan pesan interaktif yang sesuai dengan preferensi pelanggan. Dengan demikian, akan muncul persepsi baik dari pelanggan mengenai pengalaman yang menarik. Pelanggan juga tidak akan segan untuk memberikan feedback positif yang berpengaruh pada reputasi bisnis anda.

Berbagai aplikasi chatbot memang menawarkan solusi inovatif untuk interaksi pengguna yang lebih baik melalui platform WhatsApp. Penggunaan chatbot yang semakin berkembang memberikan peran penting dalam memperbaiki layanan pelanggan serta meningkatkan efisiensi bisnis.

Dengan fitur-fitur seperti respons cepat, personalisasi, dan integrasi dengan sistem lainnya, aplikasi whatsapp chatbot terbaik menawarkan pengalaman pengguna yang berharga dan efisien.

Sebagai pelaku bisnis, sudah seharusnya kita terus berharap agar perkembangan whatsapp chatbot dapat mengikuti tren yang ada. Whatsapp chatbot juga diharapkan mampu memberikan solusi yang semakin canggih dan relevan bagi penggunanya di masa yang akan datang. Bagaimana? Apakah artikel ini membantu?

Posting Komentar

    Komentar interaktif
    Gunakan kode dibawah ini untuk menampilkan gambar, quotes, dan kode lainnya dengan mengikuti format penulisan berikut:
  1. Menambahkan Gambar: [img]Link gambar di sini[/img]

Artikel Terbaru

Baca Juga Artikel Lainya: